Cara Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/beternak

- 12:09 PM

Cara Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/beternak

 
Kicaukan - Tips Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/Beternak - Sobat kicaukan, menagkar burung kenari adalah satu dari sekian banyaknya aktivitas yng kini tidak sedikit digeluti oleh para pecinta burung khususnya burung kenari. Makin banyaknya penangkar burung kenari mampu jadi dikarenakan makin banyaknya permintaan pasar atas burung kenari, menjadikan harganya pun pula makin tidak murah serta stabil. Nah, atas keadaan ini maka penangkar kenari telah pasti akan memperoleh pundi-pundi rupiah yng banyak sekali andai berhasil menangkar serta mengembangbiakkan burung kenari serta menjualnya. Akan tetapi apa saja yng Perlu dipersiapkan dalam menangkar burung kenari? Pada peluang ini kami akan membagikan cara mengenai tips jitu menyiapkan indukan kenari sebelum breeding/beternak.
Pada peluang sebelumnya kami pula telah membagikan cara mengenai tips beternak burung kenari termudah. Akan tetapi pada peluang ini kami akan mengupas lebih spesifik mengenai persiapan-persiapan bagi indukan kenari yng nantinya akan ditangkar. Indukan kenari yng matang baik secara fisik serta usia menjadi penentu utama dalam suksesnya menangkar/beternak kenari. Selain persiapan sangkar, pakan, serta suplemen-suplemen lain-lainnya. Keuntungan dari mempersiapkan indukan kenari secara matang merupakan akan berdampak positif pada hasil penangkaran (misalnya daya tetas telur yng tidak jelek alias bagus serta anakan yng bekualitas) serta pula tak akan merepotkan kamu tatkala penangkaran tengah berjalan.
CARA JITU MENYIAPKAN INDUKAN KENARI SEBELUM BREEDING/BETERNAK
Oke langsung saja, yang akan di sajikan kali ini hal-hal yng Perlu diperhatikan dalam menyiapkan indukan burung kenari sebelum breeding/beternak :
1. Pastikan indukan kenari bebas dari kutu serta tungau Kutu serta tungau (parasit) adalah musuh klasik bagi unggas salah satunya burung kicau salah satunya kenari. Kutu/tungau serta parasit bisa membuat burung mencabuti bulu-bulunya lantaran gatal serta malah akan menghisap darah kenari yang telah di sebutkan. Penularan kutu serta parasit pada burung pula Amat cepat, serta akan menulari burung kenari ataupun burung lain yng masih sehat. Menjadikan andai satu dari sekian banyaknya indukan kenari di kenai kutu serta parasit, maka bisa dipastikan akan menular ke pasangannya serta anakannya kelak tatkala telah menetas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu segera sterilkan indukan kenari kamu sebelum ditangkar dari kutu/tungau serta parasit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca lebih terang wacana tips menghilang-kan kutu pada burung yang dengannya cepat serta alami, silakan baca di sini.
2. Memotong kuku calon indukan kenari
Kuku pada burung salah satunya burung kenari andai tak dipotong maka akan tumbuh makin panjang serta bisa mengganggu aktivitas kenari itu sendiri. Apa masalah yng timbul andai kuku kenari terlalu panjang? Yang akan di sajikan kali ini merupakan beberapa masalah yng diakibatkan oleh kuku yng terlalu panjang pada burung kicau :
  • Mengganggu burung dalam berdiri di atas tenggeran. Tatkala melompat pun pula akan terganggu andai kukunya terlalu panjang.
  • Tatkala proses perkawinan berlangsung, maka kuku kenari jantan yng terlalu panjang bisa melukai tubuh indukan betina yng berada di bawahnya. Akibatnya, betina akan merasakan saikt serta stress berat bagi atau bisa juga dikatakan untuk kawin lagi. Andai ini berlangsung lama, maka walaupun indukan kenari jantan serta betina ada dalam satu sangkar serta betina telah bertelur, mungkin telur yng infertil akan lebih besar. Telur infertil merupakan telur yng tak akan menetas lantaran tak dibuahi oleh sang kenari jantan.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk kenari betina, andai kukunya terlalu panjang maka akan susah melindungi keseimbangan tatkala jantan mengawininya. Hasil nya, sperma kenari jantan yng keluar mampu jadi tak pas ke kloaka akan tetapi bercecer ke luar.
  • Kuku yng panjang pula bisa merusak telur-telur yng dierami.

Sesudah mengetahui banyaknya kerugian serta masalah akibat kuku yng terlalu panjang, maka kamu Perlu memotong kuku indukan kenari jantan serta betina berlebi dahulu sebelum ditangkarkan. Memotong kuku mampu secara bersiklus, misalnya 1 ataupun 2 kali dalam setahun.
3. Membersihkan bulu-bulu di sekitar kloaka/vent
Ada beberapa alasan kenapa bulu-bulu di sekeliling alat kelamin kenari betina Perlu dibersihkan/dipotong. Pendapat dari pengalaman para penangkar kenari, bulu-bulu di sekeliling kloaka/vent akan menghambat proses perkawinan kenari jantan serta betina. Walaupun kedua alat kelamin jantan serta betina telah menempel, belum tentu sperma yng dikeularkan akan tepat sasaran. Hal ini penyebabnya yaitu oleh bulu-bulu yng memperhalang jalan sperma menuju kloaka. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu bersihkan bulu-bulu di sekeliling kloaka kenari betina supaya mungkin sperma masuk ke kloaka lebih besar. Ini berguna bisa menaikan prosentase telur akan menetas. Selain itu memotong bulu di sekeliling kloaka pula adalah bagian dari kebersihan serta melindungi kebugaran atau kesehatan burung itu sendiri.
4. Genakan sangkar yng berbahan nyaman
Penggunaan sarang yng baik serta daman akan menaikan prosentase menetasnya telur-telur kenari. Saang yng nyaman akan membuat indukan serta anakan yng sudah menetas akan sehat serta mensukseskan penangkaran. Akan tetapi andai sarangnya tidak lebih nyaman, maka mampu jadi anakan kenari yng sudah menetas akan mati lantaran terlilit sarang. Misalnya sarang yng berbahan nylon. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarang nylon tidak lebih cocok andai dipakai menjadi sangkar dalam menangkar burung kenari serta burung kicau lain-lainnya. Kamu mampu mempergunakan sarang berbahan serabut kelapa ataupun sarang jadi yng tidak sedikit dijual di toko-toko perlengkapan burung. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk peletakan sarang, usahakan menempatkan sarang lebih tinggi dari tenggerannya. Lantaran burung memiliki naluri bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari tempat yng tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersarang.
CARA JITU MENYIAPKAN INDUKAN KENARI SEBELUM BREEDING/BETERNAK
Demikian berita yng bisa kami sampaikan wacana Tips Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/Beternak. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi kamu serta Terimakasih sudah membaca tulisan atau artikel ini. Simak terus Kicaukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh macam-macam berita penting seputar dunia burung serta perawatannya. Salam kicau, mudah-mudahan berhasil.!!!
Sobat kicaukan, andai kamu menilai tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi kamu silakan like di Facebook ataupun tweet di Twitter. Terimakasih.
Lihat pula tulisan atau artikel menarik yang akan di sajikan kali ini : PENYEBAB BURUNG CIBLEK MACET BUNYI.

Sumber rujukan dan gambar : http://kicaukan.blogspot.com/2014/02/cara-jitu-menyiapkan-indukan-kenari-sebelum-breeding-beternak.html.

Seputar Cara Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/beternak

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Jitu Menyiapkan Indukan Kenari Sebelum Breeding/beternak