Keunikan Murai Batu Kepala Putih

- 5:03 PM

Keunikan Murai Batu Kepala Putih

 
Selama ini keberadaan Murai Batu Kepala Putih tidak lebih begitu dikenal, malah barangkali tidak sedikit yng tak mengetahui akan adanya Murai Batu berkepala putih. Akan tetapi bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Kalimantan sepertinya telah tak asing lagi melihat Murai Batu Kepala Putih. Ini lantaran, Kalimantan merupakan wilayah penyebaran daerah asal satu-satunya Murai Batu Kepala Putih di Indonesia.
Bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Kalimantan Suka menyebutnya yang dengannya Murai Batu Mahkota, adalah satu dari sekian banyaknya jenis spesies bagi atau bisa juga dikatakan untuk Murai Batu Borneo, selain Murai Batu Palangkaraya serta Murai Batu Banjar. Sebagaimana tanda khas bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap jenis Murai Batu Borneo tatkala bertanding, yaitu menunjukan gaya khasnya yang dengannya membusungkan dada serta mengembangkan bulunya, begitupun yng kerap di lakukan Murai Batu Kepala Putih.
Penampilan fisik MB kepala putih sekilas mirip yang dengannya rekan spesiesnya yakni Murai Batu Banjar, baik dari ukuran tubuh yng tengah, ukuran ekor yng pendek (antara 10 hingga 13 cm), hingga gaya bertarungnya. Perbedaan yng mencolok itu terdapat atau terletak pada warna bulunya saja yakni ada corak berwarna putih pada bagian kepala serta di perbatasan punggung yang dengannya ekor.
Namun andai ditanyakan soal kemampuan kicauan, MB kepala putih tentu tak mampu dianggap remeh. Performa bunyi kicauannya terdengar Amat garang serta kuat, Suka mengeluarkan tembakan-tembakan yng merdu serta tidak terduga, variasi kicauannya yng bisa atau mampu diserap pula tidak sedikit. Fakta ini terang memupuskan pernyataan bahwasanya spesies Murai Batu Borneo berkarakter ngebass serta monoton.

Semisal yng ditulis pada situs omkicau.com kegarangan dari bunyi kicauan MB Kepala Putih membuat jenis ini Suka pula diadu yang dengannya Murai Batu Medan, walau cuma sekedar di trek. Malah berkat keunikan tampilan serta kemampuan kicauannya itu, tidak sedikit ditemui para penghobi di Malaysia yng mengawinsilangkan kedua jenis Murai Batu yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan varian baru yng mempunyai kualitas yang dengannya tampilan semisal MB kepala Putih namun mempunyai ekor panjang semisal Murai Batu Medan.
Di negara Malaysia sebutan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mb kepala putih merupakan Murai Batu Sabah, ada pula yng menyebutnya Murai Batu Chai. Sebaliknya di Malaysia malahan Murai Batu Kepala Putih lebih familiar di kalangan masyarakatnya berbeda yang dengannya di Indonesia, daerah asal asli burung ini.
Dalam buku Distribusi serta Taksonomi burung se-Dunia yng ditulis oleh CG Sibley serta BL Manroe, mengelompokkan MB kepala putih dalam spesies tersendiri yang dengannya nama ilmiah Copsychus stricklandii. Disebutkan lagi dalam buku yang telah di sebutkan kalau MB kepala putih memiliki 2 sub-spesies, yakni Copsychus stricklandii serta Copsychus stricklandii barbouri.
Yng membedakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk subspesies MB kepala putih barbouri yang dengannya stricklandii terdapat atau terletak pada warna bulu yng ada di perbatasan punggung yang dengannya ekor. MB kepala putih jenis barbouri akan didapati bulu berwarna putih di bagian perbatasan yang telah di sebutkan, sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis stricklandii tak didapati, yang dengannya di bagian perbatasan cuma berwarna bulu hitam polos.
Sedangkan kemampuan masing-masing subspesies ini mampu dikatakan percis. andai kamu ingin memperlihatkan akan kemampuan yng dimiliki MB kepala putih berikut penulis sertakan link bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengarahkan kamu melihat video MB kepala putih yng tengah berkicau.


Oleh : Roma Doni
Sumber Rujukan :
http://omkicau.com/2013/01/17/melihat-kegarangan-murai-batu-kepala-putih/
http://infomurai.blogspot.com/2013/03/tentang-burung-murai-batu-borneo.html
Sumber Gambar :
http://tipspetani.blogspot.com/2013/04/sub-spesies-murai-batu-copsychus.html
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/11/keunikan-murai-batu-kepala-putih.html.

Seputar Keunikan Murai Batu Kepala Putih

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Keunikan Murai Batu Kepala Putih