Murai Batu Ekor Hitam, Spesies Murai Batu Aceh

- 6:12 AM

Murai Batu Ekor Hitam, Spesies Murai Batu Aceh

 
Jenis Murai Batu yng ditemui di Aceh mempunyai tipe yng seragam yang dengannya tipe Murai Batu yng didapati di beberapa wilayah sekitarnya. Semisal Nias, Kepulauan Mentawai serta hampir seluruh pulau-pulau kecil yng ada di pantai barat Pulau Sumatera. Satu dari sekian banyaknya spesies Murai Batu yng mampu didapati di Aceh khususnya di daerah Pulau Simeulue yakni Murai Batu ekor hitam.
Murai Batu ekor hitam mempunyai karakteristik menjadi berikut:
  1. Secara fisik mempunyai ukuran tubuh yng relatif lebih kecil dibandingkan yang dengannya murai batu yng mempunyai ekor putih.
  2. Gampang mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan baru, menjadikan lebih gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara.
  3. Murai Batu ekor hitam lebih cepat pandai berkicau dibanding Murai Ekor putih. Cuma saja kualitas kicauannya selalu berada di bawah Murai ekor putih.
  4. Ukuran ekor bervariasi dari pendek sampai-sampai tengah. Didasari ukuran panjang ekornya, Murai Batu ekor hitam dibedakan menjadi dua jenis, yakni:
    • Pertama: Murai Batu yng mempunyai ekor pendek (10-12 cm)
    • Kedua: Murai Batu yng mempunyai ekor ukuran tengah (14-16 cm).

Kemampuan berkicau Murai ekor hitam memanglah tak sebagus Murai Batu ekor putih. Menjadikan jenis Murai Batu jenis ini kalah lebih banyak didominasi oleh Murai Batu ekor putih di banyak sekali ajang kontes burung berkicau. Hal ini memicu harga jual burung Murai Batu ekor hitam cenderung lebih murah dari pada Murai Batu ekor hitam.
Secara umum, harga burung berkicau di pasaran Amat ditentukan oleh dua faktor, yakni:
Pertama: kualitas
Meliputi kualitas bunyi, bentuk paruh, sampai-sampai warna bulunya. Kualitas bunyi dan kemampuan berkicau menjadi faktor penting dalam menilai kualitas burung berkicau semisal Murai Batu ini. Nah, Murai Batu ekor hitam semisal telah disebutkan pada penjelasan karakteristiknya di atas pada biasanya mempunyai kualitas bunyi ataupun kicauan yng jauh lebih inferior dibanding Murai Batu ekor putih.
Kedua: tingkat kepuasan konsumen
Tingkat kepuasan konsumen terhadap burung berkicau Amat memberi pengaruh harga jenis burung yang telah di sebutkan di pasaran. Lantaran, kicaumania tak segan-segan mempromosikan kelebihan jenis burung berkicau yng dipeliharanya kepada kicaumania lain-lainnya. Menjadikan, kelebihan jenis burung yang telah di sebutkan cepat ternama serta diminati oleh kicaumania. Hal ini yang dengannya sendirinya menaikkan harga jenis burung berkicau yang telah di sebutkan.
Akan tetapi demikian, terlepas dari fakta bahwasanya Murai Batu ekor hitam mempunyai kualitas bunyi kicauan yng lebih inferior dari pada Murai Batu ekor putih, akan tetapi akhir-akhir ini permintaan Murai batu di pasaran terus meningkat. Selain lantaran unggul di sisi harga yng cenderung lebih murah,peningkatan permintaan Murai Batu di pasaran penyebabnya yaitu oleh makin sulitnya memperoleh Murai Batu putih. Baik di alam ataupun di penangkar. Menjadikan Murai batu ekor hitam lantas menjadi pengganti pilihan bagi para hobiis.
Oleh: Neti Suriana
Rujukan:
http://muraibatuaceh,blogspot.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/07/murai-batu-ekor-hitam-spesies-murai.html.

Seputar Murai Batu Ekor Hitam, Spesies Murai Batu Aceh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Ekor Hitam, Spesies Murai Batu Aceh