Mewaspadai Tungau Merah Yang Menyerang Burung Murai Batu

- 2:03 AM

Mewaspadai Tungau Merah Yang Menyerang Burung Murai Batu

 
Penyakit yng berlangsung pada burung Murai Batu tak cuma dikarenakan perubahan suhu udara maupun jarang dimandikan serta dijemur. Karena sakit yng diderita burung Murai Batu pula mampu dikarenakan adanya tungau yng menginfeksi tubuhnya. Tungau adalah musuh utama bagi jenis burung ocehan apapun salah satunya Murai Batu yng bisa menyerang aneka macam organ tubuhnya sampai-sampai memicu rasa sakit. Umumnya burung Murai Batu yng terinfeksi tungau akan terganggu bagian system pernapasan, kantung udara, sampai-sampai pori-pori tubuhnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu pada di artikel ini sengaja mengulas ihwal satu dari sekian banyaknya jenis tungau yng cukup rawan bagi burung Murai Batu serta jenis burung ocehan lain-lainnya. Adapun nama tungau yang telah di sebutkan merupakan Tungau Merah.
Tungau Merah yng mempunyai nama latin Dermanyssus gallinae adalah sejenis hewan yng berukuran Amat kecil yang dengannya delapan tungkai mirip semisal laba-laba. Sesuai yang dengannya namanya bahwasanya tanda yng paling mampu dikenali dari Tungau Merah merupakan warna tubuhnya yng merah. Selain itu seluruh jenis tungau salah satunya Tungau Merah merupakan hewan mikro yng hidupnya selalu menumpang di tubuh mahluk hidup yng lebih besar tanpa terkecuali burung Murai Batu. Cuma saja bagi Tungau Merah yng tinggal di tubuh burung Murai Batu umumnya akan mengisap darah menjadi makanannya. Yang tentunya hal ini berbeda yang dengannya jenis Tungau Kantung Udara yng cuma menyerang bagian kantung udara serta memicu burung kesulitan bernapas dan berkicau.

Gambar: Tungau Merah
Sedangkan bagi burung Murai Batu yng terjangkiti Tungau Merah seringnya gejala yng dialami akan memicu pori-pori kulit berganti menjadi merah semisal di kenai gigitan. Selain itu, burung pun akan lebih Suka gelisah yang dengannya melompat dari atas ke bawah dalam waktu yng agak lama. Burung pun akan merasakan kulitnya gatal sampai-sampai akhirnya mematuki bulu-bulu hingga terasa gatalnya hilang. Lantas burung Murai Batu pun akan merasakan lemas serta berdampak pada mulai jarangnya berkicau sampai-sampai bila hingga parah mampu berujung macet bunyi.
Menjadi tungau pengisap darah kemampuannya hinggap di tubuh burung Murai Batu taklah terlalu susah. Karena Tungau Merah beralih ke tubuh mangsanya yang dengannya tips melompat dari mangsa lamanya. Tungau Merah ini pun kadang mempergunakan serta memanfaatkan sangkar burung Murai Batu menjadi tempat asal sementaranya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tinggal di tubuh burung yang dengannya mengisap darah serta melakukan reproduksi. Selain itu, aktifnya Tungau Merah menyerang burung Murai Batu yang dengannya tips mengisap darah umumnya di lakukan pada tatkala sore menjelang ataupun sewaktu burung memasuki jam istirahatnya. Durasi pengisapan darah yng di lakukan Tungau Merah terbilang cukup lama yng mencapai 1 hingga 2 jam lamanya. Apalagi tempat tinggal tungau rawan ini seringnya mendiami area sangkar mulai di lantai, tempat pakan, ataupun jeruji sangkar.
Supaya burung Murai Batu tak hingga terserang Tungau Merah dibutuhkan keuletan dari pemiliknya yang dengannya rutin membersihkan sangkar supaya tak ada satupun Tungau Merah yng membangun sarang di situ. Selain itu, sangkar yng ditinggali oleh burung Murai Batu butuh memperoleh perawatan yang dengannya memperhatikan tingkat kerusakan sangkar. Karena Tungau Merah akan mempergunakan serta memanfaatkan sangkar burung yng tidak lebih terawat yang dengannya terdapatnya celah di bagian bawah jerujinya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu memanglah butuh tetap membersihkan sangkar burung yang dengannya tips dicuci pakai air bersih serta desinfektan supaya Tungau Merah tak lagi mampu menyerang siapapun. Bila burung Murai Batu terlanjur di kenai Tungau Merah maka sebaiknya diasingkan berlebi dahulu yang dengannya diberikan fasilitas karantina. Tujuannya supaya burung lain yng berada dekat dari burung Murai Batu tak terjangkit wabah Tungau Merah. Nah, itulah penjelasan seputar Tungau Merah yng dikenal menjadi penghisap darah burung Murai Batu serta jenis burung ocehan lain-lainnya. Yang dengannya membaca tulisan atau artikel ini hingga tuntas bisa menambah rasa waspada Kamu sekalian supaya lebih memperhatikan kondisi kebugaran atau kesehatan serta kebersihan burung Murai Batu agar bisa tak terjangkit wabah Tungau Merah. Okey.
Oleh: Satria Dwi Saputro
(Kirim pesan ke penulis)
Sumber Goresan pena:
1. http://www.burunghobi.com/cara-basmi-tungau-merah-pada-burung/
2. http://www.agrobur.com/2016/01/cegah-dan-atasi-tungau-merah-drakula.html
Sumber Gambar:
https://omkicau.com/wp-content/uploads/2012/12/mite40422-e1355811282374.jpg?w=300
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2017/06/mewaspadai-tungau-merah-yang-menyerang.html.

Seputar Mewaspadai Tungau Merah Yang Menyerang Burung Murai Batu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mewaspadai Tungau Merah Yang Menyerang Burung Murai Batu