10 Jenis Burung Tak Boleh Dibawa Ke Luar Aceh

- 11:24 AM

10 Jenis Burung Tak Boleh Dibawa Ke Luar Aceh

 
10 Jenis Burung tak Boleh Dibawa ke Luar AcehPemerintah Aceh menetapkan 10 jenis burung dalam daftar satwa yng tak boleh diburu serta tak boleh dibawa ke luar daerah. Hal itu tertuang dalam Instruksi Gubernur Aceh Nomor 8 tahun 2011, Ihwal Moratorium Perburuan serta Peredaran Burung ke Luar Aceh.
“Ini bertujuan untuk menjamin kelestarian populasi burung dari kepunahan yang terjadi di wilayah Aceh,” kata Kepala Urusan Pengamanan serta Pengawetan Keanekaragaman Hayati, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Andi Aswinsyah, kepada Serambi, Selasa (4/6).
Ke-10 burung yang telah di sebutkan merupakan, cucak rowo (Pycnonotus zeylanicus), beo aceh (Gracula religiosa), kutilang (Pycnonotus aurigaster), Kepodang (Oriolus chinensis), jalak kerbau (Acridotheres javanicus), murai batu (Copsychus malabaricus), kacer (Copsychus saularis), cica daun (Chloropis cochinchinensis), pipit peking (Lonchura punctulata), serta jalak suren (Sturnus contra).
Andi menjelaskan, ke-10 jenis burung itu adalah jenis yng paling diminati warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipelihara. Lantaran itu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindunginya dari kepunahan akibat perburuan, Pemerintah Aceh menerbitkan Pergub moratorium perburun burung-burung yang telah di sebutkan.
“Burung yang dapat keluar dari Aceh merupakan burung penangkaran, yaitu melalui perkembangbiakan. Burung hasil penangkaran ini dibolehkan keluar setelah mendapat rekomendasi dari instansi terkait, misalnya untuk mengikuti kontes burung,” terperinci Andi Aswinsyah.
Kerabat murai batu, yakni cempala kuneng (Trichixos pyrropygus), pula masuk dalam daftar burung dilindungi yng tak boleh diburu. Burung ini ditetapkan menjadi maskot fauna identitas Aceh.
“Perburuan burung cempala kuneng telah dilarang pemerintah Aceh sejak beberapa tahun silam,” kata Amon Damora, kepada Serambi, Selasa (4/6) kemarin.
Ia menjelaskan, burung jenis ini disukai lantaran bunyi kicauan yng menarik, terdiri dari siulan merdu, nada tunggal serta nada ganda, meningkat serta menurun bergantian secara tak tetap.DISARIKAN DARI BERIT DI http://aceh.tribunnews.com/

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/10-jenis-burung-tak-boleh-dibawa-ke.html.

Seputar 10 Jenis Burung Tak Boleh Dibawa Ke Luar Aceh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 10 Jenis Burung Tak Boleh Dibawa Ke Luar Aceh