Mengenal Burung Samyong Dan Cara Perawatannya

- 10:00 AM

Mengenal Burung Samyong Dan Cara Perawatannya

 
Burung samyong merupakan burung endemik yng berasal dari Indonesia. Burung ini berasal dari Nusa Tenggara, lebih tepatnya lagi di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) serta di Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung yng berasal dari wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai nama latin Pachycephala nudigula, sedangkan yng berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB) mempunyai nama latin Pachycephala nudigula ilsa. Oleh penduduk asli burung ini di panggil yang dengannya sebutan garugiwa yng pengertiannya merupakan burung arwah, terlepas dari mitos yng beredar barangkali nama yang telah di sebutkan diberikan lantaran pada tatkala burung itu berbunyi cuma suaranya saja yng terdengar akan tetapi wujud burung itu tak terlihat, lantaran burung itu berada di atas ranting di atas pohon-pohon yng amat Amat tinggi. Selain garugiwa, burung ini pula menyandang gelar burung 1001 bunyi, hal ini lantaran memanglah ramai sekali jenis bunyi burung asli di alam yng bisa di bawakan oleh burung samyong ini.
Di tempat asal aslinya burung samyong aktif serta senang bertengger di atas pohon yng tingginya sekitar 10 meter. habitatnya berada di sekeliling 1400mdpl (meter diatas permukaan laut). burung yng berada di bawah 1400 mdpl bisa mengeluarkan sekitar 12 jenis bunyi, sedangkan yng berada di atas 1400 mdpl bisa mengeluarkan sekitar 17 jenis bunyi.
Burung samyong aktif berbunyi mulai pukul 06.00 pagi hingga yang dengannya pukul 10.00 siang.
Burung samyong adalah burung yng bersifat teritorial serta burung yng penyendiri. Pada tatkala aktif bersuara burung ini menempati area yng percis yang dengannya luas wilayah sekitar 500 meter persegi.
Secara morfologi Burung samyong jantan mempunyai beberapa perbedaan yang dengannya burung samyong betina disaat telah dewasa,tanda perbedaan yang telah di sebutkan semisal penjelasan di bawah ini :
CIRI BURUNG SAMYONG JANTAN
•Bulu kepala hingga yang dengannya leher bagian belakang berwarna hitam.
•Leher bagian depan tanpa bulu serta berwarna merah (semacam gelambir), yng menggembung tatkala berkicau.
•Bulu bagian atas terkadang membentuk jambul tatkala berkicau yang dengannya bunyi keras.
•Bagian bawah (dada hingga perut) berwarna kuning kecoklatan. Sedangkan bagian atas serta sayap berwarna kuning kecoklatan akan tetapi lebih tua dibanding bagian bawah.
•Bagian bawah ekor berwarna hitam, akan tetapi tak segelap warna bulu di kepalanya.
•Paruh berwarna hitam yang dengannya garis putih pada bagian sedang paruh.
•Panjang ekor ± 1/3 dari panjang tubuh.
•Kaki bagian depan terdapat 3 buah serta 1 buah pada bagian belakang. Padabagian depan, jari sedang lebih panjang.2 buah jari belakang mempunyai panjang percis. Jari depan serta belakang mencengkeram ranting ataupun batang pohon tatkala bertengger.
•Terdapat bulu disebelah bawah bagian leher yng berwarna hitam.
CIRI BURUNG SAMYONG BETINA
•Mempunyai warna bulu hijau kekuningan hingga yang dengannya ekornya.
•Kepala berwarna abu-abu tua.
•Tenggorokan memiliki bulu walau telah dewasa.
•Ukuran burung betina tak lebih dari 18cm.
•Bentuk kepala kecil serta membulat.
•Paruh lebih pendek serta terlihat agak rapuh.
BURUNG SAMYONG ANAKAN
Burung samyong jantan tatkala kecil/muda tak akan mempunyai ciri-ciri semisal layaknya burung samyong dewasa. Tatkala kecil/muda burung samyong jantan ini berwarna percis yang dengannya betina, yng tidak banyak membedakan merupakan dibagian pinggir sayap ataupun ekor samyong jantan akan berwarna kemerahan/kecokelatan.
PERAWARAN BURUNG SAMYONG
Burung samyong merupakan burung pemakan serangga, akan tetapi dalam perawatan hariannya banyak sekali juga samyong mania yng memberikan pakan tambahan berupa buah-buahan pada burung samyong orang-orang.
Walau tak seluruh burung samyong ini menyukai buah-buahan , akan tetapi ada pula burung samyong yng Amat suka serta gemar menyantap buah-buahan semisal pisang,apel, peer, pepaya dll.
Walau belum diketahui apakah pemberian buah-buahan itu mampu memberikan efek yng baik dalam hal bunyi ataupun tingkat kegacorannya, akan tetapi buah-buahan yang telah di sebutkan mampu menjadi sumber tambahan nutrisi yng baik bagi kebugaran atau kesehatan burung samyong.
Burung samyong sebaiknya diberikan pakan yng tinggi akan vitamin serta protein semisal belalang sawah, jangkrik, kroto serta ulat hongkong,tak tidak ingat juga pemberian voer Perlu salalu tersedia supaya makin gampang dalam perawatannya.
Jangkrik ataupun belalang mampu diberikan minimal 3 ekor pada pagi serta sore hari, pemberian jangkrik ataupun belalang ini mampu menentukan apakah burung akan lebih rajin berbunyi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu silahkan perhatikan berapa jumlah yng mampu membuat burung makin aktif serta rajin berbunyi,hal ini disebut setelan ef harian.
Kroto mampu diberikan sebanyk satu sendok teh yng diberikan pada waktu pagi serta sore hari dua kali dalam seminggu.
Ulat hongkong mampu diberikan sehari-hari sebanyk 5 ekor yng telah di potong bagian kepalanya.
Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan lain diluar pakan merupakan mandi serta penjemuran.
mandi mampu diterapkan sehari-hari antara pagi serta sore serta diblanjut penjemuran setelahnya.
Burung samyong salah satunya burung yng tak tahan panas,jadi porsi penjemuran sebaiknya tak butuh menunggu burung hingga membuka paruhnya (kepanasan),cukup hingga bulu kering kembali usai pemandian.
Pemasteran yang dengannya memutarkan bunyi kicauan burung lain baik dari media mp3 ataupun burung masteran mampu di lakukan pada siang hari sampai-sampai sore hari ataupun diluar jam aktif dari burung. Lantaran disaat burung tengah bersantai ataupun beristirahat, orang-orang gampang nerekam serta mendapatkan bunyi disekitarnya.
Pemberian multivitamin boleh diterapkan supaya stamina serta kondisi burung samyong selalu fit.
Sekian serta mudah-mudahan berguna.


Sumber rujukan dan gambar : http://dhbindonesia.blogspot.com/2016/10/mengenal-burung-sanyong-dan-cara.html.

Seputar Mengenal Burung Samyong Dan Cara Perawatannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Burung Samyong Dan Cara Perawatannya