Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari

- 2:19 AM

Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari

 
Oleh Bunyi Burung Juara Wednesday, March 5, 2014 Burung pemakan bijian semisal kenari Amat butuh grit, Grit merupakan sumber kalsium yng penting bagi burung kenari. Grit batu kapur (limestone) ini akan larut dalam asam lemah serta disaat burung memakannya akan tersangkut dalam tembolok di mana akan “dicuci” yang dengannya asam lambung lantas akan hancur serta larut. Grit ini adalah hal yng penting khususnya bagi para peternak kenari lantaran bisa menghindari adanya telur yng tak normal.
Anakan kenari pada waktu keluar dari telur bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya Amat butuh kalsium, magnesium karbonat serta fosfat bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tulang, bulu serta darah. Andai anak kenari kekurangan zat yng terdapat pada grit umumnya akan mempunyai cacat kaki ataupun kukunya. Oleh lantaran itu Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perawatan burung yng optimal.
fungsi-grit-untuk-kenari

Pentingnya Pemberian Grit Untuk Kenari

Tidak sedikit penggemar burung kenari yng mengesampingkan pemberian grit bagi atau bisa juga dikatakan untuk makanannya. Secara Biologi burung berjenis finch (pemakan biji) andai dalam keadaan liar akan selalu mencari serta memakan grit sehari-hari. Kebiasaan ini adalah bawaan naluri burung jenis ini.
Para penggemar burung kenari di banyak sekali negara semisal Inggris, Perancis, Spanyol, Belanda serta negara eropa lain-lainnya selalu memberikan grit pada wadah kecil. Pasalnya burung berjenis finch dalam meremukan biji-bijian yakni melalui grit yng dimakan serta akan bersarang di ampela, melalui ampela yng telah ada grit maka biji-bijian akan diremukan. Sedangkan grit sendiri akan hancur yang dengannya segera menjadi semisal pasir halus, ataupun andai grit yng dikonsumsi memiliki sifat larut semisal batu kapur, maka akan larut dalam ampela serta asam lambung serta secara otomatis pula akan memberikan kalsium bagi atau bisa juga dikatakan untuk telur serta tulang. Akan tetapi bila gritnya tak larut, semisal batu granit serta kwarsa maka akan keluar bersama kotorannya.
Andai burung jenis finch semisal kenari di lakukan pembedahan maka kita bisa melihat adanya grit didalam ampelanya. Dari banyak sekali percobaan memperlihatkan bahwasanya bila burung kenari tak diberi makan grit selama sekitar 2 minggu, lantas kita melepaskan burung ke sangkar besar yng beralaskan tanah. Burung yang telah di sebutkan akan segera mencari grit di tanah.
Dalam buku Stroud’s Digest on the Diseases of Birds dijelaskan hubungan grit dalam ampela yang dengannya pencernaan, “Ampela berukuran besar, bulat, organ yang berotot terletak di sebelah kiri atas rongga perut. Rongga bagian dalam mempunyai dua tingkat yang permukaannya saling berhadapan yang dilapisi dengan lapisan yang keras dan berombak-ombak. Dengan gerakan berputar pelan dan permukaannya saling bersinggungan, tempat ini dijadikan ruangan pemecah biji, dijalankan oleh otot yang kuat bertenaga yang dibuat alam. Dan dibantu oleh asam lambung membuat bijian atau apa yang di dalamnya menjadi lebih lunak, membuat bijian yang keras menjadi lunak.”
Begitu pula pendapat dari buku Cage Bird Handbook yng ditulis oleh Bernard Poe menyebutkan “Perut burung pemakan bijian tidaklah terlalu berotot dan kuat tetapi lebih menyerupai ampela berotot dan berdinding tebal. Dinding ototnya tersusun dalam dua pentolan yang berhadapan yang berkontraksi dengan kuat, menghancurkan makanan menjadi lunak, dibantu dengan aksi batu-batuan kecil yang ditelan burung. Dalam waktu yang singkat batu ini menjadi bundar dan menjadi lebih kecil lagi dan menuju ke celah kecil di bagian bawah, menuju ke perut dan akhirnya keluar bersama kotoran.” sumber KicauMania
Dari kesimpulan diatas bahwasanya burung pemakan bijian memerlukan bantuan berupa grit bagi atau bisa juga dikatakan untuk meremukan biji lantaran burung semisal kenari taklah memiliki system pencernaan semisal burung mamalia lain-lainnya. Itulah manfaat pentingnya grit bagi kenari, silahkan lihat pula tulisan atau artikel Tatacara Perawatan Kenari Yng Baik. Tag : Tulisan atau artikel Burung, Finch, Kenari, Makanan Burung, Perawatan

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2014/03/pentingnya-grit-untuk-burung-kenari.html.

Seputar Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pentingnya Grit Untuk Burung Kenari