Membuat Ulat Hongkong Kering Untuk Burung Peliharaan

- 2:27 AM

Membuat Ulat Hongkong Kering Untuk Burung Peliharaan

 
Ulat hongkong merupakan sejenis larva serangga yng umum dimanfaatkan menjadi pakan tambahan untuk hewan peliharaan. Tingginya protein dalam ulat hongkong ini membuat pakan ini menjadi favorit kicaumania untuk diberikan pada burung peliharaannya selain jangkrik serta kroto.
Ulat hongkong yang sudah kering
Ulat hongkong yng telah kering
Akan tetapi butuh diperhatikan pula dalam pemberiannya, lantaran ulat hongkong mempunyai lapisan kulit tebal yng disebut exoskeleton, nah lapisan kulit ini kadang tak mampu dicerna oleh burung menjadikan akan dikeluarkan kembali melalui kotorannya. Lantaran itulah, tidak sedikit kicaumania yng lebih senang memberikan ulat hongkong yng tengah berubah kulit ataupun ulat yng berwarna putih supaya mampu dicerna sempurna oleh seluruh jenis burung peliharaan.
Adapun kandungan nutrisi yng terdapat dalam ulat hongkong merupakan menjadi berikut:
  • Protein kasar : 48%
  • Kadar abu : 40%
  • Kadar air : 57%
  • Lemak kasar : 40%
  • Kandungan ekstrak non nitrogen : 8%
Walaupun memiliki kandungan protein yng tinggi, akan tetapi dalam pemberiannya sebaiknya terbatas lantaran ulat hongkong dikenal "menyebabkan panas" menjadikan dikhawatirkan mampu memunculkan tidak sedikit masalah.
Selain itu, penyimpanan ulat hongkong pun menjadi masalah tersendiri, lebih-lebih oleh kemunculan semut, aroma yng tidak sedap hingga ulat yng berganti menjadi kepompong menjadikan tak mampu dipakai.
Nah, untuk mengatasi masalah yang telah di sebutkan ada pengganti lain dalam pemberian ulat hongkong ini, yakni yang dengannya mengeringkannya. Pemberian ulat hongkong dalam bentuk kering itu mempunyai cukup tidak sedikit manfaat, di antaranya:
  • Lebih awet dalam penyimpanannya lantaran tak memerlukan perawatan sebagaimana ulat hongkong hidup
  • Memiliki kandungan lemak serta air yng lebih tidak banyak.
  • Tak butuh khawatir yang dengannya kulitnya yng keras, serta tak butuh menunggu hingga ulat berganti warna menjadi putih.
Untuk perihal membuat ulat hongkong kering, maka tips yng di lakukan merupakan:
  • Siapkan ulat hongkong yng akan dikeringkan, akan tetapi sebelumnya ulat hongkong yang telah di sebutkan sebaiknya dibuat mati / dihibernasi berlebi dahulu yang dengannya menyimpannya selama beberapa menit (-/+ 15 menit) dalam freezer lemari pendingin ataupun kulkas. Andai masih ada ulat yng masih hidup maka kembali simpen dalam freezer hingga benar-benar mati.
    Sesudah itu panaskan oven dalam kompor yang dengannya api tengah.
    Ratakan ulat hongkong dalam loyang datar, supaya nantinya ulat tak menempel pada loyang, sebelumnya loyang yang telah di sebutkan mampu diberi lapisan tepung jagung, ataupun mentega.
  • Panggang ulat hongkong dalam oven selama tidak lebih lebih 30 menit ataupun lebih, yang dengannya mengamati kekeringannya setiap 10 – 20 menit sekali, supaya ulat yang telah di sebutkan tak hangus ataupun terlalu kering.
  • Sesudah dirasa cukup kering, keluarkan ulat-ulat yang telah di sebutkan serta dibiarkan dingin yang dengannya tips diangin-anginkan.

Tempatkan ulat hongkong dalam wadah ataupun toples untuk dipakai.
Selamat berupaya Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/10/membuat-ulat-hongkong-kering-untuk.html.

Seputar Membuat Ulat Hongkong Kering Untuk Burung Peliharaan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Ulat Hongkong Kering Untuk Burung Peliharaan