Menjaga Burung Murai Batu Agar Terhindar Dari Kutu

- 7:58 AM

Menjaga Burung Murai Batu Agar Terhindar Dari Kutu

 
Menjaga kebugaran atau kesehatan burung Murai Batu adalah prioritas utama yng tak boleh dikesampingkan oleh para pemiliknya. Karena bila diabaikannya dampaknya membuat burung Murai Batu rentan terserang penyakit semisal flu, serak, masuk angin, serta lain-lainnya. Selain itu, tubuh burung pun rentan disusupi oleh hama kecil yng bisa mendatangkan penyakit semisal kutu. Lantaran memanglah telah sejak lama dikenal bahwasanya kutu yng adalah hewan berukuran kecil bisa mengganggu kebugaran atau kesehatan mahluk hidup yng dihinggapinya salah satunya burung Murai Batu.
Kutu adalah hewan berukuran kecil yng keberadaannya selalu mendatangkan penyakit tak cuma kepada burung Murai Batu namun pula pada kita-kita. Umumnya kutu bersarang dibalik rambut maupun bulu yang dengannya mengisap darah. Dampaknya kulit kepala maupun tubuh yng digigit oleh kutu akan memicu rasa gatal yng luar biasa. Tidak jarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan rasa gatal yang telah di sebutkan seringnya yang dengannya menggaruk memakai tangan serta akhirnya memicu luka tabrakan. Begitu pula pada burung Murai Batu yng tubuhnya dihinggapi kutu pun akan merasakan gatal serta tatacara umumnya yang dengannya mematuki area tubuh yng gatal yang telah di sebutkan. Risiko yng ditimbulkan membuat bulu-bulunya pun berguguran serta bagian tubuh yng dipatuki itu pun akan terluka.
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bd/Male_human_head_louse_%284900867726%29.jpg/800px-Male_human_head_louse_%284900867726%29.jpg
Gambar: Kutu yng menyerang burung Murai Batu
Burung Murai Batu yng dijangkiti oleh kutu umumnya lantaran kondisi lingkungan sekitar yng tampak tidak lebih bersih. Hal ini mampu dilihat dari kondisi sangkar yng dipenuhi kotoran burung serta tempat pakan yng jarang dicuci. Selain itu, fisik burung Murai Batu pun tidak lebih memperoleh perhatian yang dengannya jarangnya memandikan serta menjemur pada waktu pagi maupun sore hari. Tentunya kutu-kutu pun lebih gampang hidup di lingkungan yng tidak lebih terawat yang dengannya baik yang telah di sebutkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu amat butuh sebetulnya melindungi supaya burung Murai Batu tak di kenai kutu.
Nah, adapun tatacara yng mampu di lakukan supaya burung Murai Batu terhindar dari serangan kutu terbilang simpel namun mesti dikerjakan yang dengannya serius. Tatacaranya yang telah di sebutkan merupakan menjadi berikut:
  1. Rajin memandikan serta menjemur burung Murai Batu
    Manfaat yng mampu dirasakan burung Murai Batu yng dimandikan serta dijemur tak cuma sekedar membuat tubuhnya segar kembali serta tampak bersih namun pula bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjauhkannya dari kutu. Bila di sela bulu-bulunya terdapat telur kutu yng nantinya menetas maka yang dengannya dimandikan serta dijemur bisa membuang seluruh telur kutu yang telah di sebutkan dari tubuhnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu supaya burung Murai Batu rutin dimandikan sehari-hari maupun dua kali sehari yang dengannya tatacara disemprot maupun mempergunakan keramba mandi di sangkarnya. Begitu juga yang dengannya menjemur burung Murai Batu di lakukan pada pagi hari sekitar pukul delapan serta durasi penjemurannya selama satu jam.

  2. Rutin membersihkan sangkar
    Sangkar yng dibersihkan secara rutin setidaknya seminggu sekali tak cuma membuat tampilannya tampak menarik namun bermanfaat juga mengusir kutu maupun bakteri lain-lainnya yng menempel. Membersihkan sangkar supaya kutu tak lagi ada di situ mampu yang dengannya mempergunakan cairan antiseptik yng memanglah kegunaannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh segala bakteri. Selain sangkarnya butuh pula membersihkan bagian isi semisal cepuk pakan serta tenggerannya. Seusai sangkar dicuci bersih yang dengannya air serta antiseptik maka mengeringkannya di bawah terik sinar matahari.

  3. Perhatikan tingkat kebersihan pakan
    Kutu yng menjangkiti burung Murai Batu kadang mampu berasal dari pakan yng tiap hari disantapnya. Agar pakan yng dimakan burung tak memiliki kandungan kutu sebaiknya memperhatikan kebersihan pakan mengayak khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk voer. Selain itu, voer yng dibeli bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan burung Murai Batu sebaiknya tak dalam kondisi berair maupun berbau apek. Karena voer yng kualitasnya tak tidak jelek alias bagus semisal yng dikatakan tadi umumnya akan lebih gampang ditinggali kutu yng siap beralih ke tubuh burung.

Yup, begitulah kiranya analisis terkait yang dengannya melindungi burung Murai Batu supaya terhindar dari kutu yng membahayakan kesehatannya. Yang dengannya membaca tulisan atau artikel ini hingga tuntas barangkali bisa membantu Kamu supaya burung Murai Batu peliharaan di rumah jangan hingga terjangkit kutu. Karena dampak terburuknya bisa membuat burung Murai Batu malas berkicau ataupun macet bunyi. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)
Sumber Goresan pena:
1. http://www.nangkur.com/2016/01/tanda-tanda-burung-kutuan-dan-cara.html
2. https://omkicau.com/2009/01/27/pencegahan-dan-pengobatan-tuntas-kutu-pada-burung/
3. http://kicaumania.xyz/tips-mengatasi-murai-batu-kutuan/
Sumber Gambar:
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bd/Male_human_head_louse_%284900867726%29.jpg/800px-Male_human_head_louse_%284900867726%29.jpg
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2017/06/menjaga-burung-murai-batu-agar.html.

Seputar Menjaga Burung Murai Batu Agar Terhindar Dari Kutu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menjaga Burung Murai Batu Agar Terhindar Dari Kutu