Cara Penangkaran Murai Batu (1)

- 11:27 AM

Cara Penangkaran Murai Batu (1)

 
Membuka usaha penangkaran burung Murai Batu mampu menjadi pengganti bagi kamu dalam merintis bisnis. Pasalnya, di Indonesia sendiri khususnya penangkaran terhadap burung Murai Batu sangatlah tidak banyak, menjadikan para pecinta burung jenis ini susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari dimana mendapatkannya, apalagi di hutan liar sana kategori bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis Murai Batu telah mengalami kelangkaan. Kelangkaan-kelangkaan yng berlangsung membuat makin hari harga burung Murai Batu mengalami kenaikan. Nah, Keadaan ini mampu kamu manfaatkan menjadi kesempatan usaha yng menjanjikan. Selain mendapatkan keuntungannya, melakukan penangkaran Murai batu berguna pula kamu ikut andil dalam melestarikannya. Dalam melakukan penangkaran ada beberapa aspek yng Perlu diperhatikan, baik dari segi sangkar (Sangkar), makanan, proses mengawinkan serta merawat anakan burung Murai Batu. Walaupun Murai Batu salah satunya dalam jenis burung yng tak susah di latih namun andai ke seluruh aspek tadi tak perhatikan yang dengannya baik maka hasil yng dicapai pula akan tak maksimal, lantaran perasaan burung yng tidak lebih nyaman. Misalnya burung akan sulit bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin ataupun andai pun sudah bertelur, telur yng diperoleh yang dengannya tak menetaskan anakan (tak jadi).
Pada peluang dalam tulisan atau artikel di artikel ini, penulis akan menjelaskan yang dengannya lengkap aspek-aspek yng Perlu diperhatikan dalam melakukan penangkaran Murai batu dari aspek sangkar hingga kepada anakan burung Murai Batu bisa dijual, yakni menjadi berikut :

1. Sangkar Penangkaran
  • Tempat sangkar
    Pemilihan tempat pendirian Sangkar penangkaran pula membawa peran penting bagi reproduksi pada burung nantinya. Aspek 3 K dibutuhkan, Keamanan, Kenyamanan, Ketenangan tempat menjadi prioritas tempat sangkar kamu, jangan terlalu dekat yang dengannya keramaian serta kebisingan. Buatlah posisi sangkar senyaman barangkali dari gangguan hewan-hewan lain yng bisa mengganggu proses penangkaran kelak. Tak tidak ingat tempat sangkar Perlu mendapatkan sinar matahari yng cukup.

  • Desain sangkar
    Buatlah sangkar penangkaran terbagi atas tiga. Pertama, sangkar berukuran biasa yakni menjadi tempat burung Murai melakukan proses pendekatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penjodohan. Kedua, sangkar berukuran besar, sangkar penangkaran inti, gunanya menjadi tempat perkawinan Murai Batu yang telah di sebutkan. Ketiga, sangkar soliter, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk merawat anakan Murai batu yng masih cerindil (kecil) yang dengannya memasang lampu 5 watt menjadi penghangat anakan burung nantinya. Pada sangkar berukuran besar ataupun inti buatlah suasana sangkar semisal hutan liar. Kamu mampu menambahkan beberapa pelengkap sangkar semisal : Pohon-pohon ringan, ranting-ranting kecil, serabut serat/kelapa ,tanaman yng tak membahayakan,kayu tempat hinggap (nangkring burung), bak pemandian,wadah sarang (ukuran cukup besar guna tak merusak ekor indukan Murai disaat mengerami telur), yang dengannya tujuan supaya burung terasa nyaman dalam melakukan proses perkawinan kelak, lantaran dia terasa seolah tengah melakukan perkawinan di hutan liar. Yng dimaksudkan pula akan lancarnya proses perkawinan, peneluran, pengeraman serta penetasan telur Murai Batu.

2. Penyuplaian Makanan
Sebelumnya penyediaan pakan burung Murai Batu telah Perlu dipersiapkan. Usahakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan jenis pakan yng bervariasi pada Burung Murai disaat dalam penangkaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi keseimbangan nutrisinya, mampu yang dengannya pemberian pakan jangkrik, belalang, kroto, ulat pakan burung, ikan kecil dll yng disukai burung Murai Batu. Sesekali kamu pula mampu menggantinya yang dengannya pakan olahan (voor) yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan. Makanan yang telah di sebutkan mampu kamu taruh dalam tempat/kotak makanan letakkan dalam sangkar penangkaran. Kecuali pakan jenis serangga mampu kamu lepas liar dalam penangkaran biar burung Murai Batu itu sendiri yng melakukan pemangsaan. Jangan tidak ingat penggantian air minum serta air pemandian Perlu di lakukan rutin bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari burung Murai terserang penyakit.
Oleh : Roma Doni
Sumber Rujukan :
http://artikelbisnis-eko.blogspot.com/2013/03/penangkaran-murai-batu-jadi-peluang.html
http://suwarno71.blogspot.com/search/label/persiapan-menghadapi-perkembang-biakan.html
http://buka-mata.blogspot.com/2012/06/tips-merawat-anakan-murai-batu.html
http://omkicau.com/2013/03/12/mengintip-penangkaran-mb-di-kapuk-bf-serang-2-merawat-anakan-hingga-umur-1-bulan/
Sumber Photo : Google.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/06/cara-penangkaran-murai-batu-1.html.

Seputar Cara Penangkaran Murai Batu (1)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Penangkaran Murai Batu (1)