Pesona Burung Kirik-kirik Yang Mengagumkan

- 12:41 PM

Pesona Burung Kirik-kirik Yang Mengagumkan

 
Ada keluarga burung yang unik, bulunya berwarna-warni laksana pelangi. Disaat terbang, orang-orang mampu mengungguli beberapa serangga yang paling cepat sekalipun. Orang-orang hidup secara berkelompok yang semuanya saling membantu dalam membesarkan anak-anaknya. Itulah pesona burung kirik-kirik yang tidak tidak sedikit orang mengetahuinya.
burung kirik-kirik
Sebagian besar burung pemakan serangga tak mempunyai warna bulu yang berwarna-warni, akan tetapi berbeda yang dengannya spesies burung ini. Tubuhnya terdiri dari perpaduan warna yang indah serta bisa atau mampu menarik perhatian para pengamat burung. Bulu-bulunya terdiri dari tidak sedikit warna hijau, biru, merah serta kuning cerah. Beberapa spesies malah memiliki warna yang lebih komplet, misalnya kirik-kirik eropa serta kirik-kirik pelangi dari Australia.
Akan tetapi bukan itu saja yang membuat tidak sedikit orang terkesan, gaya akrobatiknya disaat berburu serangga pun Amat mengagumkan. Kirik-kirik Amat ahli menangkap serangga sembari terbang, lebih-lebih serangga yang bisa atau mampu terbang cepat semisal lebah, tawon serta hornet. Yang dengannya gesitnya burung ini mengungguli kecepatannya dan melakukan gaya-gaya akrobatik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu menandingi keahlian si serangga.
Sebelum menangkap mangsanya, kirik-kirik Suka bertengger di atas ranting pohon tinggi. Spesies burung ini mempunyai penglihatan yang cukup tajam, malah kirik-kirik eropa sanggup melihat seekor lebah dari jarak 100 meter. Yang dengannya mempergunakan teknik menukik serta menyerang dari atas, kirik-kirik bisa atau mampu menangkap mangsanya itu.

Beda tempat asli beda juga tips berburu yang dipakai, bagi spesies burung yang berhabitat di padang-padang rumput ataupun pertanian, orang-orang akan mempergunakan serta memanfaatkan sarana lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makan. Di Afrika misalnya, burung kirik-kirik akan terbang di samping binatang yang besar, burung lain, ataupun malah kendaraan yang melewati hamparan rerumputan. Serangga yang terusik tentu akan terbang, serta ini dia peluang kirik-kirik menangkapnya. Kirik-kirik merah malah nekat membonceng di punggung seekor unta, kambing ataupun zebra sembari mengawasi keberadaan serangga yang terusik itu.
Serangga yang suka menyengat semisal tawon, lebah ataupun hornet biasanya mempunyai racun/mampu. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyingkirkan bisanya itu, burung kirik-kirik akan bertengger pada cabang yang berdekatan lantas yang dengannya perlahan menggosok-gosokkan bagian perut serangga yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan bisanya sebelum dimakan. Kadang hal yang telah di sebutkan di lakukan sembari memejamkan matanya supaya tak kecipratan racun.
Melindungi keindahan bulu sepertinya menjadi kewajiban burung ini, setiap harinya orang-orang selalu bersolek serta melindungi bulu-bulunya dari parasit. Kegiatan yang rutin di lakukan merupakan berjemur, panas matahari bis amembuat parasit lebih aktif menjadikan gampang disingkirkan oleh si burung. Beberapa spesies berjemur secacra berkelompok yang dengannya menyamakan gaya orang-orang, punggung menghadap matahari serta sayap membentang. Sekilas mirip sekelompok turis yang tengah berjemur santai di pantai.

Meski begitu, kirik-kirik terkenal jarang mandi serta kalaupun ingin mandi, yang orang-orang lakukan merupakan mencelupkan tubuh ke air lantas langsung terbang lagi. Mirip gaya mandi kadal disaat tercebur ke air. Namun di daerah kering serta berdebu, spesies burung ini malah senang mandi debu. Orang-orang akan berguling-guling di debu, sesudah itu menyisir serta menggaruki bulu-bulu orang-orang. Tatacara yang telah di sebutkan merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan parasit.
Kirik-kirik hidup secara berkoloni ataupun kelompok, kadang orang-orang berkembangbiak dalam sebuah kelompok besar yang mampu mencapai 25.000 ekor burung. Burung ini berbiak yang dengannya tips menggali pasir serta membuat lubang di tepian sungai besar. Yang dengannya bersarang secara berkelompok itulah, orang-orang mampu melindungi keluarga orang-orang dari keberadaan predator. Selain itu, beberapa spesies kirik-kirik semisal kirik-kirik dada putih, memiliki kelompok yang akan saling membantu disaat merawat serta membesarkan anak-anak orang-orang.
Selain dirawat oleh kedua induknya, anakan kirik-kirik dada putih akan diberi makan oleh burung-burung yang ada dalam satu kelompoknya. Umumnya yang paling membantu merupakan anak-anak orang-orang pula yang sudah menjadi burung dewasa. Orang-orang akan saling membantu yang satu yang dengannya yang lain-lainnya. Sungguh sebuah kerjasama yang indah.

Kelompok burung kirik-kirik pula Amat senang bertengger bersama-sama, orang-orang akan saling berdempetan serta berjejalan dalam satu ranting yang percis. Kebiasaan ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan suhu panas tubuh selama malam hari yang dingin.
Salam konservasi!
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2016/01/pesona-burung-kirik-kirik-yang.html.

Seputar Pesona Burung Kirik-kirik Yang Mengagumkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pesona Burung Kirik-kirik Yang Mengagumkan