Tips Mengatasi Murai Batu Yang Suka Ngebetmen

- 3:24 AM

Tips Mengatasi Murai Batu Yang Suka Ngebetmen

 
Burung murai batu yang Suka membuka sayapnya disaat bertemu musuh dikenal yang dengannya istiah ngebetmen. Umumnya kondisi yang telah di sebutkan dibarengi juga yang dengannya perilaku burung yang ngejeruju ataupun turun ke dasar sangkar sembari ngeriwik. Hal ini tentu tak disukai oleh kicaumania lantaran akan mengurangi penampilannya tatkala dilombakan. Berikut cara mengatasi murai batu yang suka ngebetmen
tips mengatasi murai batu yang suka ngebetmen
Iustrasi | Foto courtesy Davidsbirds

Ngebetmen ataupun dikenal pula yang dengannya sebutan ngelowo merupakan sifat alami yang muncul pada burung petarung jenis murai batu. Kondisi ini malah hampir percis yang dengannya kondisi mbagong pada burung kacer. Umumnya, perilaku yang telah di sebutkan muncul andai kondisi burung tengah dalam tidak lebih fit akan tetapi naluri fighternya terlalu tinggi.
Meskipun demikian ,apa pemicu sebetulnya sampai-sampai kini masih belum diketahui secara pasti. Akan tetapi didasari pengalaman para murai batu mania di Indonesia, kondisi ngebetmen mampu saja muncul lantaran beberapa faktor yang akan di sajikan kali ini:
  • Burung yang tengah over birahi (OB).
  • Burung yang kalah mental ataupun down disaat melihat lawan terlalu proaktif.
  • Murai batu yang belum tuntas masa mabungnya (tengah dorong sayap / ekor), akan tetapi dipaksakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk diadu bersama burung lain.
  • Burung yang Suka dijemur secara berlebihan ataupun melebihi durasi yang dianjurkan.
  • Murai batu yang terlalu jinak.
  • Telah bawaan karakter dari burung yang telah di sebutkan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanganan burung murai batu yang terlanjur ngebetmen ataupun ngelowo , ada beberapa jenis pola perawatan yang mampu diterapkan sesuai yang dengannya apa yang menjadi penyebab semisal pada poin di atas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya, silakan simak penanganan murai batu yang ngebetmen yang akan di sajikan kali ini:
Murai batu yang alami over birahi disaat ditarungkan cenderung akan menunjukan perilaku ngebetmen tatkala melihat lawannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya, sebaiknya burung yang telah di sebutkan diberikan terapi penenangan berlebi dahulu serta hindari bagi atau bisa juga dikatakan untuk melombakannya andai kondisinya masih belum siap betul. Beberapa bentuk terapi yang mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan birahi sang burung antara lain:
  • Rutin mengembunkan burung setiap pagi hari.
  • Mengurangi jatah pakan tambahannya ataupun extra fooding yang mampu menimbulkan birahi lebih-lebih jangkrik, sedangkan pakan yang mampu diberikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi over birahi merupakan cacing tanah ataupun ulat bambu yang diberikan pada pagi serta sore hari hingga kondisinya benar-benar pulih kembali.
  • Rutin mengumbar burung dalam sangkar umbarannya sehari-hari.
  • Mengurangi durasi penjemuran.
  • Memberikan multivitamin BirdVit selama masa terapi.
Selain beberapa pola perawatan semisal di atas, hal-hal lain yang butuh diperhatikan disaat akan mengadukan burung murai batu supaya terhindar dari kondisi ngebetmen ataupun ngelowo merupakan menjadi berikut:
  • Perhatikan umur burung sebelum dilombakan. Burung murai batu yang masih muda cenderung belum memiliki pengalaman tatkala bertemu yang dengannya lawan-lawannya lebih-lebih yang telah mapan. Emosi orang-orang masih belum stabil serta terkadang meluap-luap, akibatnya burung yang telah di sebutkan mampu kelelahan serta berakhir yang dengannya kondisi ngebetmen.
  • Hindari melombakan burung yang belum tuntas masa mabungnya ataupun tengah membereskan mabung, lebih-lebih tatkala proses dorong ekor / sayap. Burung murai batu yang tengah dalam kondisi yang telah di sebutkan cenderung belum mempunyai fisik serta stamina yang fit, menjadikan Amat rentan alami ngebetmen ataupun kalah mental/ngedrop. Hal yang percis berlaku pada murai batu yang terpantau jatuh bulu ataupun tengah memasuki masa mabungnya.
  • Andai ngebetmen berlangsung akibat burung yang terlalu lama dijemur, maka terapi yang di lakukan merupakan mengurangi ataupun menghentikan asupan pakan tambahan pemicu birahi serta bersifat panas semisal jangkrik serta ulat hongkong, pakan yang diberikan cukup cacing tanah serta ulat bambu saja. Selain itu, pemberian mandi sebaiknya ditambah dari yang umumnya serta penjemuran mulai dikurangi durasinya.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangani masalah ngebetmen akibat burung murai batu yang terlampau jinak, maka yang dibutuhkan merupakan kemauan dari si pemilik burung yang telah di sebutkan. Satu dari sekian banyaknya misalnya merupakan disaat memberikan pakan jangkrik ataupun serangga lain-lainnya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk membiasakan supaya burung tak terlampau jinak maka pemberiannya yang telah di sebutkan sebaiknya tak di lakukan yang dengannya diasongkan / disodorkan pada si burung, namun cukup dimasukkan ke dalam cepuknya lantas ditinggalkan. Selain itu, pengumbaran yang teratur mampu membuat burung jadi tak terlalu jinak.
  • Bagian yang terakhir merupakan kondisi ngebetmen yang berlangsung akibat mental ataupun karakter bawaan. Andai ini yang menimpa burung kamu, maka akan susah sekali bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya. Di antaranya tatacara yang mampu di lakukan merupakan rutin memberikan multimineral semisal BirdMineral maupun suplemen khusus semisal Testobird Booster bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu mengatasi masalah metabolismenya menjadikan nalurinya menjadi burung petarung (fighter) akan kembali muncul serta siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditandingkan.
Itulah beberapa penanganan masalah burung murai batu yang kerap ngebetmen. Yang dengannya melakukan beberapa perawatan yang dengannya teratur maka si burung akan kembali mampu tampil yang dengannya lebih maksimal, menjadikan mampu membanggakan majikannya.
Mudah-mudahan berguna Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/11/tips-mengatasi-murai-batu-yang-suka.html.

Seputar Tips Mengatasi Murai Batu Yang Suka Ngebetmen

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Mengatasi Murai Batu Yang Suka Ngebetmen