Seputar Burung Trucukan

- 4:42 AM

Seputar Burung Trucukan

 
Trucukan ataupun jog jog ataupun pula disebut Merbah cerukcuk menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, serta hutan sekunder. Burung ini Suka berkelompok, baik disaat mencari makanan ataupun bertengger, yang dengannya jenisnya sendiri ataupun yang dengannya jenis merbah yng lain, ataupun malah yang dengannya jenis burung yng lain. Tidur berkelompok yang dengannya jenisnya, di ranting-ranting perdu ataupun pohon kecil.
Semisal biasanya merbah, makanan burung ini lebih-lebih merupakan buah-buahan yng lunak. Di pekarangan, burung ini kerap melubangi buah pepaya serta pisang yng sudah masak. Selain itu ia pula memangsa aneka serangga, ulat serta hewan kecil lain-lainnya semisal cacing. Merbah cerukcuk menghabiskan waktu lebih lama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari makanan di atas tanah daripada jenis merbah lain-lainnya.
Berbunyi nyaring serta berisik, cok, cok, ..cok-cok ! ; siulan pendek cuk-co-li-lek.. berulang, terkadang yang dengannya cepat; ataupun nyanyian bersuara lemah mirip gumam ataupun gerutuan burung. bunyi burung ini hampir mirip yang dengannya bunyi burung cucak rawa, lantaran itulah burung trucukan yng bersuara ropel ini Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaster burung muray batu.
Sarang burung trucukan berbentuk semisal cawan yng terbuat dari anyaman daun rumput, tangkai daun ataupun ranting yng halus, dijalin yang dengannya serat tumbuhan serta menempel pada dahan. Di wilayah Jawa Sedang Suka juga didapati juga sarang yng dibangun di sela-sela buah pisang.
Burung ini mampu bertelur antara dua ataupun tiga butir yng berwarna keputihan berbintik coklat ataupun ungu. Tercantum bersarang sepanjang tahun, yang dengannya puncaknya Maret hingga Juni.
Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara, Semenanjung Malaya serta Filipina. Di Indonesia didapati di Sumatra serta pulau-pulau di bagian timurnya, Kalimantan, Jawa serta Bali. Ada dugaan diintroduksi ke Lombok serta Sulawesi Selatan. Umum terdapat hingga ketinggian 1.500 m dpl.
Berikut merupakan gambar - gambar pemilihan bakalan trucukan yng tidak jelek alias bagus serta berkelamin jantan didasari sumber dari kicaumania.org [ kicaumania.org]





Belum pintar kalau belum baca cara rawatan harian lain-lainnya seputar burung kicauan disini :
Cara membedakan muray jantan serta betina
Mengenal burung serindit
jenis sangkar jebakan berita lain yng berguna bagi kamu Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/07/seputar-burung-trucukan.html.

Seputar Seputar Burung Trucukan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Seputar Burung Trucukan