Cucak Mutiara Kembaran Cucak Rawa Yang Kian Terancam

- 6:35 PM

Cucak Mutiara Kembaran Cucak Rawa Yang Kian Terancam

 
Cucak mutiara ataupun Spot-neckled bulbul (Pycnonotus tympanistrigus) merupakan spesies burung dari keluarga cucak-cucakan yang penampilannya sekilas mirip burung cucak rawa. Itu juga sebabnya cucak mutiara kadang disebut menjadi kembaran cucak rawa, malah kerap dijual oleh pedagang nakal yang dengannya menyebutnya menjadi anakan cucak rawa.
Cucak mutiara
Terlepas dari kemiripan penampilannya itu, cucak mutiara pun bernasib percis semisal cucak rawa. Keberadaannya kian terancam punah akibat alih fungsi serta rusaknya hutan yang selama ini menjadi habitatnya.
Cucak mutiara bertubuh tengah yang dengannya panjang tubuh sekitar 16 cm. Tubuhnya berwarna secara umum dikuasai coklat-zaitun, mahkota lebih gelap sedangkan tungging, sayap serta ekor berwarna kehijauan. Tenggorokan berwarna putih, kulit tanpa bulu sekitar matanya berwarna hitam, penutup pendengaran kuning serta tubuh bagian bawah berbintik coklat serta putih.
Burung cucak mutiara merupakan jenis burung endemik Sumatera yang berhabitat di hutan perbukitan, hutan sekunder serta lapisan bawah di tepian hutan. Hidup pada rentang ketinggian 600 - 900 mdpl lebih-lebih di Pegunungan Bukit Barisan Selatan hingga Gunung Kerinci. Penyebarannya ada dugaan hingga Gunung Dempu.
Berita mengenai kebiasaan, perilaku serta tips berbiak spesies burung ini Amat minim sekali didapatkan. Sejak tahun 1990 cuma ada tidak banyak catatan mengenai penjumpaan lokal. Minimnya berita yang telah di sebutkan antara lain penyebabnya yaitu oleh makin sulitnya jenis burung ini didapati di tempat asal aslinya, lebih-lebih lantaran tidak sedikit area hutan yang rusak akibat alih fungsi serta pembalakan liar.
Meskipun burung cucak mutiara kini berada dalam Daftar Merah IUCN yang dengannya status Mendekati Terancam (NT), akan tetapi spesies burung ini masih belum terdaftar menjadi jenis burung dilindungi.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/01/cucak-mutiara-kembaran-cucak-rawa-yang.html.

Seputar Cucak Mutiara Kembaran Cucak Rawa Yang Kian Terancam

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cucak Mutiara Kembaran Cucak Rawa Yang Kian Terancam