Kehicap Flores, Burung Indonesia Yang Kian Langka

- 1:21 AM

Kehicap Flores, Burung Indonesia Yang Kian Langka

 
Kehicap flores (Monarcha sacerdotum) merupakan jenis burung yang adalah endemik pulau Flores, Nusa Tenggara Barat. Sempitnya daerah sebaran, dan ancaman kerusakan hutan membuat spesies bertubuh kecil ini menjadi satu dari sekian banyaknya burung langka di Indonesia. Selain tu, tempat asli yang terus menyusut membuat kehicap flores meningkat statusnya menjadi Genting.

Dalam bahasa Inggris, kehicap flores dikenal yang dengannya nama Flores monarch. Spesies ini adalah kerabat dekat dari kehicap boano ataupun Monarcha boanensis. Tubuhnya berukuran kecil, yakni sekitar 15,5 cm ataupun hampir seukuran yang dengannya gelatik jawa. Bagian atas berwarna hitam keabu-abuan sedangkan tubuh bagian bawah berwarna putih yang dengannya bagian muka berwarna hitam. Sekilas mirip kehicap kacamata, akan tetapi tak mempunyai bulu berwarna merah-karat pada tubuh bagian bawahnya.
Kehicap flores merupakan burung asli yang adalah endemik Indonesia. Spesies diurnal yang cantik serta bersifat teritorial ini cuma mampu dijumpai di hutan hujan primer yang terdapat di Flores barat daya, Nusa Tenggara Barat. Di habitatnya, kehicap flores umum dijumpai bersama-sama yang dengannya jenis burung lain-lainnya disaat mencari makan, lebih-lebih opior jambul serta opior paruh tebal.
Walau salah satunya jarang berkicau, akan tetapi suaranya cukup khas. Bunyi kicauannya berupa siulan serta dentingan yang bervariasi serta makin meninggi, terkadang disertai yang dengannya ocehan-ocehan lembut. Populasi burung endemik pulau Flores ini tercantum sekitar 2.500 - 10.000 ekor burung dewasa, akan tetapi jumlah yang telah di sebutkan terus mengalami penurunan yang penyebabnya yaitu oleh hilangnya tempat asli akibat degradasi hutan serta alh fungsi hutan.
Pada tahun 2012, Badan Konservasi Dunia ataupun IUCN menetapkan status burung kehicap flores dalam status Endangered Species (EN). Akan tetapi sayang, meskipun jumlah populasinya terus alami kemerosotan akibat daerah persebarannya yang dibatasi, kehicap flores masih belum terdaftar dalam daftar jenis burung yang dilindungi.
-
Mudah-mudahan memberikan manfaat Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/06/kehicap-flores-burung-indonesia-yang.html.

Seputar Kehicap Flores, Burung Indonesia Yang Kian Langka

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kehicap Flores, Burung Indonesia Yang Kian Langka