Penanganan Terhadap Burung Murai Batu Yang Membuang Telur

- 3:12 PM

Penanganan Terhadap Burung Murai Batu Yang Membuang Telur

 
Menangkar burung Murai Batu supaya mampu menghasilkan anakan yng nantinya pula mempunyai kicauan merdu serta gacor taklah semudah semisal yng dibayangkan. Ada ramai sekali kesulitan yng dialami tatkala menangkar burung Murai Batu sampai-sampai mampu menetaskan telur yng sudah lama dierami oleh indukannya. Kesulitan yng umumnya dialami oleh penangkar burung Murai Batu merupakan indukan betinanya terkadang membuang telur yng dieraminya .
Burung Murai Batu serta jenis burung ocehan lain-lainnya tatkala masa mengerami berlangsung terkadang indukannya membuang telurnya. Alasannya pun beragam yng terkadang dikarenakan telur diluar dugaan kosong, embrio yng ada di dalam telur sudah mati sebelum mampu ditetaskan, terlalu Suka dijamah oleh tangan kita-kita secara langsung, serta indukannya yng terasa tak nyaman yang dengannya telur yang telah di sebutkan. Yang dengannya telur yng dibuang oleh indukan Murai Batu betina maka hal yang telah di sebutkan mampu mengurangi jumlah anakan yng diperoleh dalam sekali musim kawin berlangsung.

Gambar: Telur burung Murai Batu
Dalam banyak sekali kasus telur yng dibuang oleh burung Murai Batu serta jenis burung lain-lainnya umumnya dia tak lagi mau mendapatkan kembali meskipun kita sudah meletakkannya kembali di sarangnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu tips paling baik supaya telur yang telah di sebutkan tetap mampu ditetaskan tanpa bantuan dari induknya bisa mempergunakan inkubator yng dikenal menjadi mesin penetas bagi telur yng tak mampu dierami oleh indukannya. Namun sebelum telur yang telah di sebutkan dierami yang dengannya mempergunakan inkubator ada baiknya memeriksa kondisi telur apakah dalam kondisi baik ataupun telah rusak. Bila kondisi telur yng dicampakkan oleh indukkan betina Murai Batu telah dalam keadaan rusak ataupun embrio di dalamnya sudah mati maka tentunya telur yang telah di sebutkan tak lagi mampu dierami yang dengannya memakai alat inkubator.
Adapun indukan betina Murai Batu yng terkadang membuang telur yng dieraminya sebetulnya mampu dicegah yang dengannya melakukan beberapa hal yng penjelasannya mampu disimak di bawah ini:
  1. Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak terlalu kecenderungan melihat ataupun mengintip telur yng tengah dierami oleh indukan betina Murai Batu. Kegiatan semisal itu sebetulnya membuat indukan terasa tak nyaman serta mampu mengganggu proses pengeraman tentunya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu waktu paling baik yng mampu dipilih dalam melihat telur yng ada di sangkar mampu disaat indukan tak tengah berada di dalam sangkar.
  2. Semisal yng disebutkan pada paragraf-paragraf awal bahwasanya penyebab burung Murai Batu membuang telurnya di antaranya lantaran terlalu Suka dijamah secara langsung oleh tangan kita-kita. Sedari bila ingin memegang telur yng tengah dalam proses pengeraman maka mampu mempergunakan sarung tangan ataupun media lain-lainnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeriksa kondisi kebugaran atau kesehatan telur.
  3. Melindungi keamanan sangkar dari beragam gangguan yng mampu berasal dari luar sangkar ataupun sangkar. Gangguan yang telah di sebutkan lazimnya berasal dari serangan hewan predator semisal ular, tikus, musang, serta lain-lainnya. Lantaran itu sarang indukan betina burung Murai Batu mampu dipagari yang dengannya kawat serta pula butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap memperhatikan sangkar menjadi bentuk kewaspadaan pemilik.
  4. Pastikan pula ketersediaan pakan yng dibutuhkan oleh indukan betina burung Murai Batu di dalam sangkar. Hal ini dikarenakan indukan betina Murai Batu akan lebih tidak sedikit butuh nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap melindungi mentalnya supaya tak stres. Sedari itu bila dilihat dalam sangkarnya tempat makan tengah dalam keadaan kosong maka segera diisi kembali.
  5. Burung Murai Batu yng tengah mengerami telur-telurnya Amat butuh kenyamanan. Kenyamanan yng dibutuhkan oleh indukan betina Murai Batu mampu yang dengannya menjauhkannya dari mendengar suara-suara yng keras serta membersihkn kandangnya dari kotoran serta debu.

Yang dengannya berhasilnya para penangkar dalam menangani kondisi di mana indukan Murai Batu membuang telurnya maka tingkat kesuksesan telur yng dierami mampu tercapai. Selain itu apa yng dituliskan dalam tulisan atau artikel ini pula berlangsung yang dengannya burung ocehan lain-lainnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu bila para pembaca sekalian mendapati burung Murai Batu serta burung ocehan lain-lainnya membuang telur yng dieraminya maka mampu menerapkan apa yng ada di tulisan atau artikel ini. Mudah-mudahan memberikan manfaat. Thanks.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber Goresan pena:
https://omkicau.com/2016/07/16/tips-mencegah-induk-burung-membuang-telurnya/
http://agribisnis.pondoksalam.com/2016/07/tips-mencegah-induk-burung-membuang -telurnya/
Sumber Gambar:
http://www.budidayakenari.com/2016/01/sebab-telur-murai-batu-tidak-menetas.html
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2016/09/penanganan-terhadap-burung-murai-batu.html.

Seputar Penanganan Terhadap Burung Murai Batu Yang Membuang Telur

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penanganan Terhadap Burung Murai Batu Yang Membuang Telur