Cara Ternak Gouldian Finch / Gould Amadin

- 3:00 AM

Cara Ternak Gouldian Finch / Gould Amadin

 
Gould amadin ataupun kerap disebut Gouldian finch adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung finch yng dijuluki pipit tercantik di dunia. Tidak sedikit orang tak sekedar memelihara burung yng cantik yang dengannya warna-warna bulu yng menarik ini, akan tetapi pula ditangkarkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh keturunan. Menjadi tatacara bagi kamu, berikut Cara ternak gouldian finch / gould amadin.
ternak goldfinch
Sebelum mengawali bisnis menangkarkan gould amadin, langkah pertama merupakan menyiapkan sepasang burung finch ini yng berjenis kelamin jantan serta betina. Secara umum, gould amadine jantan memiliki bulu dada yang dengannya warna lebih tegas daripada betina.
Akan tetapi dewasa ini tidak sedikit didapati burung yng adalah hasil mutasi warna, menjadikan membedakan jenis kelaminnya mampu di lakukan yang dengannya mengamati beberapa kondisi berikut:
  • Warna kepala yng lebih cerah
    Burung jantan gould amadin mutasi kepala merah serta kuning mempunyai warna lebih merah serta lebih cerah, sedangkan burung betina mempunyai warna lebih gelap yang dengannya warna bulu di seluruh tubuhnya terlihat lebih kusam. Demkian juga pada gould amadin kepala kuning, bulu berwarna kuning yng terdapat pada burung jantan tampak lebih cerah.
  • Warna lingkaran leher
    Metode ini cuma mampu di lakukan pada jenis gould amadin mutasi kepala hitam. Burung jantan mempunyai garis biru yng mengeliling lehernya (blue collar). Metode yng percis pula mampu di lakukan pada gouls amadin mutasi punggung hijau serta punggung biru. Burung betina mempunyai garis biru kehijauan yng cenderung samar.
  • Warna bulu di bagian dada
    Gould amadin jantan memiliki bagian dada berwarna lebih gelap / ungu tua, sedangkan burung betina berwarna ungu muda. Metode ini mampu di lakukan pada seluruh mutasi kecuali jenis gould amadin dada putih.

Beberapa persyaratan lain yng Perlu diperhatikan disaat kita hendak menangkarkan burung gouldian finch merupakan:
  • Mempunyai sepasang ataupun lebih burung gould amadin yng akan ditangkarkan.
  • Kedua burung telah memiliki umur yng cukup ataupun telah berumur lebih dari 7 - 8 bulan. Bukan adalah keturunan sedarah ataupun inbreeding
  • Berasal dari spesies yng percis.
  • Memiliki kondisi yng sehat, lincah, tak gemuk serta tak terlalu kurus.

Sangkar ternak
Bergantung jumlah dari burung gould amadin yng akan ditangkarkan, kita mampu mempergunakan serta memanfaatkan sangkar aviary/koloni andai ingin menangkarkan lebih dari sepasang burung gouldian finch. Sedangkan andai cuma mempunyai sepasang saja, maka sangkar yng dipakai mampu mempergunakan tipe soliter ataupun sangkar harian yng berukuran luas. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kotak sarang khusus yng dipakai dalam menangkarkan gouldian finch merupakan kotak sarang berbentuk kotak tertutup ataupun glodok.
Dalam perawatannya, disaat menangkarkan burung gouldian finch maka pakan yng diberikan Perlu yng memiliki kandungan tinggi nutrisi serta proteinnya. Hal yang telah di sebutkan mampu disiasati yang dengannya memberikan pakan biji-bijian yng bervariasi serta pakan tambahan berupa egg food. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan kalsium, siapkan juga tulang sotong yng digantung di dekat cepuk pakannya.
Perilaku berkembang biak
Gould amadin ataupun gouldian finch bertelur dalam julah 4 - 8 butir telur, serta akan mulai mengerami telurnya seusai telur ke-4 diletakkan dalam sarangnya.
Proses pengeraman berlangsung selama 16 hari serta seusai itu telur akan menetas. Seusai berumur 22 - 25 hari, anakan burung gouldian finch telah mampu keluar dari sarangnya akan tetapi orang-orang tetap memperoleh asupan pakan dari kedua induknya hingga 4-5 minggu lantas.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/09/cara-ternak-gouldian-finch-gould-amadin.html.

Seputar Cara Ternak Gouldian Finch / Gould Amadin

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Ternak Gouldian Finch / Gould Amadin