Perawatan Murai Batu Sebelum Dan Sesudah Lomba (2)

- 6:12 AM

Perawatan Murai Batu Sebelum Dan Sesudah Lomba (2)

 
Perawatan Seusai Lomba
Andaikan perlombaan sudah selesai dilaksanakan maka dilanjutkan yang dengannya melakukan perawatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalisir hal-hal yng tak dimau-kan. Sebisa barangkali pulang lebih awal ataupun jangan terlalu lama berada di lapangan lomba. Hal itu penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan tensi mental Murai Batu yng naik selesai bertarung. Pada satu dari sekian banyaknya tatacara penghobi ada pula yng kemudian memandikan Murai Batu miliknya selesai lomba bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyegarkan kembali fisiknya. Akan tetapi pada tatkala yng percis jangan juga diberi pakan semisal jangkrik dan ulat hongkong, dikhawatirkan birahi tarungnya mampu naik kembali.
Perawatan sesudah lomba pada beberapa sumber mempunyai prosedur yng lebih simpel. Lebih ditekankan pada pemberian vitamin dan mengembalikan peraturan pemberian pakannya semisal waktu normal sebelum ia mengikuti lomba. Nama-nama vitamin yng dimaksud mampu berupa produk EbodVit ataupun pula BirdVit. Akan tetapi masih ada perdebatan mengenai pemberian doping sebelum dan sehabis lomba, semisal pemberian pakan orong-orong (kadal kecil), kelabang, dan minuman tonic dan bitter. Ada yng melakukan itu, ada pula yng melarang.
Didasari pengalaman yng bersumber dari (ternakburung.com), penghobi itu tak menganjurkan adanya pemberian doping kalau tak ingin melihat prestasi Murai Batu akan tersendat. Pendapat dari penuturannya, Murai Batu miliknya yng semula bisa atau mampu berprestasi dalam ajang lomba, akibat terus diberi doping akhirnya memberikan efek ketergantungan pada doping yang telah di sebutkan. Kekecewaan pun muncul disaat Murai Batu miliknya mengalami masa mabung yng membuat kondisi fisiknya tak kembali prima semisal umumnya. Yang dengannya stamina fisik yng menurun maka prestasinya pula ikutan menurun dalam mengikuti aneka macam ajang lomba.

Gambar 2. Lomba Murai Batu
Selain memerhatikan hal di atas, adapun perawatan umum yng kerap di lakukan penghobi pada Murai Batu sesudah mengikuti lomba merupakan menjadi berikut:
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemberian pakan ekstra fooding disesuaikan yang dengannya peraturan harian Murai Batu yang telah di sebutkan. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perawatan semisal penjemuran dan pemandian masih mengikuti langkah sebelum Murai Batu mengikuti lomba. Jadi, cukup sekitar 1/2 jam saja. Bila perawatan harian mengenai penjemuran umumnya 1 jam ataupun lebih, jangan langsung diterapkan kepada Murai Batu sesudah habis lomba.
  • Memberikan vitamin tambahan kepada Murai Batu. Bila penghobi telah punya produk yng dirasa lebih unggulan, mampu mempergunakan produk itu saja yng barangkali akan lebih cocok yang dengannya kondisi Murai Batu. Namun andai belum, produk vitamin semisal EbodVit dan BirdVit mampu jadi rujukan yng tidak jelek alias bagus.
  • Teknis-teknis perawatan lain-lainnya mampu disesuaikan yang dengannya perawatan rutin Murai Batu dalam kesehariaannya. Namun menjadi lebih baik kalau itu mampu di lakukan secara pelan-pelan dan menyesuaikan yang dengannya kondisi di lapangan. Semisal misalnya, bila di keseharian kandangnya kerap disejajarkan yang dengannya burung kicauan yng lain, khusus pasca mengikuti lomba bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara waktu Murai Batu dijauhkan dari kondisi itu beberapa hari, hingga benar-benar stamina Murai Batu kembali normal.

Yang dengannya memerhatikan perawatan-perawatan di atas, semoga dampak negatif yng mampu ditimbulkan Murai Batu sebelum ataupun pasca lomba tak berlangsung pada Murai Batu milik Kamu. Mudah-mudahan memberikan manfaat.
Oleh: Roma Doni
Sumber Goresan pena:
1. http://kicaukan.blogspot.co.id/2013/12/pola-perawatan-murai-batu-sebelum-lomba-dan-setelah-lomba.html
2. http://www.mediaronggolawe.com/tips-perawatan-murai-lomba-dan-pasca-lomba.html
3. https://omkicau.com/2014/06/20/murai-batu-kitaro-persiapan-lomba-dilakukan-sejak-h-7/
4. http://www.ternakburung.com/perawatan-murai-batu-untuk-lomba/
Sumber Gambar:
1. http://www.kicaumania.or.id/forums/content.php?429-(Tidak)-Ada-Diskriminasi-Terhadap-MB-Black-Tail
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2016/07/perawatan-murai-batu-sebelum-dan_28.html.

Seputar Perawatan Murai Batu Sebelum Dan Sesudah Lomba (2)

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perawatan Murai Batu Sebelum Dan Sesudah Lomba (2)