Cica Kopi : Alternatif Kicauan Anda Di Rumah

- 11:06 AM

Cica Kopi : Alternatif Kicauan Anda Di Rumah

 
Satu dari sekian banyaknya alternatif peliharaan bagi kicau mania kita merupakan burung cica kopi ataupun cica kopi melayu ( Pomatorhinus montanus). Burung ini mempunyai ekor yng panjang yang dengannya alis yng berwarna putih mencolok dan paruh yng panjang serta melengkung kebawah. Bunyi kicauannya cukup keras , akan tetapi monoton. Namun walau mempunyai lagu yng monoton, akan tetapi bunyi burung ini cukup bervariasi dari segi iramanya.

Bunyi kicauannya memanglah mirip yang dengannya bunyi burung jenis poksai, barangkali lantaran itu juga burung ini Suka terlihat bersama-sama yang dengannya burung poksai di tempat asal aslinya.
Pendapat dari taksonominya, terdapat empat sub-spesis dari burung cica kopi melayu ini yang dengannya penyebarannya yng berbeda-beda, yakni :
  1. Pomatorhinus montanus occidentalis : tersebar di Semenanjung melayu serta Sumatera.
  2. Pomatorhinus montanus bornensis : tersebar di Kalimantan serta Kepulauan Bangka.
  3. Pomatorhinus montanus montanus : tersebar di Jawa Barat serta Sedang.
  4. Pomatorhinus montanus ottolanderi : tersebar di Jawa Timus serta Bali.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk anak jenis dari bornensis serta occidentalis ini mempunyai ukuran tubuh yng lebih kecil yang dengannya warna yng lebih terang dari jenisnya secara umum.
Selain itu, didapati pula bukti - bukti bahwasanya perilaku serta mungkin pula bunyi panggilan dari masing-masing anak jenis ataupun sub-spesis ini berbeda secara signifikan.
Daerah asal serta Karakter
Burung cica kopi melayu ini mampu didapati di daerah-daerah bersemak dan rerumputan di perbukitan lembab serta pula hutan-hutan di dataran rendah. Suka pula didapati di dalam pembukaan hutan sekunder serta pula hutan-hutan bambu yng rimbun, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makanan yng berupa siput, laba-laba , serangga, biji-bijian serta buah-buahan.
Burung ini pula Suka didapati sendirian maupun berpasangan serta dalam kelompok kecilnya, serta Suka kali didapati bersama-sama yang dengannya burung poksai kuda ( Rufous-fronted Laughingthrush ) di pulau jawa, menjadikan keberadaannya Suka dikait-kaitkan yang dengannya burung poksai ini ( dimana ada cica-kopi pasti ada poksai kuda).
Burung cica kopi salah satunya burung yng monogamus, sarangnya berbentuk cangkir yng terbuat dari tumbuhan kering, umumnya terdapat 2-5 butir telur didalamnya.
Perawatan harian
Dalam perawatan hariannya, burung cucak kopi mampu diberikan pakan buah-buahan serta pula serangga semisal jangkrik, ulat hongkong serta sebagainya. Burung ini andai telah jinak akan gampang sekali berbunyi. Apalagi andai kebetulan anda pula mempunyai burung dari jenis poksai di rumah , maka hal yang telah di sebutkan mampu memancing burung ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih rajin berbunyi.
Bunyi kicauan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan bunyi kicauannya, silahkan download bunyi burung cica kopi melayu dibawah ini :
Download bunyi burung cicak kopi
Download bunyi burung cicak kopi versi 2
Download bunyi panggilan cica kopi
Mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/02/cica-kopi-alternatif-kicauan-anda-di.html.

Seputar Cica Kopi : Alternatif Kicauan Anda Di Rumah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cica Kopi : Alternatif Kicauan Anda Di Rumah