Pentet Manja .. Ini Solusinya

- 7:06 AM

Pentet Manja .. Ini Solusinya

 
Memelihara pentet yng masih berusia muda memanglah mampu memiliki kandungan resiko semisal stress ataupun jengkel, akan tetapi jangan panik dulu, lantaran resiko yang telah di sebutkan bukan dialami oleh burungnya kok, akan tetapi bahkan akan dialami oleh pemiliknya akibat burung cendet mudanya yng mendadak berganti perilaku , dari yng umumnya tenang menjadi miyik ataupun manja yang dengannya bunyi khasnya yng Amat menjengkelkan yakni " ngik..ngik ",, hehehe ( maaf sekedar pengalaman pribadi penulis saja kok ).
Secara umum dalam usia 8 bulan keatas sifat manja yang telah di sebutkan telah hilang serta karakter pentetpun menjadi burung dewasa yng tampak terlihat tenang, namun dalam beberapa kasus sifat manja ataupun miyik yang telah di sebutkan kadang mampu sewaktu-waktu muncul kembali walau pentet berusia lebih dari 8 bulanan.
Adapun beberapa faktor manja dari burung pentet berlangsung lantaran beberapa penyebab diantaranya :
  • Pola makan yng tak teratur ataupun tidak lebih dari segi kandungan nutrisi serta protein hewani yng dibutuhkan oleh burung sekelas pentet,
  • Pentet merupakan hewan predator, paruhnya yng bercagak gunanya merupakan merobek daging mangsanya semisal kadal, burung kecil serta ikan kecil. jadi andai pakan hariannya cuma mengandalkan makanan kering semisal voer dan jangkrik beberapa ekor saja setiap harinya, maka keseringan bagi atau bisa juga dikatakan untuk miyik ataupun manja itu akan muncul sewaktu orang-orang butuh protein yng lebih.

Tidak sedikit yng beranggapan bahwasanya pentet mampu menjadi bresifat manja andai terlalu Suka diberi pakan misalnya jangkrik langsung dari tangan kita, sebetulnya hal yang telah di sebutkan mampu saja memanglah demikian sebabnya, akan tetapi faktor penentu yng membuat pentet menjadi cepat manja merupakan lantaran orang-orang kekurangan nutrisi serta terasa tidak lebih tercukupi protein hewaninya, kalau tak yakin cobalah berikan jangkrik pada pentet yng manja yang telah di sebutkan, pasti tak akan selesai walau telah diberi beberapa puluh jangkrik sekalipun, pentet akan Amat rakus andai orang-orang terasa kekurangan nutrisi.
Usia pentet yng masih muda pula menjadi satu dari sekian banyaknya keseringan pentet mempunyai sifat manja yang telah di sebutkan, berlebi andai burung yang telah di sebutkan didapat dari anakan.
Mengatasi Masalah pentet yng manja
Mengatasi masalah burung pentet yng mempunyai sifat manja ini manjadi sebuah tantangan bagi pemiliknya. beberapa tips mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi pentet yng manja ini misalnya yang dengannya :
  • Memberikan terapi kejut,
  • Memberikan full kerodong,
  • Menggantung di tempat yng sepi,
  • Membuatnya menjadi liar/giras,
  • Mengembalikan mental predatornya.

Memberikan terapi kejut
Memberikan terapi kejut disini merupakan yang dengannya tips memberikan sebuah terapi yng bisa atau mampu memberikan syok pada burung pentet bahwasanya tindakan yng dilakukannya merupakan dilarang , serta dalam hal ini tidak sedikit metode yng diberikan misalnya :
  • Memberikan mandi guyur sampai-sampai basah kuyup.
  • Memberikan makan burung yang dengannya kenyang.
  • Menggebrak sangkar ataupun memukul burung sampai-sampai ketakutan.
  • serta tips yng paling halus serta direkomendasikan merupakan memberikan semprotan air dingin.
  • Tatacara yang terakhir itulah yng layak diberlakukan andai kita ingin pentet kita kembali bersifat normal.

Terapi yng akan kita lakukan merupakan mempergunakan sprayer yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyemprot burung mandi. Sebelum dipakai sprayer yang telah di sebutkan di isi dahulu yang dengannya air dingin.
  1. Begitu melihat kita serta burung langsung turun serta berbunyi ngek-ngek semisal halnya piyikan sembari mengepakan sayapnya, pada tatkala itulah kita berikan semprotan air dingin yang telah di sebutkan pada badannya.
  2. lakukan setiap kali kita berjumpa yang dengannya pentet yang telah di sebutkan serta pada tatkala pentet mulai bertingkah, supaya burung paham mengapa ia hingga disemprot.
  3. Dalam beberapa hari pentet akan mulai terasa syok, begitu melihat kita tanpa memegang sprayer maka ia akan berupaya manja, akan tetapi begitu kita tunjukan sprayer ia langsung mengkerut, membulatkan bulu-bulunya sambl menunduk ketakutan. itu berguna burung telah mengalami syok terhadap sprayer yng kita pegang.
  4. Seusai beberapa hari metode " Penyiksaan" yang telah di sebutkan di lakukan, tatkala nya mengembalikan mental burung yang dengannya tips memberikan full kerodong selama beberapa hari serta disimpan di tempat yng sepi.
  5. Seusai pentet dirasa telah mulai tak ataupun jarang menunjukkan sifat manjanya lagi, maka saatnya membuka kerodong serta menggantung ditempat umumnya.
  6. Pada waktu itulah burung pentet mampu diberikan jatah burung kecil semisal emprit hidup yng dimasukan dalam kandangnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memunculkan sifat liarnya dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan kepercayaan dirinya, andai kamu tak tega mampu menggantinya yang dengannya kadal kecil ataupun orong-orong.

Perawatan harian mencegah pentet kembali manja
Pola perawatan teratur dan kedisiplinan dari pemiliknya mampu mencegah sifat manja pentet muncul kembali, dalam hal ini pemberian nutrisi yng lengkap dan vitamin pendukung akan bisa atau mampu membuat burung terasa tercukupi kebutuhan nutrisinya menjadikan ia tak akan merengek-rengek lagi kepada kamu.
  • Berikan pakan Ekstra Fooding (EF) yng bervariasi, misalnya jangkrik, belalang, kadal/orong-orong, ikan kecil, daging mentah, dsb
  • Mandi di lakukan sehari-hari pada pagi hari serta seusai itu burung diangin-anginkan lantas dijemur selama dua sampai-sampai tiga jam.
  • Berikan tambahan multivitamin semisal BirdVit ataupun BirdMineral bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu pentet dalam kebutuhan nutrisinya, harap diingat saja bahwasanya pakan yng diberikan selama ini masih dianggap tidak lebih dari segi kebutuhan nutrisi serta protein yng dibutuhkan oleh burung sekelas pentet, menjadikan yang dengannya memberikan tambahan vitamin serta mineral mengurangi resiko burung kembali bersifat manja.

Itulah bagaimana tips kita mengatasi burung pentet ataupun cendet yng mempunyai perilaku miyik ataupun manja, versi agrobur.com.
Mudah-mudahan memberikan manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/12/pentet-manja-ini-solusinya.html.

Seputar Pentet Manja .. Ini Solusinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pentet Manja .. Ini Solusinya