Spesies Burung Indonesia Bertambah 48 Jenis

- 2:09 AM

Spesies Burung Indonesia Bertambah 48 Jenis

 
Di penghujung tahun 2014 ini, Perhimpunan Pelestarian Burung Liar Indonesia (Burung Indonesia) merilis Daftar Merah "BirdLife International" yng mengidentifikasi 48 jenis burung baru di Indonesia. Yang dengannya demikian spesies burung di Indonesia diperkirakan berjumlah 1.650 jenis.

Direktur Eksekutif Burung Indonesia, Agus Budi Utomo mengujarkan dalam acara "Merayakan Keragaman Burung di Indonesia 2014" yng berlangsung di Kebung Raya Bogor, Sabtu (30/.8) mengujarkan bahwasanya Indonesia masuk dalam peringkat empat besar dunia dalam hal kekayaan jenis burung secara keseluruhan.
Sebagian jenis baru yang telah di sebutkan merupakan, spesies burung semisal udanga udang-merah sangihe (Ceyx sangirensis), pelatuk punggung-emas (Chrysocolaptes strictus) serta raja-udang kalung-biru (Alcedo euryzona) yng semuanya adalah jenis burung endemis.
"Artinya, jenis burung endemis alias unik yang kita punya semakin bertambah. Namun, banyak di antara jenis-jenis yang hanya ada di Indonesia itu terancam punah," kata Agus.
Agus mengujarkan, didasari data Burung Indonesia pada tahun 2013 ada 380 jenis endemis yng dimiliki sebanyk 74 di antaranya terancam punah.
Pendapat dari Agus, hendaknya kekayaan jenis burung endemik Indonesia sepantasnya menjadi kebanggaan bangsa serta setiap elemen warga atau juga bisa dikatakan masyarakat serta tergerak bagi atau bisa juga dikatakan untuk melestarikannya.
"Terlebih dengan keindahan, kecantikan bulu, kemampuan terbang, naluri navigasi, serta suara merdu burung dapat memberikan inspirasi yang luas dalam berbagai aspek kehidupan kita termasuk seni, dan budaya," kata Agus.
Agus mengujarkan, tatkala ini sebagian warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Indonesia masih awam yang dengannya kekayaan yng dimiliki, baik jenis-jenis burung khas Indonesia ataupun jenis-jenis burung yng umum menempati lingkungan.
Beranjak dari alasan yang telah di sebutkan, kata Agus, Perhimpunan Burung Indonesia menjadi organisasi konservasi burung liar serta habitatnya mencoba membangun apresiasi, pemahaman, kepedulian dan andil warga atau juga bisa dikatakan masyarakat dalam upaya pelestarian burung di Indonesia beserta habitatnya.
"Salah satunya melalui kegiatan 'Merayakan Keragaman Burung' di Indonesia, yang merupakan agenda tahunan untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kekayaan keanekaragaman hayati khususnya jenis burung di tanah air," ujar Agus.
Kegiatan Merayakan Keragaman Burung di Indonesia dihadiri Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman, yng mengajak warga atau juga bisa dikatakan masyarakat mempunyai kepedulian yng percis supaya bisa melindungi lingkungan serta bersahabat yang dengannya alam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenal apa saja jenis burung dari kelompok Passeriformes ( burung petengger ) yng tersebar di Indonesia silakan buka lagi goresan pena sebelumnya di sini:
Daftar jenis burung di Indonesia
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui spesies burung apa saja yng popular serta tidak sedikit dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia silakan buka di sini
Daftar jenis burung kicauan ternama di Indonesia
Daftar jenis burung finch lengkap
Salam Kicau Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/08/spesies-burung-indonesia-bertambah-48.html.

Seputar Spesies Burung Indonesia Bertambah 48 Jenis

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Spesies Burung Indonesia Bertambah 48 Jenis