Menyimak Tentang Murai Batu Medan

- 10:39 PM

Menyimak Tentang Murai Batu Medan

 
Andai ditanya jenis murai batu apa yng Suka memenangi kontes maka jawabnya adalah murai batu medan. Andai pun ada menanyakan burung ocehan jenis apa yng paling tidak sedikit dipelihara oleh pecinta burung ocehan maka pula jawabnya adalah murai batu medan. Begitu menakjubkannya burung ini dari sejarah yng menuliskan perihal kepopulerannya telah dimulai dari tahun 1990-an serta merajai pemenangan hampir seluruh kontes yng diikutinya dalam festival-festival kejuaraan burung ocehan menjadikan dari itu kegemaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempunyai burung ini makin marak oleh pecinta burung ocehan. Serta burung ini menjadi ibarat raja dari burung-burung murai batu lain-lainnya yng pula terkenal dari bunyi yng variatif serta murai batu medan memiliki tarian ekor yng indah.
Murai batu medan sebetulnya bukan berasal dari Kota Medan, akan tetapi lantaran banyaknya burung-burung murai batu yng dari pesisir pantai serta hutan sumatera di bagian utara diperdagangkan di Medan menjadi julukan tersendiri bagi murai batu medan. Keunikan burung ini menjadi satu dari sekian banyaknya pembeda dari murai batu jenis lain yng di luar sumatera bagian utara adalah ekornya yng panjang serta berwarna bercak-bercak putih pada bulunya di bagian pangkal ekor sampai-sampai pangkal paha kaki yng mendekati pangkal ekornya. Dan brand catatan bagi murai batu medan adalah ekor panjang yng melengkung.
Dicatat ada beberapa ciri-ciri fisik yng menjadi keunikan burung murai batu medan dari murai batu lain-lainnya adalah diantaranya:

  • Bentuk badan yng besar dari murai batu lain-lainnya serta menunjukan keproporsionalannya menjadikan memicu sikap atletis
  • Warna hitam di bulunya terlihat legam serta mengkilat akan tetapi melirik pada kepalanya campuran warna hitam dipadu yang dengannya warna biru yng bersemburan menghasilkan paduan warna yng cantik.
  • Pada kakinya berwarna hitam kemerahan andai waktu masih muda serta jikalau telah tua sisik kemerahan itu akan hilang serta menonjolkan warna hitam.
  • Bagi murai batu medan mempunyai intonasi bunyi yng lebih terperinci
  • Bulu ekornya jauh lebih panjang dibandingkan burung murai batu lain-lainnya sekitar 22 – 28 cm
  • Bulu ekor agak melengkung serta makin ke ujung ekor melebar membelah
  • Kejinakan yng dimiliki Amat cepat dari pada murai batu pada biasanya
  • Variasi kicauan terus-menerus tanpa putus sampai-sampai akhir serta pula kicauan-kicauannya bisa diulang ke intonasi yng percis juga.

Menakjubkan kesan yng timbul dari kebagusan murai batu medan yng dimilikinya dalam pembeda identitas dari murai batu pada biasanya dari beberapa jenis yng ada. Akan tetapi, perambahan hutan yng memprihatinkan yang dengannya tak melihat mahluk di dalamnya ikut pula burung ini terseret pusara kelangkaan ditambah pemburuan yng berlebihan di alam liar lantaran tergiur pendapatan yng tidak murah dari murai batu medan yng telah tak lagi diragukan keunggulannya. Bicara harga pun murai batu medan memiliki nominal fantastis dari penawaran para pencinta burung kicau, dalam kisaran harga 750 ribu rupiah hingga 1 juta dihargai bagi burung murai batu medan yng masih anakan sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk murai batu yng telah mampu bunyi maka harganya mampu mencapai jutaan rupiah. Menarik memanglah dari burung murai batu medan menjadikan menjadi ladang usaha di peternak burung ocehan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperdagangkan burung ini kepada pecinta burung dari prospek keunggulan yng ditunjukkan di perlombaan burung ocehan.
Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://muraikicau.blogspot.com/2012/11/ciri-ciri-murai-batu-medan-lampung-dan.html
http://omkicau.com/2010/05/09/murai-batu-medan-ada-enggak-sih/#more-14851
google.com/image
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/05/menyimak-tentang-murai-batu-medan.html.

Seputar Menyimak Tentang Murai Batu Medan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menyimak Tentang Murai Batu Medan