Murai Batu Nias, Jenis Murai Batu Yang Terancam Punah

- 12:16 AM

Murai Batu Nias, Jenis Murai Batu Yang Terancam Punah

 
Murai batu yng terdapat di Indonesia memiliki sekitar tujuh jenis diantaranya Murai batu Medan, murai batu Borneo (Kalimantan), murai batu Aceh, murai batu Nias, murai batu Jawa (larwo), serta murai batu Lampung. Dari kesemua jenis murai batu yang telah di sebutkan tak seluruh terjaga populasinya dikarenakan pemburuan liar yng di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperdagangkan. Oleh lantaran itu beberapa dari jenis murai batu yang telah di sebutkan menjadi langka di tempat asal aslinya serta di penangkaran. Hal ini sangatlah membahayakan andai dari jenis-jenis murai batu hingga punah maka kita tak mengetahui lagi keseluruhan dari jenis-jenis murai batu yng terdapat di negara Indonesia. Serta satu dari sekian banyaknya dari jenis murai batu di Indonesia yng terancam punah adalah murai batu Nias. Murai batu Nias bisa dikatakan menjadi rajanya murai batu Indonesia yng cukup disegani oleh para penggemar burung murai batu.
Murai batu Nias populasinya cuma terdapat di hutan Sumatera Utara menjadikan menjadi daya tarik bagi wisatawan yng berkunjung ke hutan Sumatera Utara. Murai batu Nias telah tak diragukan lagi kepopulerannya yng Suka memenangi ajang kontes burung ocehan sekelas murai batu di mana-mana. Dari kepopulerannya itulah membuat perburuan liar terhadap murai batu Nias dalam jumlah yng besar marak berlangsung yng mencapai lebih dari ratusan ekor. Menyayangkan dari fenomena yang telah di sebutkan membuat populasi murai batu Nias menjadi terancam saat ini ini yang dengannya permintaan yng tidak pernah surut. Memanglah harga dari murai batu Nias bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu ekor yng telah dewasa mampu mencapai angka lima juta rupiah menjadikan ini menjadi alasan para pemburu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memburu burung murai batu Nias sampai-sampai terancam punah. Andai menelisik ciri-cirinya bahwasanya murai batu Nias memiliki warna ekor yng hitam pekat di sepanjang ekornya serta mempunyai panjang ekor 20 – 25 cm menjadikan murai batu ini dijuluki menjadi murai batu ekor hitam.

Membicarakan kelebihan dari murai batu Nias maka tak butuh disangsikan lagi lantaran mempunyai variasi kicauan yng cukup tidak sedikit dibanding murai batu jenis lain serta tingginya tingkat IQ yng dimiliki murai batu Nias, ini bisa dibuktikan dari mudahnya murai batu Nias dalam mengkaji ragam bunyi yng didengarnya serta mampu dikuasai yang dengannya cepat. Serta kelebihan lain-lainnya dari murai batu Nias adalah tingkat stresnya cukup rendah serta memiliki mental yng tinggi ketimbang murai batu lain-lainnya. Hal ini terbukti dari para pemilik burung murai batu Nias yng Suka membawanya berlomba di banyak sekali daerah namun burung murai yang telah di sebutkan tetap mampu berkicau merdu tanpa ada sedikitpun memperoleh kendala. Dari kelebihan yng dimilikinya itulah memicu terjadinya perburuan liar bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperdagangkannya memicu saat ini ini murai batu Nias salah satunya jenis burung yng salah satunya langka serta butuh perhatian serius bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi populasinya supaya jangan hingga punah semisal jenis burung cenderawasih di tanah Papua.
Tentunya suatu kebanggaan bagi Sumatera Utara mempunyai kekayaan satwa semisal murai batu Nias yng tidak sedikit disukai oleh orang-orang namun menyukai murai batu Nias tak Perlu yang dengannya memburunya sampai-sampai hampir punah.
Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
http://fansburung.blogspot.com/2013/02/murai-batu-Nias_18.html
Gambar:
Amiexs.blogspot.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/12/murai-batu-nias-jenis-murai-batu-yang.html.

Seputar Murai Batu Nias, Jenis Murai Batu Yang Terancam Punah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Murai Batu Nias, Jenis Murai Batu Yang Terancam Punah