Jenis Dan Cara Merawat Kelinci Peliharaan

- 9:33 PM

Jenis Dan Cara Merawat Kelinci Peliharaan

 
Oleh Bunyi Burung Juara Thursday, January 15, 2015 Kelinci, seluruh pasti telah tahu yang dengannya hewan yng identik yang dengannya pendengaran panjang ini. Kelinci ataupun biasa disebut yang dengannya rabbits ini pula menjadi satu dari sekian banyaknya binatang peliharaan yng mempunyai tidak sedikit penggemar. Selain lantaran bentuk dan tingkahnya gokil, tatacara merawat kelinci pula tergolong gampang.
Sebelum membahas tatacara merawat kelinci, ada baiknya kita ketahui berlebi dahulu jenis-jenis kelinci yng biasa di jadikan hewan peliharaan. Ada dua tipe jenis kelinci semisal bersumber dari gopetsamerica yakni small/kecil dan medium. Berikut jenis-jenis kelinci peliharaan dan gambarnya.

Kelinci / Rabbits tipe small/kecil


1. American Fuzzy Lop
jenis-kelinci-peliharaan-american-fuzzy-lop
Kelinci jenis ini mempunyai berat antara 1.4 sampai-sampai 1.8 kg dan bulu-bulu ditubuhnya panjang. Merawat rabbits american fuzzy lop memanglah agak tidak banyak sulit lantaran dibutuhkan perawatan yng ekstra lebih-lebih masalah diet.
2. Britannia Petite
kelinci-britannia-petite
Kelinci kecil yang dengannya berat tubuh tidak lebih dari 1.2 kg. Britannia petite mempunyai mata yng berwarna merah, pendengaran berdiri tegak dan bulu-bulunya Amat halus.
3. Himalayan
jenis-kelinci-himalayan
Berat tubuh dari kelinci Himalayan berkisar antara 1.3 hingga 2 kg. Jenis kelinci ini paling tidak sedikit dipelihara daripada jenis lain-lainnya. Rabbits himalayan pula menjadi peliharaan popular di China, Rusia, dan Amerika. Andai kamu ingin membeli kelinci menjadi hewan peliharaan, Himalayan Amat cocok lantaran mempunyai tubuh yng kecil, berkarakter tenang, indah, dan gampang menanganinya.
4. Holland Lop
kelinci-holland-lop
Jenis kelinci ini mempunyai kaki yng pendek dan kepalanya bulat. Pendengaran turun yang dengannya rapat, panjang pendengaran yng ideal merupakan tak lebih dari 2.5cm dari dagunya. Bobot tubuh Holland Lop antara 1.2 sampai-sampai 2 kg.
5. Jersey Wooly
kelinci-jersey-wooly
Bulu-bulu panjang pada kelinci jenis ini Amat indah, menjadikan butuh perawatan ekstra andai ingin memeliharanya.
6. Netherland Dwarf
kelinci-netherland-dwarf
Kelinci bertubuh kecil yang dengannya berat berkisar antara 1.2 kg ini Amat ideal bagi peliharaan anak-anak kecil lantaran adalah jenis kelinci yng paling gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijinakkan.
7. Mini Rex
kelinci-jenis-mini-rex
Kelinci yang dengannya bobot sekitar 2 kg ini mempunyai pendengaran panjang dan tegak. Bulu-bulu pada jenis kelinci ini berukuran pendek. Akan tetapi kelinci jenis ini rentan berlangsung penyakit pada kakinya, lantaran minimnya bulu pelindung di sekeliling kaki. Jadi tatacara merawat kelinci jenis ini pula Perlu ekstra hati-hati.

Kelinci tipe medium


1. English Angora
kelinci-english-angora_654201
Kelinci ini mempunyai bulu yng Amat lebat dan memiliki sifat yng gampang jinak dan Amat lembut. Bulu-bulu yng ideal dari kelinci English angora merupakan yng mengembang, tak gampang patah dan bulunya padat dan bulu pada bagian kaki membentuk semisal sepatu.
2. French Angora
kelinci-french-angora_654213
Tubuh dari kelinci French angora merupakan bulat dan panjang dan pendengaran berdiri tegak. Bagian wajah kelinci ini tak mempunyai bulu.
3. Californian
californian-rabbits_654215
Jenis kelinci ini adalah hasil silangan antara kelinci chincila, newzealand, dan Himalayan. Tubuh kelinci jenis ini panjang dan kuping berdiri tegak.
Sebetulnya masih tidak sedikit lagi jenis kelinci yang dengannya tipe medium semisal Belgian Hare, American Sable, Hotot, Harlequin, Lilac, Palomino, Rex, Rhinelander, Satin, Satin Angora, dan Silver Marten. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih detailnya kamu mampu lihat disini.

Cara tatacara merawat kelinci


  1. Kelinci Jangan terlalu lama terkenar sinar matahari secara langsung dan pula jangan hingga kehujanan. Tempatkan kelinci pada ruang yng suhunya sejuk, lantaran andai kelinci ditempatkan pada suhu yng terlalu panas bisa menghasilkan heat stroke dan tak produktif dan rentan terserang penyakit.
  2. Hindari penempatan sangkar kelinci dari terpaan angin secara langsung lantaran bisa menghasilkan perut kembung dan akhirnya mampu sakit mencret, malah andai segera ditangani mampu berujung pada kematian.
  3. Berikan makanan pellet khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk kelinci 2 kali sehari (porsi secukupnya saja) dan sediakan pula air bagi atau bisa juga dikatakan untuk minum. Selain itu berikan pula sayur-sayuran segar dan buah-buahan dan jangan tidak ingat hay (rumput kering, kamu mampu membelinya di petshop) Perlu selalu ada supaya gizinya tercukupi.
  4. Suka-seringlah diajak keluar bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain dan melompat-lompat bagi atau bisa juga dikatakan untuk melatih otot kelinci dan menghindari kegemukan.
  5. Andai kamu memelihara kelinci yng mempunyai bulu panjang, bersihkan selalu dan jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyisirnya. Potong bagian bulu yng telah gimbal lantaran di kenai kotoran ataupun air kecingnya.
  6. Bersihkan sangkar minimal 2 ataupun 3 hari sekali. Andai sangkar telah bau lantaran kotoran dan air kencing maka kelinci akan terasa mumet, nafsu makan berkurang, dan mampu menghasilkan kegelisahan.
  7. Sediakan mainan yng mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk digigit oleh kelinci, hal ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari tumbuh gigi yng tidak terartur.
  8. Berikan makanan tambahan ataupun cemilan. Akan tetapi hindari makanan yng terlalu manis lantaran bisa membuat pencernaan kelinci terganggu. Kamu mampu memberikan cemilan berupa apel.
  9. Hindari pemberian makanan kita-kita, semisal permen, susu, wafer coklat, dan lain-lain.
  10. Tatkala kamu ingin mengangkat kelinci, jangan angkat yang dengannya menarik bagian pendengaran maupun yang dengannya memegang perut bagian sedang. Angkat kelinci yang dengannya tatacara menyelipkan tangan kamu pada kedua kaki depan dan belakang, lantas tangan yng satunya memegang bagian pantat.
  11. Ajari anak-anak kamu tatacara mengangkat kelinci yng benar. Umumnya anak kecil selalu ingin menggendong kelinci yang dengannya tatacaranya sendiri.
Jenis dan tatacara merawat kelinci peliharaan diatas mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi kamu. Rawatlah binatang peliharaan kamu yang dengannya baik dan benar supaya tetap terjaga kesehatannya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis binatang peliharaan lain-lainnya silahkan lihat di Other Pets Tag : Kelinci, Other Pets

Sumber rujukan dan gambar : http://www.suaraburungs.com/2015/01/jenis-dan-cara-merawat-kelinci.html.

Seputar Jenis Dan Cara Merawat Kelinci Peliharaan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis Dan Cara Merawat Kelinci Peliharaan