Mengenali Hwamei Cina Dan Taiwan

- 2:17 AM

Mengenali Hwamei Cina Dan Taiwan

 
Membahas burung yng satu ini memanglah tak akan ada habisnya, menjadi burung yng melegenda tak cuma di indonesia akan tetapi pula di sekeliling negara-negara asia tenggara , keberadaannya yng makin langka dipasaran makin membuat tidak sedikit penggemar burung ini yng mencari dan penasaran yang dengannya suaranya yng khas. Walau burung hwamei ini statusnya masih LC ataupun Least Concern, dan dinegara asalnya pun burung ini masih tidak sedikit didapati, akan tetapi burung ini memanglah telah Amat jarang didapati dipasaran dan bukan cuma di indonesia saja akan tetapi pula di negara-negara tetangga kita di daerah asia tenggara, malah beberapa negara telah memberlakukan lisensi khusus andai ingin memelihara burung hwamei ini.
Burung hwamei ataupun wambie ini memanglah menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara selain suaranya yng melengking tajam, karakternya yng fighter inipun kerap dilombakan sebgai burung aduan di negara asalnya.
Video burung hwamei yng diacukan di china

Hwamei yng kita kenal merupakan burung yng berasal dari negara china yang dengannya nama Chinese Hwamei ataupun Melodius lughingthrush ( Garullax canorus). Nama hwamei sendiri diambil dari bahasa china " hua-mei" yng berguna " Alis yang dicat" , mengacu pada warna putih yng melingkar pada bagian matanya.
Hwamei ini sendiri terdiri dari dua subspesis yakni
  • Garullax canorus canorus yng adalah burung asli yng berhabitat di daratan asia.
  • Garullac canorus owstoni yng berhabitat di kepulauan Hainan china.
sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk hwamei taiwan ( Leucodioptron taewanum) sebelumnya pernah dimasukan dalam subspesis dari hwamei china ini, namun pada akhirnya dijauhkan menjadi spesis tersendiri. yng membedakan hwamei china yang dengannya hwami taiwan merupakan alis putihnya dimana hwami taiwan ini tak mempunyai alis yng berwarna putih.
HWAMEI TAIWAN

HWAMEI CHINA
Dalam perkembangannya di china ataupun taiwan, penggemar burung ini tidak sedikit juuga yng berupaya menangkarkan kedua jenis burung ini supaya mampu menghasilkan keturunan hybrid dan pada akhirnya jenis burung ini dia yng tidak sedikit dipasarkan di pasar-pasar asia.
Karakter burung hwamei
Karakter dari hwamey yng terlihat tenang ini sebetulnya merupakan burung petarung, yng mana dalam setiap pertarungannya tak jarang akan berlangsung hingga satu dari sekian banyaknya ada yng cedera, parah maupun mati. oleh lantaran keunikannya itulah burung ini kerap dilombakan menjadi burung petarung ataupun burung aduan.
Burung hwamei adalah burung monogamus yng pengertiannya ia cuma akan berkembang biak yang dengannya satu betina saja berlebi pada bulan-bulan april sampai-sampai july lantaran pada bulan-bulan tersebutlah masa berkembang biaknya burung yang telah di sebutkan.
Seusai berpasangan ia akan membangun sarangnya yng besar yng terbuat dari daun-daun bambu dan ranting-ranting pohon kering, yang dengannya mencari tempat bersarangnya di dalam rimbunan semak belukar maupun dibalik rimbunan pohon bambu yang dengannya ketinggian diatas 2 meter dari permukaan tanah.
Burung huamei betina akan bertelur sebanyk tiga sampai-sampai lima butir telur yng berwarna biru kehijauan yng akan dieraminya selama 15 hari, seusai menetas indukan jantan ataupun betina sama-sama merawat dan memberikan makan anak-anaknya sampai-sampai berusia 13 hari. Dalam satu tahun, burung hwamei sanggup berkembang biak selama dua kali saja.
Makanan utama huamei merupakan serangga dan buah-buahan, perawatan hariannya pun tak jauh berbeda yang dengannya perawatan burung kacer, yang dengannya memberikan makanan tambahan semisal jangkrik dan ulat hongkong sehari-hari secukupnya dan pemberian buah-buahan yng bervariasi semisal pisang dan pepaya akan bisa atau mampu membuat burung ini berkicau lebih lantang dan nyaring.
Burung ini pula Amat menyukai mandi lebih-lebih di dalam wadah air minumnya, oleh lantaran itulah ketersediaan air bersih Perlu selalu diperhatikan, lantaran wadah air minumnya akan cepat kotor dan habis lantaran Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi. Dasarnya memang burung hwamei ini adalah burung yng Amat liar, oleh lantaran itulah tak jarang tidak sedikit burung-burung ini yng masih dalam kondisi giras ataupun jinak lalat, kalau yng tidak sedikit didapati saat ini merupakan burung hwamei yng rata-rata telah jinak, lantaran emang umur orang-orang yng telah tua dan telah mempunyai mental yng tak takut lagi yang dengannya kita-kita.
Banyak sekali pula pemilik burung ini yng berterus terang burungnya rada giras menjadikan membuat paruhnya menjadi bengkok, dan ada satu tips bagaimana membuat burung huamei menjadi cepat jinak merupakan yang dengannya mencarikannya pasangannya. dan sangkar yng dipakai pun ada baiknya mempergunakan sangkar bulat yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung anis merah, cuma saja yang dengannya ukuran yng lebih besar. kalau dahulu sangkar bulat itu dikenal yang dengannya sebutan sangkar wambi.
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2013/03/mengenali-hwamei-cina-dan-taiwan.html.

Seputar Mengenali Hwamei Cina Dan Taiwan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenali Hwamei Cina Dan Taiwan