Paradise Whydah, Finch Eksotis Yang Susah Untuk Ditangkarkan

- 4:54 PM

Paradise Whydah, Finch Eksotis Yang Susah Untuk Ditangkarkan

 
Burung finch memanglah selalu menarik untuk dibahas, bukan cuma lantaran bunyi uniknya akan tetapi lantaran kelompok finch ini mempunyai spesies burung yang cukup beraneka ragam jenis serta perilakunya. Misalnya saja pin-tailed whydah serta long-tailed paradise whydah, kedua spesies ini cukup unik lantaran mempunyai ekor yang panjang, serta bunyi kicauan yang mampu dimanfaatkan untuk memaster burung lain-lainnya. Serta tahukah kamu, menangkar burung ini diluar dugaan cukup rumit pula loh!.
Paradise whydah, lebih tidak sedikit dipelihara dari pada ditangkarkan
Long-tailed Paradise whydah (Vidua paradisaea) merupakan burung penetap (non-migrasi) dari spesies burung penyanyi yang mempunyai tempat asli serta penyebaran di wilayah Afrika. Nama orang-orang diambil dari bentuk ekornya yang Amat panjang. Burung finch ini pula dikenal menjadi widow birds lantaran bulu-bulu orang-orang akan berganti menjadi hitam yang dengannya ekornya yang bertambah panjang selama musim kawin.
Ukuran tubuh antara burung jantan yang dengannya betina cuma sekitar 13 cm panjangnya, akan tetapi burung jantan akan menumbuhkan ekornya sampai-sampai mencapai 40 cm pada, selama musim berkembang biak. Di luar itu, baik burung jantan ataupun betina sama-sama mempunyai ekor yang pendek.
Dalam satu tahun, burung paradise whydah jantan akan mengalami 3 kali perubahan bulu pada masa mabungnya. Pada kondisi normal ataupun diluar musim kawin, warna bulu orang-orang lebih mirip burung betina yang dengannya warna burung gereja pada biasanya, yang dengannya ekornya yang pendek.
Paradise whydah jantan (kiri) serta burung betina
Menjelang musim kawin, orang-orang akan mengalami masa mabung yang akan merubah bulu-bulu orang-orang menjadi warna yang lebih eksotis serta cantik, yang dengannya ekornya yang panjang mampu mencapai 35 cm, seusai mulai berkembang biak bulu-bulu orang-orang akan kembali berganti menjadi lebih hitam mengkilap yang dengannya ekor yang bertambah panjang mencapai 40 cm. Lantas keadaan akan kembali ke semula seusai orang-orang melewatkan masa-masa yang telah di sebutkan.
Selama berkembang biak, warna bulu burung jantan akan menjadi lebih hitam yang dengannya ekor yang makin panjang
Semisal pula aneka macam jenis burung finch lain-lainnya, paradise whydah memakan biji-bijian menjadi makanan utama orang-orang, salah satunya biji gandum, millet serta terkadang memakan rayap serta larva.
Rumitnya menangkarkan paradise whydah
Selain itu, keunikan lain merupakan, butuh trik-trik khusus dalam menangkarkan spesies burung ini. Ya, semisal halnya pin-tailed whydah, burung paradise whydah ini pun adalah burung parasit yang berkembang biak yang dengannya tips menitipkan telur-telur orang-orang pada sarang burung finch jenis lain-lainnya.
Tak gampang mengembang biakkan paradise whydah ini, butuh trik-trik khusus andai kita berniat menangkarkan orang-orang. Menjadi burung parasit, paradise whydah salah satunya burung pemilih yang akan memilih-milih calon induk asuh / inang untuk anak-anak orang-orang.
Tak semisal pin-tailed whydah yang memilih burung dari jenis waxbill menjadi inangnya, paradise whydah cenderung memilih sarang burung melba finch ataupun Green-winged Pytilia (Pytilia melba) menjadi tempat penitipan telurnya.
Burung paradise whydah cenderung memilih inang didasari warna telur serta bentuk piyikan yang hampir / mirip yang dengannya telur serta piyikan orang-orang, malah orang-orang mempunyai kemampuan meniru telur serta bentuk rongga mulut piyikan dari inangnya, menjadikan yang dengannya demikian induk asuhnya tak akan menaruh curiga serta akan tetap mengasuh orang-orang sampai-sampai dewasa.
Yang dengannya demikian, tak seluruh jenis burung finch mampu dimanfaatkan untuk membantu pengembang biakkan burung ini.
Burung melba finch serta anak burung melba yang akan ditiru oleh anakan paradise whydah
Selain itu kemampuan anak burung ini dalam meniru bunyi burung inangnya pun cukup luar biasa. Piyik dari burung paradise whydah telah belajar untuk mengkaji lagu-lagu yang dimiliki oleh induk asuhnya, salah satunya bunyi piyikan lain pada waktu merengek meminta makanan.
Lantaran itu, andai kamu berniat menangkarkan paradise whydah, sebaiknya genakan beberapa pasang burung melba finch dalam sangkar koloni ataupun aviary, sedangkan sepasang burung paradise whydah ditempatkan dalam sangkat harian orang-orang yang ditempelkan pada sangkar aviarynya, supaya orang-orang mampu memperhatikan kondisi burung melba finch yang berada dalam sangkar aviary yang telah di sebutkan, keberadaan melba finch yang tengah menyusun sarang mampu merangsang paradise whydah untuk kawin serta bersiap untuk bertelur.
Sesudah melba finch mulai bertelur, masukan burung paradise whydah ( mampu pula induk betina saja ataupun sepasang ) dalam sangkar aviary yang telah di sebutkan, lantas pantau apakah orang-orang akan bertelur dalam sarang dari melba finch yang telah di sebutkan.
Andai burung betina paradise terlihat bertelur, maka proses penangkaran mampu dikatakan baru 1/2 sukses. Sesudah itu indukan paradise whydah mampu diangkat dipindahkan dari sangkar aviary yang telah di sebutkan.
Akan tetapi, andai kamu tak mampu menjumpai burung melba finch, pengganti lain merupakan mencari finch yang mempunyai warna telur serta bentuk rongga mulut dari piyikan yang percis yang dengannya melba finch, menjadikan insting orang-orang tetap akan mempergunakan sarang yang telah di sebutkan untuk meletakkan telur-telurnya. Cukup rumit memanglah, serta itulah sebabnya tidak sedikit penggemar burung di aneka macam negara lebih senang memelihara orang-orang dari pada menangkarkannya.
Bunyi paradise whydah
Bunyi kicauan paradise whydah cukup bervariasi yang dengannya beberapa irama ataupun lagu yang cukup cepat. Lagu-lagu orang-orang andai ditiru oleh burung kicauan lain-lainnya tentu akan menjadikan satu nilai tambah tersendiri.
Berikut bunyi kicauan dari burung paradise whydah
  • Bunyi kicauan paradise whydah variasi 1 [DOWNLOAD]
  • Bunyi kicauan paradise whydah variasi 2 [DOWNLOAD]

Mudah-mudahan berguna Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/03/paradise-whydah-finch-eksotis-yang.html.

Seputar Paradise Whydah, Finch Eksotis Yang Susah Untuk Ditangkarkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Paradise Whydah, Finch Eksotis Yang Susah Untuk Ditangkarkan