Penyebab Burung Tidak Mau Jinak, Meski Sudah Dirawat Sejak Lama

- 2:36 AM

Penyebab Burung Tidak Mau Jinak, Meski Sudah Dirawat Sejak Lama

 
Menjinakan burung seharusnya sudah bukan lagi menjadi pertanyaan tidak sedikit kicau mania lantaran tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk ini sudah tidak sedikit diulas tuntas di seluruh media salah satunya di agrobur.com, akan tetapi faktanya diluar dugaan masalah ini tetap menjadi pertanyaan yng klasik dari sebagian besar penggemar burung kicauan di Indonesia , berlebi orang-orang yng mempunyai masalah burung peliharaannya yng tetap tidak mau jinak meski sudah dirawat selama berbulan-bulan malah mencapai setahun.
Sebelum berlanjut pada pokok permasalahan, ada baiknya kita memperhatikan beberapa kondisi psikologis dari burung yang telah di sebutkan, misalnya:
  • Burung yng didapatkan dari tangkapan hutan, ataupun burung bakalan yng baru dibeli dari pasar burung. Tidak sedikit penggemar burung yng langsung memandikan serta menggantungnya di tempat yng ramai yang dengannya akitivitas ataupun lalu-lalang kita-kita. Padahal hal itu bahkan tidak memberikan dampak yng tidak baik bagi burung yang telah di sebutkan, alih-alih tambah jinak, burung bahkan akan bertambah liar. Lantaran itu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung bakalan yng baru kamu dapatkan, sebaiknya burung yang telah di sebutkan dikarantina dahulu di tempat yng tenang supaya mampu menyesuaikan diri selama beberapa hari.

Andai burung bakalan dalam satu hari perawatan langsung diberi terapi penjinakan, misalnya dimandikan yang dengannya basah serta diletakan di tempat yng ramai, maka yng ada adrenalin orang-orang akan selalu meningkat, yng menghasilkan orang-orang akan terasa tidak tenang serta selalu bersifat curiga dan waspada, gerakan dikit saja dari kita orang-orang langsung pontang-panting didalam sangkarnya. Andai beberapa hari burung terus dipaksakan di tempat ramai yng membuat adrenalin orang-orang selalu naik, maka sudah mampu dipastikan proses penjinakan akan mengalami kegagalan ataupun mampu berlangsung lebih lama dari yng umumnya.
Itulah sebabnya kenapa masih tidak sedikit pengemar burung yng berterus terang burungnya tetap tidak mau jinak meski sudah dirawat selama berbulan-bulan ataupun tahunan .
Maka metode berikut mampu kamu coba menjadi pengganti dari proses penjinakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung yng lama tidak mau jinak.
Proses pendekatan melalui ucapan
Pada tahap ini, kita tidak butuh menggantung burung di tempat yng ramai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari orang-orang menjadi liar kembali, cukup ditempat yng tenang saja supaya proses penjinakan ini mampu berjalan yang dengannya cepat.
Proses pendekatan mampu di lakukan serta sebaiknya memanglah Perlu di lakukan menjadi pengganti dalam proses penjinakan burung yng masih liar ini, pendekatan yang telah di sebutkan mampu saja berupa obrolan santai, sapaan maupun panggilan akrab terhadap burung yng akan kamu jinakan yang telah di sebutkan.
Burung semisal halnya mahluk hidup semisal kucing, anjing malah kuda, orang-orang mempunyai naluri serta insting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanggapi perkataan dari kita-kita salah satunya panggilan serta sapaan yang dengannya demikian kita akan berupaya mengambil kepercayaan orang-orang yang dengannya mempergunakan teknik pendekatan melalui kata-kata, misalnya andai kita mau memberikan makan burung , ucapkan salam lantas sembari ajak bicara burung yang telah di sebutkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tenang dalam kata-kata yng lembut , lakukan yang dengannya rutin setiap kali kita melakukan aktivitas perawatan misalnya memandikan orang-orang, membersihkan kandangnya ataupun sembari memberikan pakan serangga semisal jangkrik.
Sebetulnya metode ini cukup efektif lantaran terbukti tidak sedikit di lakukan oleh tidak sedikit penggemar burung di seluruh dunia, akan tetapi bagi kita mayoritas penggemar burung di Indonesia tampaknya hal yang telah di sebutkan adalah suatu hal yng berhubungan yang dengannya gengsi ataupun sungkan andai terlihat oleh orang lain tengah berbincang-bincang yang dengannya burung peliharaan kita, menjadikan kita lebih Suka bersiul dihadapan burung peliharaan dibanding berbicara bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan pendekatan.
Mandi yang dengannya tips dipegang
Pengganti lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjinakan burung yng masih liar serta tidak mau jinak merupakan memandikan burung yang telah di sebutkan yang dengannya tips dipegang, semisal yng biasa di lakukan oleh orang tua-orang tua kita yng berupaya menjinakan burung perkutut maupun ayam jago kesayangannya.
Mandi yang dengannya tips dipegang pula salah satunya satu dari sekian banyaknya metode yng kesempatan keberhasilannya lebih besar dibanding mandi yang dengannya tips disemprot sampai-sampai basah kuyup. Pegang burung yang dengannya tips yng tepat, lantas genakan bak mandi ataupun baskom air bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukan sebagian tubuh burung ( yang dengannya kepala di atas ! ) kedalam wadah air yang telah di sebutkan lantas diangkat serta diusap merata yang dengannya tangan kita. Pada burung paruh bengkok semisal lovebird, parkit serta nuri mandi yang dengannya tips ini mampu langsung membuat orang-orang jinak dalam beberapa kali perlakuan.
Pada burung cucak hijau, kacer ataupun burung kicauan lain, pertama kali diberikan terapi yang telah di sebutkan burung akan terasa kaget serta tidak banyak stress menjadikan mengurangi intensitas kicauannya, namun andai di lakukan secara rutin misalnya dua kali sehari, maka burung akan mulai menganggap hal yang telah di sebutkan menjadi bagian dari perlakuan normal serta pula burung akan mulai menganggap tindakan yang telah di sebutkan menjadi hukuman yng secara perlahan burung akan mulai memberikan perubahan sikap ( melunak ) terhadap kita dalam waktu beberap hari.
Sesudah burung dimandikan yang dengannya tips yang telah di sebutkan , segera berikan makanan kesukaannya supaya burung menganggap bahwasanya proses yang telah di sebutkan berakhir yang dengannya menyenangkan lantaran mampu mendapatakan makanan yng segar serta lezat.
Beberapa burung kicauan semisal wambi ataupun burung jenis lain-lainnya yng mempunyai sifat liar ataupun sulit jinak, diluar dugaan mampu ditaklukan yang dengannya menghadirkan pasangannya ataupun burung sejenis yng berbeda jenis kelamin.
Penjinakan ini umumnya di lakukan yang dengannya tips memandikan burung sampai-sampai basah kuyup lantas ditempel yang dengannya burung betina yng sudah jinak ( sukur - sukur burung betina yang telah di sebutkan sudah jinak total ) , selama ditempel burung yang telah di sebutkan diberikan terapi penjinakan misalnya memberikan serangga yang dengannya tangan yng sebelumnya dicontohkan pada burung betinanya, ataupun sembari mempermainkan burung betina ( misalnya menyuruh burung betina mematuki tangan kita ) kita memberikan pengertian pada burung jantan yang telah di sebutkan bahwasanya kita bukan sesuatu yng Perlu ditakutkan.
Yang dengannya melakukan hal yang telah di sebutkan secara rutin, dalam waktu yng tidak terlalu lama, burung yng sulit jinaknya yang telah di sebutkan akan cepat menjadi jinak. serta selanjutnya mampu kamu berikan lagi tahap selanjutnya yakni penjinakan total andai dimau-kan.
Itulah hal-hal yng menjadi penyebab burung tidak mau jinak dalam waktu yng cukup lama.
Mudah-mudahan mampu memberikan manfaat Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/07/penyebab-burung-tidak-mau-jinak-meski.html.

Seputar Penyebab Burung Tidak Mau Jinak, Meski Sudah Dirawat Sejak Lama

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penyebab Burung Tidak Mau Jinak, Meski Sudah Dirawat Sejak Lama