Perawatan Tledekan Gunung

- 5:51 PM

Perawatan Tledekan Gunung

 

Tledekan Gunung ataupun Tledekan bambu merupakan burung mungil bersuara nyaring serta variasi, yang dengannya gaya ngelagunya yng khas (nagen+nyeklek) menjadikan burung tledekan tidak sedikit disukai oleh penggemar burung ocehan di sini, selain itu karakternya yng fighter membuat burung ini pernah menjadi bagian dari lomba maupun kontes burung kicauan beberapa tahun yng lantas. Di dalam habitatnya burung tledekan hidup secara individual, serta andaikan telah dewasa maka burung jantan akan mencari pasangannya serta hidup bersama hingga sukses men'dewasa'kan anak anaknya, Menjelang musim kawinnya yakni musim hujan semisal saat ini ini pasangan ini akan membuat sarangnya didalam rimbunan pepohonan salah satunya pohon bambu lantaran memanglah burung ini habitatnya tak jauh yang dengannya rimbunan pohon bebambuan yng ada di hutan maupun di pinggiran hutan.
Indukan jantan serta betina bergantian mengerami telurnya sampai-sampai menetas, pula mencari makanan yng berupa serangga semisal jangkrik, ulat, semut, kroto serta serangga lain-lainnya. Burung tledekan terkenal Amat melindungi teritorialnya lantaran itulah andai melihat burung tledekan lain maupun mendengar bunyi burung tledekan lain-lainnya maka ia akan segera menghampiri serta mengusir burung yang telah di sebutkan dari wilayahnya. Dalam perebutan wilayah ini masing masing burung akan bernyanyi memamerkan kebolehannya serta andai ada satu dari sekian banyaknya yng kalah maka ia akan dikejar kejar serta diusir keluar dari wilayahnya. oleh lantaran sifatnya yng fighter itulah burung ini gampang ditangkapi oleh penangkap burung liar yang dengannya tujuan di jual ke pasar pasar burung.
Perbedaan Jantan serta Betina
Membedakan burung jantan serta betina mampu dilihat dari warna bulu dibagian punggungnya andai berwarna biru tua berguna burung yang telah di sebutkan merupakan burung jantan serta andai tak berguna burung betina.
Tledekan Betina tak mempunyai warna biru pada bulu dipunggungnya

Kalau kita membeli burung bakalan yng masih belum makan makanan kering semisal pur, mampu berlebi dahulu dilatih sampai-sampai burung mau makan makanan buatan kita-kita yang telah di sebutkan, bagaimana melatihnya mampu buka kembali arsipnya disini. andai burung masih giras mampu dijinkan yang dengannya mambaca artikelnya disini
Sewaktu membeli burung tledekan pastikan bahwasanya burung yang telah di sebutkan lincah, mau makan serta tak terlihat lesu ( menandakan burung sakit semisal bulu mekar, mata berair, dsb) Perawatannya pun tak jauh berbeda yang dengannya burung lain-lainnya, mampu mempergunakan sangkar bulat maupun kotak.
Rawatan Harian Teledekan Gunung
  • Keluarkan burung pagi pagi hari sekali ataupun jam 06.00
  • bersihkan sangkar dari kotorannya lantas gantung
  • sesudah 30 menit berikan jangkrik kecil 2 ekor
  • Mandikan tledekan yang dengannya tatacara disemprot sampai-sampai basah serta jangan tidak ingat wadah air Perlu penuh yang dengannya airminumnya lantaran umumnya burung akan langsung mandi dicepuknya.
  • Angin anginkan sebentar lantas jemur yng cukup selama 1-2 jam.
  • Sesudah penjemuran burung mampu dipindahkan ke tempat yng teduh
  • Jam 09.00 berikan kroto 1 sebanyk 1/2 sendo teh.
  • Sore hari sekitar jam 17.00 bersihkan sangkar
  • serta rubah air minumnya yang dengannya yng bersih
  • Berikan jangkrik 5 ekor
  • Kerodong serta istirahatkan

Beberapa Cara seputar Tledekan
Bagaimana tatacara mengatasi burung tledekan yng stress
Tidak sedikit penyebab burung tledekan menjadi stress lantaran sifat serta karakternya memanglah mirip yang dengannya burung murai batu jadi dalam perawatannya pun tak semisal burung non fighter lain-lainnya. penyebab burung stress antara lain:Burung kalah bertarung yang dengannya burung teldekan lainBurung masih belum mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan sekitarSangkar pernah jatuhGangguan binatang disekitar kandangnya ( kucing / tikus)Adanya bunyi brung tipe fighter lain yng gacor.
lantas bagaimana mengatasinya
Mampu yang dengannya jalan menyendirikan burungMengkrodong burung selama diluar (Full kerodong)Berikan Full EF ( jangkrik + Kroto)Mandi pagi serta Jemur sebentar saja selama 1/2 jam ataupun mampu pula tak dimandikan.

Mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/11/perawatan-tledekan-gunung.html.

Seputar Perawatan Tledekan Gunung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perawatan Tledekan Gunung