Perawatan Burung Petarung Murai Batu Untuk Ajang Perlombaan

- 8:17 PM

Perawatan Burung Petarung Murai Batu Untuk Ajang Perlombaan

 
Memiliki seekor burung di rumah tentunya Perlu yang dengannya perawatan yng cukup supaya pertumbuhan burung yang telah di sebutkan bisa berkembang yang dengannya baik. Apalagi andai burung peliharaan Kamu bisa memperlihatkan kemampuannya lebih-lebih kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkicau yang dengannya bunyi yng merdu serta mempunyai postur tubuh burung yng menarik. Bunyi kicauan burung yng merdu adalah point plus bagi Kamu andai Kamu bisa merawatnya yang dengannya baik. Semisal halnya yang dengannya si burung petarung murai batu ini.
Ya, burung murai batu adalah seekor burung yng terbilang cerdas serta memiliki bunyi kicauan yng amat merdu. Itu sebabnya pada tatkala ini burung murai batu Amat tidak sedikit digemari. Oleh lantaran itu tidak jarang tidak sedikit orang-orang yng merawat serta melatih burung murai batu supaya suaranya merdu. Yang dengannya mempunyai bunyi merdu, burung ini bisa diikutsertakan mengikuti ajang perlombaan. Akan tetapi sebelum burung murai batu ini mengikuti ajang perlombaan tentunya Perlu mempunyai kemampuan bunyi berkicau yng cukup merdu.
Untuk mempunyai bunyi yng merdu, Kamu menjadi pemilik burung Perlu mampu serta terbiasa melatihnya supaya kemampuan burung yang telah di sebutkan bisa lebih baik lagi serta mempunyai stamina tubuh yng stabil. Bagi Kamu yng ingin memperlombakan burung murai batu, sebaiknya ada butuh melakukan perawatan yng khusus sebelum serta sesudah mengikuti ajang perlombaan. Bagaimana sih tatacara perawatan Burung murai batu bagi atau bisa juga dikatakan untuk ajang perlombaan ?
Untuk awal perawatan Kamu Perlu mengenali berlebi dahulu bagaimana karakter dasar dari burung murai batu yang telah di sebutkan. Umumnya andai murai batu Kamu terlalu galak ataupun tidak lebih bergairah, Kamu bisa mengatasinya yang dengannya mengatur tatacara pemberian extra fooding. Apa itu extra fooding? Extra fooding adalah makanan lebih yng biasa diberikan kepada seekor burung menjadi pendukung dari makanan utama sehari-hari. Umumnya pemberian extra fooding ini diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi kekurangan nutrisi utama semisal energi metabolisme, karbohidrat, lemak, serat kasar, serta protein yang dengannya tujuan supaya burung yang telah di sebutkan mempunyai mental yng matang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikuti perlombaan.

Perawatan yng mampu Kamu lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung murai batu Kamu sebelum hingga sesudah mengikuti ajang perlombaan bisa mulai di lakukan dari:
  1. Pemberian jangkrik yang dengannya porsi lebih, yng sebelumnya cuma memberikan 4 ekor, kini menjadi 7-10 ekor. Pemberian jangkrik yang dengannya porsi lebih bisa di lakukan di hari-hari selanjutnya hingga menjelang hari di mana ajang perlombaan akan dimulai.
  2. Sebaiknya jangan mandikan burung murai batu Kamu sebelum perlombaan serta usahakan simpen kurungannya di tempat yng jauh dari lapangan perlombaan serta jauh dari burung murai batu lain-lainnya.
  3. Pada tatkala akan melanjutkan perlombaan ke tahapan lomba selanjutnya, sebaiknya berikan jangkrik maksimal 5 ekor, ulat hongkong 3 ekor, serta simpen kurungannya di tempat yng jauh dari tempat perlombaan.
  4. Seusai selesai mengikuti perlombaan, supaya burung murai batu Kamu tak menjadi galak segera mandikan serta jangan berikan dulu makanan jangkrik.
  5. Berikan multi vitamin pada air minum burung pada satu hari sesudah hari perlombaan selesai.
  6. Serta dalam jangka waktu 3 hari sesudah perlombaan selesai, lakukan penjemuran burung maksimal 30 menit selama 1 hari.

Mudah-mudahan tatacara perawatan burung murai batu ini bisa memberikan manfaat bagi Kamu yng ingin mengikutsertakan burung murai batu peliharaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk ajang perlombaan.
Oleh : Fitriyana Suhendi
Rujukan materi : Winaris, Imam Wahyu. 2011. Tatacara-Tatacara Sakti Merawat Beragam Jenis Burung Lomba. Jogjakarta: DIVA Press.
Rujukan foto : http://indraandriyadi.blogdetik.com
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/09/perawatan-burung-petarung-murai-batu.html.

Seputar Perawatan Burung Petarung Murai Batu Untuk Ajang Perlombaan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perawatan Burung Petarung Murai Batu Untuk Ajang Perlombaan