Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 2

- 10:42 AM

Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 2

 
Murai Batu Lasia
Ini adalah jenis Murai Batu ekor hitam yng masih tetanggaan yang dengannya Murai Batu Simeulu, lantaran berada di Pulau Lasia, tak jauh dari Pulau Simeulu tepatnya di bagian tenggara. Barangkali lantaran masih satu wilayah (Aceh) itu, secara fisik postur yng dimiliki Murai Batu Lasia tak berbeda jauh yang dengannya Murai Batu Simeulu.
Perbedaan yng paling mencolok ada pada ukuran tubuhnya, di mana Murai Batu Lasia berpostur lebih besar ketimbang Murai Batu Simeulu. Serta pula, di bagian ekor Murai Batu Lasia ada noktah putih tepat di bagian bawah sedang ekornya, akan tetapi keseluruhan warna ekor masih didominasi oleh warna hitam yng pekat. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran panjang ekornya pula lebih panjang dari Murai Batu Simeulu yakni 14-16 cm.
Mengenai kualitas antara keduanya, secara umum hampir percis kemampuannya. Ini lantaran faktor lingkungan habitatnya berada diwilayah yng berdekat. Sementara, perihal besar kecil ukuran postur tubuh yng berbeda dalam hal ini tak terlalu memengaruhi kemampuan kicauannya ataupun mentalnya.

Murai Batu Mentawai
Bila Murai Batu Lasia mempunyai karakteristik yng hampir percis yang dengannya Murai Batu Simeulu, maka jenis Murai Batu Mentawai ini memiliki kemiripan yang dengannya Murai Batu Nias. Malah saking miripnya, hampir tak mampu diketahui secara spesifik perbedaan kedua jenis ini. Hingga-hingga, ada anggapan Murai Mentawai merupakan Murai Batu Nias yng dibawa ke kepulauan Mentawai, ataupun pula sebaliknya.
Cuma bila disejajarkan yang dengannya Murai Batu Nias, ukuran tubuhnya agak tidak banyak lebih kecil. Bila Murai Batu Nias berukuran tubuh L, maka ukuran tubuh Murai Batu Mentawai merupakan M, tengah ukuran S bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu Simeulu. Sekilas melihat pada panjang ekornya sendiri kita mampu membedakannya, Murai Batu Mentawai mempunyai ekor berukuran 13-15 cm, akan tetapi itu pula tak mampu dijadikan patokan yng pasti lantaran beberapa Murai Batu Mentawai ada pula ditemui berukuran ekor panjang 20-25 cm semisal Murai Batu Nias. Murai Batu ini tidak sedikit ditemui di Pulau Pagai. Pulau Pagai merupakan satu dari sekian banyaknya dari empat deretan dari kepulauan Mentawai. Maka sebagian ada yng menyebutnya Murai Batu Pagai ataupun pula Murai Batu Mentawai.
Menjadi satu dari sekian banyaknya jenis Murai Batu berekor hitam, tanda ekor Murai Batu Mentawai benar-benar hitam polos tak ada ditemui noktah putih pada bulu ekornya semisal Murai Batu Lasia. Kelebihan dari Murai Batu Mentawai merupakan bernyali fighter tinggi, bisa atau mampu bersaing yang dengannya Murai Batu jenis lain-lainnya.

Karakter bunyi kicauannya merupakan berkarakter pedas yang dengannya irama yng rapat dan panjang ngeroll namun irama tetap menyambung. Bisa atau mampu mendapatkan isian banyak sekali burung kicauan lain-lainnya serta membawakan isian yng ada yang dengannya paduan variasi kicauan yng merdu. Gaya bertarungnya pula ngeply, kadang-kadang suka bergaya sujud ke bawah semisal gaya khas Murai Batu Simeulu.

Beli buku terkait


Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
Pic 3 serta 4 : http://cantiknanmerdu.blogspot.com/2014/03/ragam-murai-batu-blacktail.html
Rujukan Goresan pena :
http://omkicau.com/2012/12/27/ragam-murai-batu-ekor-hitam-di-sumatera/
http://omkicau.com/2014/04/02/mercon-murai-blacktail-dari-mentawai-yang-tak-pernah-gentar-melawan-mb-mapan/
http://balakdigdaya.blogspot.com/2013/09/murai-batu-mentawai.html serta beberapa sumber lain-lainnya.
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/08/jenis-jenis-murai-batu-ekor-hitam-dari_18.html.

Seputar Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 2

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis-jenis Murai Batu Ekor Hitam Dari Sumatera [lengkap] - 2