Nasib Tragis Burung Pelatuk Bawang

- 12:30 PM

Nasib Tragis Burung Pelatuk Bawang

 
Burung Pelatuk bawang tidak sedikit dicari namun bukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dinikmati suaranya maupun dijadikan master buat burung muray namun nasib burung pelatuk ini lebih tragis dibanding burung-burung lain-lainnya yng dijadikan klangenan aau peliharaan, Burung pelatuk bawang ini dipercaya sarat akan khasiat mistik.

Burung bernama latin Dinopium javanense ini selain dipakai pelengkap sesaji hampir seluruh bagian tubuhnya dipercaya punya daya mistis. Menjadi semisal, selain menjadi obat kuat, pelatuk bawang pula mampu menjadikan seseorang menjadi orator serta ahli debat ulung.
Kepercayaan wacana khasiat mistik burung pelatuk ini yng membuat semakin hari pelatuk bawang (Dinopium javanense) menjadi burung langka yng terancam punah.
Burung pelatuk bawang merupakan burung anggota famili Pecidae yng mampu didapati mulai dari Bangladesh, Brunei, China, Kamboja, Filipina, Malaysia, Myanmar, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, serta Indonesia. Di Indonesia, burung ini utamanya bisa di jumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.
Pelatuk bawang jantan serta betina

Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal menjadi Common Flameback ataupun Common Goldenback. Di Indonesia serta Melayu burung pelatuk bawang dikenal pula menjadi burung jelatuk, belatuk pinang muda, serta Pelatuk besi. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin) burung ini dinamakan Dinopium javanense.
Burung sarat khasiat mistik ini berukuran tengah. Bulu sayap berwarna kuning, bulu leher berwarna hitam yang dengannya garis-garis berwarna putih. Burung jantan memiliki mahkota berwarna merah sedangkan mahkota burung pelatuk betina berwarna hitam.
Burung pelatuk bawang ini menyukai hutan daerah tropis serta subtropis di daerah dataran rendah sampai-sampai hutan bakau. Populasinya tak diketahui yang dengannya pasti. Namun oleh IUCN redlist, burung pelatuk bawang dikategorikan menjadi “Least Concern” sejak tahun 1988.
Burung pelatuk bawang pula ditetapkan menjadi fauna identitas kabupaten Banjarnegara, Jawa Sedang.
Khasiat Burung Pelatuk Bawang.
Burung pelatuk bawang sarat akan muatan mistis serta dipercaya memiliki kekuatan mistik yng ampuh. Bagi warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Jawa, Burung Pelatuk Bawang menggambarkan watak yng memiliki pendirian yng kuat, rajin bekerja namun tak sabar. Dalam banyak sekali primbon Jawa serta Melayu (salah satunya primbon Betaljemur Adammakna), burung pelatuk bawang memiliki khasiat menjadi:
  • Membuat pandai serta lincah berbicara serta berdebat.
  • Menumbuhkan kewibawaan.
  • Pengikat istri ataupun suami.
  • Menyepuh serta menaikan kesaktian sebuah senjata.
  • Mempercantik wajah serta aura (pesona) tubuh.
  • Penangkal maling serta rampok.
  • Penolak serta penyembuh macam-macam penyakit.
  • Menyembuhkan penyakit gila.
  • Menaikan stamina serta keperkasaan.
  • Tolak balak ilmu hitam.
Ihwal bagaimana tips mengunakan burung pelatuk bawang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan banyak sekali khasiat yang telah di sebutkan, sengaja tak akan saya sampaikan. Lantaran kesemuanya Perlu yang dengannya mengorbankan nyawa Sang Pelatuk. Serta itu cuma akan membuat burung yng sudah langka ini akan makin langka.
sumber : alamendah.worpress.com
Benar ataupun tidaknya saya sendiri tak pernah memperlihatkan. Barangkali tak akan mau membuktikannya. Tegakah sobat memperlihatkan khasiat mistik burung pelatuk bawang yng belum tentu benar yang dengannya mengorbankan keberadaan serta kelestarian burung langka ini?. sumber : alamendah[.]wordpress[.]com

Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2012/01/nasib-tragis-burung-pelatuk-bawang.html.

Seputar Nasib Tragis Burung Pelatuk Bawang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Nasib Tragis Burung Pelatuk Bawang