Cara Merawat Burung Murai Muda Hutan

- 11:21 AM

Cara Merawat Burung Murai Muda Hutan

 

Memelihara burung sejenis muray batu memanglah menjadi daya tarik serta tantangan serta pula kebanggaan sendiri bagi para penggemar burung kicauan berlebi andai burung muray yang telah di sebutkan berasal dari daerah sumatera ataupun aceh walaupun banyak sekali pula penggemar burung yng memelihara burung muray batu asal kalimantan ataupun daerah lain-lainnya . lantas bagaimana perawatan burung muray batu yng baru kita dapatkan dari hasil ombyokan ataupun masih muda hutan. disini akan kita bahas mengenai permasalahan dan cara memilih burung muray batu muda hutan yng mayoritas masih rentan stress serta rentan mati .
Tips memilih burung muray batu muda hutan photo : google.co.idJika kita kebetulan melihat di pasar pasar burung tidak sedikit ditawarkan burung burung muda hutan yang dengannya harga yng murah meriah. tentulah kita akan langsung tertarik membelinya yang dengannya cuma berpikiran ' ahh gampang , paling cuma ngelatih makan voer doang ' ,,namun kenyataannya sesudah beberapa hari burung muray batu bakalan kita terlihat terkapar di dasar kandangnya .
Merawat burung muray batu bakalan butuh ketelatenan kita supaya burung mampu terasa aman serta nyaman di tempat barunya.
Sewaktu memilih burung bakalan cobalah cari burung yng terlihat masih sehat , aktif bergerak serta matanya tajam memandang setiap gerakan tangan kita. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari membeli burung hasil pancingan sebaiknya dicoba yang dengannya memberikan seekor jangkrik pada burung yang telah di sebutkan serta perhatikan apakah jangkrik yang telah di sebutkan akan langsung ditelan yang dengannya tanpa terasa sakit ataupun cuma digigit di paruhnya. andai jangkrik langsung ditelan yang dengannya tak ada reaksi semisal kesakitan dari si burung maka mungkin besar burung yang telah di sebutkan bukanlah hasil pancingan.
Rawatan selama berada di rumah kita
Pertama kali burung muray bakalan datang ke rumah kita , maka hal pertama yng langsung kita lakukan merupakan memindahkannya ke sangkar yng agak luas biar burung terasa nyaman, serta lantas mulai memberikannya kerodong biar burung terasa aman. yang dengannya memberikan makanan berlebi dahulu berupa full keroto serta serangga lain-lainnya yng disimpan dalam cepuk terpisah selama satu ataupun dua hari serta sebaiknya jangan dulu diberi voer maupun dimandikan baik yang dengannya mandi karamba maupun di semprot. buatlah burung terasa tenang dahulu beberapa hari.
Seusai burung mulai terasa tenang serta terasa nyaman di sangkarnya yng baru barulah diberikan pelatihan makan voer yang dengannya tatacara mencampur voer yang dengannya kroto segar selama beberapa hari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalisir tingkat stress pada muray batu bakalan yng terkenal rentan stress meskipun sebetulnya burung ini merupakan salah satunya burung yng gampang menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan sekitarnya namun ada beberapa faktor yng bisa atau mampu membuat burung muray batu bakalan ini mengalami stress tingkat tinggi. Secara fisiologis perubahan-perubahan akibat stress pd burung berlangsung pd kelenjar adrenal ( hypertropi, kadar kolesterol menurun, sintesis kortikosteroid meningkat, kandungan asam askorbat menurun); darah (kolesterolemia, NPN meningkat, Ca++ meningkat, rasio Na++ serta K+ berganti, kortikosteroid meningkat, glukosa meningkat, heteropilia, limfopenia) & jaringan limfoid (involusi bursa fabricius, involusi thymus, level antibodi menurun) (Siegel, 1971; Freeman, 1967; Ringer, 1976). Akibat tak langsungnya pd stress berat akan memicu perilaku yang tdk normal, menurunnya nafsu makan, rentan penyakit & kematian.
Stress pada muray batu bakalan sendiri tidak sedikit dipengaruhi oleh faktor faktor yng secara langsung maupun tak langsung memberi pengaruh kondisi burung diantaranya merupakan :
Kelelahan lantaran perjalanan yang panjang, Kegaduhan oleh bunyi bunyi yng mengejutkan, Sirkulasi udara yng tak baik, Pergantian pakan, Kondisi air minum, perlakuan kasar, adanya orang yng tak dikenal dan suhu yng tinggi.
Beberapa faktor yng menjadi penyebab stress pada burung mb muda hutan merupakan :
KelelahanKelelahan akibat perjalanan yng jauh bisa memicu stress pada burung muray muda hutan, dan penempatan burung ini dalam sangkar kecil sewaktu membawanya dari pasar burung berlebi andai mempergunakan kantong semen / besek mampu membuat burung ini cepat drop.
Bising / Gaduh serta bunyi - bunyi ribut lainnyaSuara yng gaduh serta bising semisal bunyi petasan, musik yng disetel keras-keras serta bunyi bunyi bising lain-lainnya akan memicu stress pada burung MB muda hutan.
Sirkulasi udaraSirkulasi udara yng tak baik disekitar tempat kita mengantangkan sangkar mampu berakibat udara dalam sangkar berbau amoniak serta itu mampu berakibat fatal bagi MB.
Pergantian pakanSecara umum burung akan mengalami stress beberapa waktu disaat pergantian pakan yng di lakukan secara drastis. Selain itu kuantitas serta kualitas pakan pula Amat menentukan terjadinya stress pd MB MH.
Kondisi air minumanKondisi air minum yang kotor ataupun terkontaminasi bahan lain yang rawan dpt menimbulkan terjadinya stress pd MB MH
Perlakuan kasarPerlakuan yang kasar mampu memicu MB MH kamu stress. Perlakuan kasar dimaksud semisal menangkap MB MH, memukul/menendang sangkar, berjalan dgn terburu-buru tatkala membawa sangkar, sangkar yang jatuh, sengaja tak memberikan pakan & minum, dipaksa mandi dg sprayer, dll.
Suhu yng tinggiSuhu lingkungan yang terlalu tinggi dpt memicu stress panas pd MB MH (heat stress). Pd tatkala mengalami stress panas tingkat pernafasan meningkat, burung mengalami hyperthermia yang akan memicu kasus panting (terengah-engah). Stress panas dpt memicu perubahan konsumsi pakan & minum. Pd kondisi suhu lingkungan yang tinggi burung cenderung mengkonsumsi air yang tidak sedikit namun tidak banyak makan.
Langkah PerawatanLangkah perawatan sekalian pencegahan stress pada burung muray batu bakalan muda hutan merupakan yang dengannya tatacara menghindari tindakan tindakan yng semisal dalam situasi serta kondisi diatas tadi.
Gantung sangkar muray batu bakalan di tempat yng tenang ( disendirikan dahulu ), tak Suka orang yng lewat, jauh dari bunyi bunyi bising ataupun yng mampu mengejutkan si burung, memiliki sirkulasi udara yng baik yang dengannya suhu yng tak terlalu panas ( diatas 26 derajat C semisal halnya dibawah atap seng ).
Pada awal tiba di rumah mampu genakan krodong dulu selama lebih tidak lebih 1minggu. Berikan multivitamin pada air minumnya serta bila dirasa butuh berikan pula antibiotik menjadi langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk antisipasi, lantaran kita sendiri tak tahu kondisi kebugaran atau kesehatan muray batu kita yng sebetulnya sewaktu kita beli. Rubah air minum & bersihkan tempatnya dari endapan vitamin sehari-hari.
Jangan terburu2 utk mengenalkan burung muray batu bakalan muda hutan yang dengannya lingkungan yang ramai. Hasil nya burung bukannya menjadi jinak namun bahkan menjadikan kemampuan adaptasinya menjadi lambat serta yng lebih parah tingkat stressnya mampu menjadi makin tinggi.
Tak butuh terburu buru langsung mengajari burung muray batu bakalan mau makan voer, berikan saja dahulu makanan alaminya semisal jangkrik, kroto, belalang, Ulat hongkong, Ulat bambu serta pula yng lainnnya.
Andai dibutuhkan jemurlah burung muray batu muda hutan bakalan sebentar saja pada pagi hari. Jangan tergesa gesa memandikan / memberikan obat kutu andai diketahui bahwasanya burung muray batu hutannya terindikasi di kenai kutu.
Pada intinya perawatan yng sebetulnya merupakan sabar menunggu sampai-sampai tingkat stress yng tinggi pada burung muda hutan bakalannya hilang, hal ini mampu terlihat dari burung yng akan lebih lincah, aktif, lebih tenang serta terlihat sorot matanya yng bersih serta umumnya Suka disertaai yang dengannya bunyi yng keluar baik itu ngeriwik maupun ngeplong.
Mandi bagi burung muray batu bakalan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi bagi burung muray batu bakalan muda hutan sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. andai memanglah si burung lebih senang mandi dicepuk minumnya maka berikanlah wadah khusus mandi yng dimasukan kedalam kandangnya. ataupun mampu pula diajari yang dengannya mandi di dalam karamba mandinya sesudah berlebi dahulu dipancing keluar sangkar yang dengannya mempergunakan jangkrik. kalau memanglah burung tak mau mandi biarkan saja tak usah disemprot yang dengannya sprayer sampai-sampai basah kuyup cukup disemprot halus saja cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk memancing si burung agfar mau mandi didalam bak mandinya.
Pemilihan sangkaruntuk burung MB muda hutan sebaiknya dipilih sangkar yng tak terlalu besar, hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk melatihnya keluar masuk karamba bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi.
PenjinakanTaruh sangkar di lantai setiap kita memberikan pakan/EF. Andai burung mulai tenang mulailah kenalkan dg keramaian secara bertahap. Gantang dari jauh dulu sembari setiap beberapa hari didekatkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jinak total sebetulnya kecil sekali kemungkinannya, namun setidaknya burung muray batu bakalan mampu cepat menyesuaikan diri serta mentoleransi keramaian.
PenjemuranPenjemuran pada burung muray baru muda hutan mampu di lakukan selama tidak lebih lebih 30 menit, serta jangan hingga siburung mengalami heat stress ataupun mangap-mangap.
Sangkar umbaranPenting bagi atau bisa juga dikatakan untuk selalu melindungi kondisi burung muray batu supaya selalu sehat, lincah serta aktif yakni yang dengannya memasukannya kedalam sangkar umbaran setidaknya satu minggu sekali selama 1/2 hari ataupun lebih. serta Perlu diperhatikan juga didalam sangkar umbaran sebaiknya tangkringan cuma diberikan dua buah saja yang dengannya jarak yng berjauhan hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguatkan otot otot sayap supaya burung lebih tidak sedikit bergerak serta terlihat lebih lincah serta sehat.
Semoga yang dengannya perawatan yng teratur serta perlakuan yng halu terhadap burung muray batu yng masih muda hutan ini akan memberikan timbal balik bagi kita yakni si burung akan mulai berani ngeriwik serta mampu dilanjut ke pemasteran hingga siburung menjadi ngeplong. demikian metode perawatan burung muray batu muda hutan ini akan tetapi alangkah lebih baiknya andai kita memelihara burung muray batu muda bakalan ini dari hasil penangkaran, selain telah teruji mentalnya pula lebih cepat ngeplong/bunyinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/03/cara-merawat-burung-murai-muda-hutan.html.

Seputar Cara Merawat Burung Murai Muda Hutan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Merawat Burung Murai Muda Hutan