Inilah Spesies Burung Baru Yang Ditemukan Sepanjang Tahun 2014

- 3:48 AM

Inilah Spesies Burung Baru Yang Ditemukan Sepanjang Tahun 2014

 
Sepanjang tahun 2014 yang lantas, beberapa spesies burung baru, ditemukan di beberapa negara mulai dari Brazil sampai-sampai Indonesia. Berikut beberapa jenis burung baru yang ditemukan sepanjang tahun 2014.
1. Cryptic treehunter (Cichlocolaptes mazarbarnetti) dari Brazil.

Cryptic treehunter merupakan jenis burung yang salah satunya dalam kelompok burung Amerika Selatan dari keluarga Furnariidae (ovenbirds). Burung ini mempunyai ukuran panjang 22 cm yang pendapat dari para ornitolog dunia adalah satu dari sekian banyaknya jenis burung paling langka di dunia.
Keberadaan spesies burung ini pun cuma diketahui daru dua tempat di timur laut Brazil, yakni di Murici yang berada di negara bagian Alagoas serta Frei Caneca di negara bagian Pernambuco.
2. Sulawesi streaked flycatcher (Muscicapa sodhii) dari Indonesia

Sulawesi streaked flycathcer salah satunya jenis burung dari kelompok Muscicapa, satu genus dari keluarga burung sikatan yakni Muscicapidae. Spesies ini mempunyai rentang sayap 6,4 cm, serta panjang ekor 4,5 cm yang dengannya bobot tubuh 12,5 g.
Jenis burung baru ini ditemukan di dataran rendah serta hutan sekunder di sekeliling Pulau Sulawesi.
3. Bahian mouse-colored tapaculo (Scytalopus gonzagai) dari Brazil

Bahian mouse-colored tapaculo memiliki ukuran panjang 12 cm, yang dengannya berat tubuh sekitar 15 g. Spesies burung ini salah satunya kelompok Scytalopus, satu dari sekian banyaknya genus dari keluarga Rhinocryptidae. Jenis burung ini cukup susah ditemukan, serta menyukai daerah yang gelap tanpa sinar matahari yang dengannya kelembaban serta tumbuhan berdaun rindang.
4. Wakatobi flowerpecker (Dicaeum kuehni) dari Indonesia

Wakatobi flowerpecker ataupun burung cabai wakatobi salah satunya dalam kelompok DIcaeum, satu dari sekian banyaknya genus dari keluarga Dicaeidae. Spesies ini salah satunya jenis burung pengicau yang berukuran kecil, yakni cuma 12 cm yang dengannya bobot tubuh cuma mencapai 7 g. Burung ini adalah endemik Pulau Wakatobi di Indonesia.
5. Elachuridae, satu dari sekian banyaknya keluarga burung baru dari Asia.

Elachuridae cuma mempunyai satu spesies saja, yakni Spotted wren-babbler (Elachura formosa). Spesies burung yang berukuran kecil ini ditemukan di wilayah China, Nepal, India, Bangladesh, Bhutan, Laos, Myanmar, serta Vietnam.
Ukuran panjangnya sekitar 10 cm, serta memiliki bentuk ekor yang Amat pendek. Tubuh bagian atas berwarna coklat, sedangkan bagian bawah berwarna putih pucat yang dengannya sayap merah karat serta terdapat bercak putih yang menyelimuti seluruh bulu-bulu tubuhnya.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/01/inilah-spesies-burung-baru-yang.html.

Seputar Inilah Spesies Burung Baru Yang Ditemukan Sepanjang Tahun 2014

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Inilah Spesies Burung Baru Yang Ditemukan Sepanjang Tahun 2014