Perawatan Perkutut Pada Musim Hujan

- 2:04 AM

Perawatan Perkutut Pada Musim Hujan

 
Musim pancaroba semisal saat ini ini yng adalah musim peralihan dari kemarau ke musim hujan memanglah adalah tatkala yng paling tidak sedikit memicu penyakit, lebih-lebih penyakit gangguan pernafasan semisal flu, batuk, influensa serta pilek. Bukan cuma kita-kita yng tidak sedikit mengalami penyakit gangguan pernafasan semisal itu, namun pula burung perkutut. Menjadikan seringkali Bird Farm (peternak perkutut) lebih-lebih yng berskala besar dalam jumlah sangkar, cukup repot lantaran tidak sedikit perkututnya yng di kenai influensa yng bisa menghasilkan kematian. Burung perkutut yng terserang flu, pada awal mulanya tampak Suka diam saja serta bulu muka dan bulu badannya berdiri. Hal ini disertai juga yang dengannya mata yng mengantuk serta hidung yng berlendir. Sesudah memasuki hari kedua serta ketiga, perkutut yng sakit yang telah di sebutkan kondisinya makin tidak baik. Selain cuma diam serta mengantuk, perkutut yng sakit flu pula tak mau makan serta minum, menjadikan badannya menjadi kurus serta lemas. Andai tak segera diobati, umumnya pada hari ketiga ini ataupun paling lambat hari ke-4, perkutut yng terserang flu ini akan mati.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobatinya di lakukan yang dengannya tatacara pemberian kapsul terafit yng tidak sedikit dijual di pasar burung. Tatacaranya: 5-7 butir kacang hijau direndam dalam air Anget sampai-sampai agak lunak (direndam sekitar 20 menit), kacang hijau yng telah lunak itu ditiris serta direndam dalam mangkok kecil yng berisi bubuk kapsul terafit yng dicairkan yang dengannya 1 sendok makan air matang serta biarkan selama 5 menit.
Burung yng sakit flu diberikan kacang hijau rendaman obat terafit serta pastikan setiap butir kacang hijau yang telah di sebutkan telah masuk ke dalam temboloknya , lantas sisa larutan terafit pula diberikan kepadanya sampai-sampai habis. Maksud dari pemberian kacang hijau serta air yng dicampur yang dengannya obat terafit merupakan menjadi makanan, minuman sekalian obat, lantaran semisal yng disebutkan sebelumnya bahwasanya burung perkutut yng terserang penyakit flu, tak mau makan serta minum.
Pada sore hari, burung perkutut yng sakit flu diberikan 2-3 potongan kecil bawang merah serta bawang putih, dan hidung serta badannya kita usapkan yang dengannya bawang merah yng telah ditumbuk halus agar bisa badannya menjadi Anget. Sesudah diberikan bawang, berikan juga 7 butir kacang hijau yng telah direndam air Anget tanpa obat terafit. Serta sangkarnya digantung di dalam rumah ataupun di teras rumah serta di dekatkan yang dengannya lampu agar bisa Anget.
Perlakuan semisal di atas di lakukan selama 3 hari berturut-turut, pada hari ke-4 sampai-sampai hari ke-7, pemberian obat terafit dihentikan, lantaran perkutut yng sakit flu telah membaik serta mampu makan - minum sendiri. Akan tetapi pada sore harinya masih butuh diberi bawang merah serta beberapa butir kacang hijau rendaman yang dengannya tujuan membantu proses pemulihan kebugaran atau kesehatan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penyakit saluran pernafasan, maka yng Perlu diperhatikan merupakan :
  1. Jaga kebersihan sangkar / sangkar dan tempat makan serta minum.
  2. Berikan makanan tambahan berupa ketan hitam serta tidak banyak godem pada musim hujan.
  3. Jangan hingga perkutut di kenai air hujan.
  4. Jangan memandikan perkutut pada tatkala cuaca tak mendukung.
  5. Berikan setiap minggu, beberapa potong kecil bawang merah serta bawang putih dan 5 s/d 7 butir kacang hijau yng telah direndam sampai-sampai lunak bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  6. Segera pisahkan perkutut yng sakit bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari menularnya penyakit.
Mudah-mudahan Cara perawatan serta pencegahan penyakit flu pada perkutut di atas bisa bermanfaat dalam merawat perkutut kesayangan. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/02/perawatan-perkutut-pada-musim-hujan.html.

Seputar Perawatan Perkutut Pada Musim Hujan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perawatan Perkutut Pada Musim Hujan