Memilih Dan Merawat Jalak Rio Untuk Masteran

- 3:18 PM

Memilih Dan Merawat Jalak Rio Untuk Masteran

 
Jalak tunggir-merah ataupun lebih dikenal yang dengannya nama jalak rio / rio-rio, merupakan spesies burung dari keluarga jalak-jalakan yng mempunyai penampilan berbeda. Paruhnya besar semisal paruh finch, dan lantaran itu juga dalam bahasa Inggris dinamakan Finch-billed myna. Penyebutan jalak tunggir-merah merujuk pada bulu pangkal ekornya yng berwarna kemerahan. Selain dipelihara menjadi klangenan, burung ini pun dikenal menjadi burung masteran.
Memilih dan merawat /jalak rio untuk masteran
Nama internasional burung jalak rio merupakan Grosbeak starling (Scissirostrum dubium), dan adalah jenis burung endemik Sulawesi. Burung jalak ini memiliki tubuh berukuran tengah yang dengannya panjang tubuh mencapai 20,5 cm. Bulunya berwarna abu-abu tua dengna paruh tebal berwarna jingga-pucat. Sedangkan bulu-bulu di tunggirnya berwarna kemerahan.
Jalak rio adalah endemik ataupun cuma diketahui hidup di Sub-kawasan Sulawesi yng meliputi Sulawesi, Bangka, Lembeh, Togean, Butung, dan Kepulauan Banggai. Secara umum, spesies burung jalak ini gampang dijumpai dalam satu kelompok kecil sampai-sampai besar hingga 150 individu. Burung penghuni hutan dan daerah yng jarang ditumbuhi pepohonan dan di hutan-hutan rawa sampai-sampai ketinggian 1100 meter dpl. Suka terlihat bersama-sama perling kecil disaat mencari makanan yng berupa buah-buahan, biji-bijian dan serangga.
Beberapa tahun yang terakhir, tercantum tidak sedikit penemuan akan burung jalak rio di luar wilayah penyebarannya. Satu kelompok kecil pernah didapati di daerah Gunung Dubbs, Balikpapan dan pula di Panaruban, Subang, Jawa Barat. Penemuan yang telah di sebutkan pernah sempet memunculkan pertanyaan lantaran spesies ini dianggap tak mempunyai kemampuan untuk bermigrasi, menjadikan memunculkan dua mungkin yakni burung lepasan ataupun akibat perubahan iklim dan kondisi alam yng membuat orang-orang keluar dari wilayah penyebarannya.
Selama ini, burung jalak rio dipelihara selain untuk klangenan, pula menjadi burung masteran. Burung ini memanglah dikenal Amat gampang menyesuaikan diri dan cepat jinak. Selain itu, suaranya yng melengking dan mirip tembakan cililin pun menarik hati kicaumania untuk memeliharanya menjadi masteran. Keistimewaan lain-lainnya merupakan gaya berkicaunya yng khas, apalagi andai memelihara lebih dari satu ekor burung di rumah.
Disaat bertemu kawan ataupun calon pasangannya, burung jalak rio akan mengangkat kepala dan ekornya ke atas sembari menggetarkan kedua sayapnya, Suka pula hal yang telah di sebutkan di lakukan sambil berkicau menggoyang-goyangkan tubuhnya ke kiri dan ke kanan.
Perbedaan jantan betina jalak rio
Membedakan antara burung jantan yang dengannya betina burung jalak rio mampu di lakukan yang dengannya mengamati warna-warna bulu yng terdapat pada pangkal ekornya. Burung jantan biasanya memiliki bulu tunggir berwarna merah terang, sedangkan bulu tunggir burung betina cenderung keoranye-oranyean ataupun merah-oranye.
Perawatan jalak rio supaya rajin bunyi
Perawatan jalak rio terbilang Amat gampang, makanan yng Perlu disediakan setiap harinya merupakan serangga dan buah-buahan, lebih-lebih pisang ataupun pepaya. Untuk pakan serangga kamu mampu memberikan burung jalak rio jangkrik sebanyk 3-5 ekor yng diberikan pada pagi dan sore harinya. Mandi di lakukan setiap pagi hari dan dilanjutkan yang dengannya penjemuran.
Berikut video burung jalak rio-rio untuk kamu.

Salam Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/04/memilih-dan-merawat-jalak-rio-untuk.html.

Seputar Memilih Dan Merawat Jalak Rio Untuk Masteran

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Memilih Dan Merawat Jalak Rio Untuk Masteran