Inilah Delapan Jenis Burung Pleci Yang Banyak Dipelihara

- 12:15 PM

Inilah Delapan Jenis Burung Pleci Yang Banyak Dipelihara

 
Pleci telah lama menjadi jenis burung kicauan paling digemari kicaumania di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia. Meskipun bertubuh mungil, akan tetapi bunyi kicauannya terdengar Amat lantang. Di kalangan kicaumania, ada delapan jenis burung pleci yang banyak dipelihara, berikut merupakan jenis-jenisnya.
jenis-jenis burung pleci
1. Pleci dakun maput
Pleci dakun maput
Pleci dakun maput merupakan sebutan umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung pleci dada kuning yang mempunyai iris mata berwarna putih. Jenis pleci ini pula kerap disebut yang dengannya nama pleci kudus ataupun pleci muria, lebih-lebih lantaran spesies pleci ini banyak didapati di tempat Gunung Muria di Jawa Sedang. Pleci dakun maput cukup disukai lantaran mempunyai bunyi yang kristal serta cukup nyaring.
2. Pleci dakun macok
Pleci dakun macok
Pleci dakun macok pun adalah julukan lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyebut burung pleci dada kuning namun yang dengannya iris mata yang berwarna coklat. Spesies pleci ini salah satunya yang paling umum didapati di pasar-pasar burung. Perawatannya yang dianggap gampang, dan karakter burung yang cepat berbunyi membuat jenis burung pleci ini cukup ternama serta banyak dipelihara kicaumania salah satunya pemula.
3. Pleci dakun bali
gambar Burung Pleci Dakun Bali
Burung Pleci Dakun Bali sekilas memanglah susah dibedakan yang dengannya Pleci Jawa ataupun Pleci Dakun Macok. Akan tetapi tentu masih mempunyai perbedaan, semisal ukuran tubuh yang tidak banyak lebih besar serta berisi, warna bulu lebih hijau serta terang, dan kaca mata putih yang lebih lebar. Walaupun mempunyai bunyi kicau yang khas menyerupai bunyi anak ayam ngalas, akan tetapi Pleci yang banyak tersebar di Pulau bali ini tidak banyak lebih penakut. Suka takut bunyi tatkala didekat kita-kita.
4. Pleci buxtoni
Pleci buxtoni
Pleci buxtoni ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk spesies burung pleci yang banyak tersebar di daerah Jawa Barat serta Sumatera. Pleci jenis buxtoni mempunyai postur tubuh yang tidak banyak bulat serta berisi, selain itu pula memiliki bunyi kicauan yang cukup nyaring. Secara umum, pleci buxtoni mempunyai ciri-ciri antara lain bentuk lingkar mata/kacamata yang tipis, punggung berwarna lebih gelap serta iris mata coklat.
5. Pleci montanus
gambar Pleci montanus
Pleci montanus ataupun kadang disebut yang dengannya nama burung kacamata gunung merupakan jenis pleci yang cukup umum didapati serta tersebar di Pulau Jawa. Pleci montanus memiliki bunyi yang lebih tajam serta kasar. Tanda-ciri khusus yang membedakan dari jenis pleci lain-lainnya merupakan bagian perutnya yang berwarna keabu-abuan yang dengannya sisi tubuh berwarna kecoklatan.
6. Pleci auriventer
gambar Pleci auriventer
Pleci auriventer dikenal menjadi jenis burung pleci kacamata yang lebih proaktif dibandingkan jenis pleci lain-lainnya. Pleci auri dikenal mempunyai bunyi yang lebih ngebas serta Suka membawakan lagu-lagu ngalas. Di pasaran, pleci auri dihargai cukup tinggi mengingat keberadaannya yang salah satunya langka baik di pasar-pasar burung ataupun di alam habitatnya.
Pleci auri mempunyai postur tubuh yang lebih panjang dibanding pleci lain jenis dakun, iris mata coklat serta bagian dada berwarna keunguan yang dengannya garis tipis kekuningan.
7. Pleci salvadori
Pleci Slavadori Enggano
Burung Pleci Slavadori Enggano adalah satu dari sekian banyaknya jenis Pleci yang mempunyai kemampuan kicau yang sempurna. Bermodalkan bunyi kicau yang ngebas kencang serta mendayu – dayu, Pleci jenis ini mempu menyita perhatian banyak pecinta kicau Pleci.
Tanda khusus dari Pleci Enggano merupakan dada yang berwarna abu – abu gelap serta tidak banyak ada campuran warna kuning pada bulu dadanya. Dibagian kepala terdapat bulu berwarna gelap disisi kanan serta kiri yang mengesankan. Burung Pleci jenis ini banyak ditemui di Pulau Sumatera, khususnya di daerah Pulau Enggano.
8. Pleci black-capped
Pleci black-capped
Burung Pleci Black Capped adalah jenis andalan lain-lainnya dari beberapa jenis Pleci. Pleci Black Capped mempunyai tanda khusus bulu dahi yang berwarna hitam, dada berwarna abu – abu dan mempunyai bulu punggung dari kombinasi warna hijau serta kekuning – kuningan.
Dari sisi bunyi, kemampuan kicau ngebas serta ngalas menjadi keistimewaan tersendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk pLeci jenis ini. Penyebaran terbanyak Pleci Black Capped ini berada di Kepulauan Sumatera.
Mudah-mudahan manfaat serta salam kicau! Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/02/inilah-delapan-jenis-burung-pleci-yang.html.

Seputar Inilah Delapan Jenis Burung Pleci Yang Banyak Dipelihara

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Delapan Jenis Burung Pleci Yang Banyak Dipelihara