Galapagos Cormorant: Burung Terbesar Di Keluarga Pecuk

- 6:54 PM

Galapagos Cormorant: Burung Terbesar Di Keluarga Pecuk

 


Pecuk ataupun disebut pula kormoran (dari bahasa Inggris: cormorant) adalah sekelompok burung yng berada dalam keluarga Phalacrocoracidae. Postur tubuhnya bervariasi. Yng terkecil merupakan pecuk kerdil (Phalacrororax pygmaeus) yang dengannya ukuran 45 cm serta berat 340 gram. Galapagos cormorant (Phalacrocorax harrisi), burung endemik yng cuma dijumpai di Kepulauan Galapagos, menjadi burung terbesar di keluarga pecuk. Ukuran tubuhnya sekitar 1 meter yang dengannya berat rata-rata 5 kg.
Sebetulnya kormoran kacamata (Phalacrocorax perspicillatus) mempunyai postur yng lebih besar dari kormoran Galapagos. Bobotnya mampu mencapai 6,3 kg. Di sayangkan, belum lama ini burung yang telah di sebutkan sudah dinyatakan punah. Kormoran galapagos mempunyai bulu berwarna gelap. Paruhnya panjang, tipis, serta berkait tajam. Hal ini Amat bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap serta memegang ikan yng menjadi mangsanya. Kakinya berselaput di antara keempat jarinya.
Ekologi serta Kebiasaan Semisal keluarga pecuk lain-lainnya, kormoran galapagos lebih Suka menghabiskan saatnya di sekitar pantai. Orang-orang jarang terlihat berada jauh di sedang laut, walau mempunyai kemampuan tidak jelek alias bagus dalam berenang (lantaran mempunyai selaput di antara jari-jari kaki, sebagaimana terdapat pada itik serta angsa). Berbeda dari sebagian besar pecuk lain-lainnya, pecuk galapagos percis sekali tak mampu terbang. Ia bahkan jago berenang, lebih-lebih tatkala mencari makanan di perairan laut. Makanan utama pecuk galapagos antara lain ikan, belut kecil, serta ular laut. Orang-orang Suka menyelam di perairan laut bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengejar mangsa. Kedua kakinya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendayung serta mendorong tubuhnya supaya mampu bergerak cepat di dalam air. Spesies ini malah bisa atau mampu menyelam sampai-sampai kedalaman 45 meter. Seluruh spesies pecuk, salah satunya pecuk galapagos, mempunyai kelenjar minyak khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga bulu serta seluruh tubuhnya dari hawa dingin di perairan. Terdapat perdebatan di kalangan ahli unggas mengenai kondisi bulu pecuk tatkala berada di air. Sebagian ahli berpendapat, bulu pecuk memanglah tahan air. Pengertiannya, walau berada di dalam air, bulu-bulunya tak basah. Sebagian ahli yng lain mengujarkan, lapisan terluar bulunya bisa basah akan tetapi tak bisa atau mampu membasahi kulit burung. Pendapat yang terakhir ini nampaknya dialami pecuk galapagos. Terbukti usai menangkap mangsa, orang-orang pasti akan kembali ke pantai serta langsung menjemur sayapnya di bawah sinar matahari. Kebiasaan ini ada dugaan berkaitan yang dengannya pengaturan panas tubuh, membantu pencernaan, ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk keseimbangan tubuh. Tatkala musim kawin tiba, pecuk bersarang dalam koloni di pepohonan, pulau karang, ataupun tebing-tebing curam di tepi laut. Telur berwarna biru, serta biasanya cuma berjumlah satu butir setiap 12 bulan. Induk betina memberikan makanan kepada anaknya yang dengannya tips melolohkan muntahan saripati makanan yng telah dicernanya. Ya, percis semisal perkutut, derkuku, puter, merpati, sampai-sampai lovebird.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/10/galapagos-cormorant-burung-terbesar-di.html.

Seputar Galapagos Cormorant: Burung Terbesar Di Keluarga Pecuk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Galapagos Cormorant: Burung Terbesar Di Keluarga Pecuk