Jenis Jenis Burung Perkutut

- 3:11 AM

Jenis Jenis Burung Perkutut

 
Burung perkutut mempunyai nama latin Geopelia Striata yng secara harfiah berguna merpati lurik. Di dunia internasional lebih dikenal yang dengannya nama Zebra Dove ataupun Barred Ground Dove lantaran warna bulunya bergaris-garis mirip kuda zebra. Sementara di Malaysia serta Singapore dikenal yang dengannya nama burung Ketitir ataupun Merbok. Serta di Thailand dikenal yang dengannya nama burung Jawa ataupun Nokkhao Chewa, lantaran memanglah berasal dari tanah Jawa. Serta burung perkutut ini salah satunya dalam kelas burung bangsa Columbidae ataupun bangsa merpati-merpatian dimana di kelas ini salah satunya didalamnya merupakan burung merpati, puter, derkuku/tekukur serta sebangsanya.
Semisal yng kita ketahui bahwasanya tanda - tanda dari jenis burung merpati-merpatian merupakan sbb:
  • Hidup berpasangan serta bertelur dua.
  • Memiliki tembolok (pemakan biji-bijian).
  • Memiliki alat yng bisa menutup hidung, menjadikan tak butuh mengangkat kepalanya pada tatkala minum.
  • Burung jantan bertubuh serta bersuara lebih besar dan menyanyi / berbunyi (bukan berkicau) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memikat betina.
  • Bunyi nyanyian yng diperoleh berasal dari selaput bunyi (syrinx) yng terdapat atau terletak pada bagian belakang tenggorokan yng berhubungan yang dengannya paru-paru, yng tampak mengembung pada tatkala berbunyi.
Sub-Jenis Burung Perkutut
Bangsa perkutut (Geopelia Striata) sendiri terdiri dari beberapa jenis yakni:
1. Geopelia Striata Striata yakni perkutut yng kita kenal serta biasa kita pelihara, salah satunya perkutut lokal serta perkutut Bangkok, tempat asli aslinya di Jawa, Bali serta Sumatera.
2. Geopelia Striata Mangeus dikenal menjadi perkutut Bali/Sumba yakni perkutut yng tempat asli asalnya di Bali, Lombok, Sumba, Sumbawa serta Timor. Perkutut ini mempunyai tanda khas kelopak matanya berwarna kuning.
3. Geopelia Striata Audacis perkutut yng tempat asli aslinya ada di kepulauan Kei serta Tanimbar.
4. Geopelia Striata Papua perkutut yng berasal dari Papua serta Papua New Guinea
5. Geopelia Striata Placida perkutut yng berasal dari Papua serta Australia Utara
6. Geopelia Striata Tranquila

perkutut yng berasal dari Australia Sedang
7. Geopelia Striata Clelaudi

perkutut yng berasal dari Australia Barat.
8. Perkutut Hawaii

Di Hawaii diluar dugaan tidak sedikit terdapat burung perkutut yng hidup bebas berkeliaran di hutan serta malah di kota-kota dekat yang dengannya penduduk, semisal burung gereja saja yng ada di kota-kota di Indonesia. Perkutut Hawaii ini disebut menjadi Zebra Dove serta aslinya berasal dari tanah Jawa pula yng dibawa oleh orang-orang Jawa yng pergi ke Hawaii.
9. Perkutut Bangkok Dikenal di warga atau juga bisa dikatakan masyarakat kita kalau perkutut Bangkok bersuara besar serta ngebass. Sementara perkutut yng biasa ditangkap dari hutan disebut perkutut lokal bersuara kecil. Hal ini cuma salah kaprah saja, salah akan tetapi dianggap benar, lantaran perkutut Bangkok pun asalnya pula dari tanah Jawa yng telah dikembangbiakkan serta diambil keturunannya yng bersuara besar serta tidak sedikit yng di ekspor ke Indonesia lagi. Serta tatkala ini hampir seluruh penghuni sangkar ternak di Indonesia merupakan keturunan dari perkutut yng didatangkan dari Bangkok. Musim yang terakhir 2008-2009 kembali perkutut dari Bangkok serta Thailand Selatan yng bersuara besar serta berujung panjang tidak sedikit didatangkan ke Indonesia menjadi indukan. Kerabat Dekat PerkututKerabat terdekat perkutut ada dua jenis yakni bangsa Geopelia Humeralis ataupun perkutut raksasa lantaran memanglah ukuran badannya Amat besar hampir dua kali lipat dibanding ukuran badan perkutut biasa. Berasal dari Australia bagian Utara. Dikenal pula menjadi Barred Ground Dove dikalangan internasional.Kerabat selanjutnya tidak sedikit dipelihara di Indonesia yakni Geopelia Cuneata ataupun lebih dikenal yang dengannya nama Diamond Dove. Ukuran tubuhnya cuma 1/2 dari ukuran tubuh perkutut biasa. Serta di Indonesia tidak sedikit dipakai menjadi induk asuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk meloloh piyik perkutut bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses produksi piyik perkutut.
Seluruh jenis perkutut di atas biasanya disebut menjadi perkutut lokal, sedangkan yng dimaksud perkutut Bangkok (Thailand) merupakan perkutut belang (G.S. Striata) yng pula berasal dari Indonesia tepatnya di Pulau Jawa. Serta telah mulai diternakkan di Thailand sejak 50 tahun yng lantas. Secara fisik perkutut lokal serta bangkok hampir percis. Secara fisik cuma bisa dibedakan oleh orang yng telah biasa melihatnya, yakni yang dengannya melihat matanya di mana mata perkutut lokal memiliki lingkaran mata warna putih lebih besar daripada mata perkutut bangkok. Tatacara yng paling gampang merupakan yang dengannya mendengarkan suaranya. Perkutut lokal memiliki bunyi yng ringan serta datar dan tempo iramanya cepat, sedangkan bunyi perkutut bangkok lebih besar (nge-bass). Perkutut lokal lebih-lebih yng adalah tangkapan dari alam, semakin hari semakin berkurang peminatnya selain oleh lantaran mutu suaranya yng tidak lebih baik pula penyebabnya yaitu bakalan (anak/remaja) perkutut lokal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi rajin manggung memerlukan waktu antara 2 sampai-sampai 4 tahun, sedangkan perkutut bangkok usia 7 bulan telah bocor andai perawatan, makanan serta keturunannya cukup baik.
Perkutut Jantan serta Betina
Kelamin perkutut bisa dibedakan yang dengannya tips meraba supit (tulang bagian perut bawah dekat dubur). Kalau supitnya dekat sekali, keras serta hampir rapat biasanya berkelamin jantan, sedangkan kalau renggang serta lunak biasanya berkelamin betina.
sumber: banyak sekali sumber Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/12/jenis-jenis-burung-perkutut.html.

Seputar Jenis Jenis Burung Perkutut

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis Jenis Burung Perkutut