Menangkarkan Burung Jalak Suren

- 11:33 AM

Menangkarkan Burung Jalak Suren

 
Burung dari famili Sturnidae ini bisa didapati hampir di seluruh Indonesia lebih-lebih di Pulau Sumatera, Jawa, serta Bali. Selain itu burung Jalak suren tersebar pula di banyak sekali negara semisal Bangladesh, Bhutan, Kamboja, China, India,Laos, Myanmar, Nepal, Pakistan, serta Thailand. Burung Jalak suren (Sturnus contra) berukuran tengah sekitar 24 cm. Bulunya berwarna hitam serta putih. Bagian yng berwarna putih semisal dahi, pipi, garis sayap, tunggir serta perut. Sedangkan bulu di dada, tenggorokan, serta tubuh bagian atas berwarna hitam (coklat pada remaja). Iris mata burung jalak suren berwarna abu-abu. Kulit tanpa bulu disekitar mata berwarna jingga. Paruhnya berwarna merah yang dengannya ujung putih. Sedangkan kaki berwarna kuning. Suaranya semisal teriakan yng ribut, sumbang serta riang. Umumnya burung yng hidup dalam kelompok kecil ini menghuni daerah terbuka dekat pemukiman di dataran rendah. Kebanykan mencari makan di atas tanah, yakni cacing serta satwa kecil lain-lainnya. Bergabung dalam kelompok disaat beristirahat pada malam hari. Internet internet
Burung Jalak suren selain dipelihara menjadi burung kicauan pula memiliki tugas lain-lainnya yakni menjadi 'satpam' rumah kamu, Burung ini memanglah kerap dipelihara oleh penggemar burung kicauan menjadi penjaga rumah orang-orang lantaran sifat burung ini yng akan ramai bersuara begitu melihat orang lewat didepan sangkarnya. Diluar dugaan burung ini pula mempunyai prospek yng tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk di ternakan, selain perawatannya yng gampang pula kebutuhan lain-lainnya Amat gampang dijangkau oleh peternak burung ini. maka tidak heran tidak sedikit pengusaha - pengusaha burung yng sudah berhasil menangkarkan burung ini.
Membedakan jenis Jantan serta Betina Jalak Suren
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membedakan jantan serta betina maka bulu yng menutupi bagian dubur ditiup maka burung jalak suren jantan akan tampak warna hitam pada duburnya, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng betina terdapat warna merah pada duburnya. Terang tidaknya warna dubur yang telah di sebutkan bergantung pada usia burung yang telah di sebutkan.
Proses Penjodohan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses menjodohkan burung di lakukan yang dengannya tatacara mendekatkan sangkar jantan serta betina menjadikan saling kenal selama 1 minggu, andai burung berdampingan pada waktu tidur maka telah saatnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimasukkan ke dalam sangkar penangkaran sebaiknya pada sore hari. Sesudah dimasukkan di sangkar penangkaran jangan langsung ditinggal, ditunggu dulu tidak lebih lebih selama satu jam bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan apakah burung yang telah di sebutkan benar-benar jodoh.
Sangkar Penangkaran
Sangkar bagi atau bisa juga dikatakan untuk ternak burung jalak suren yng ideal merupakan 1m x 2m tinggi 2m. Tempat mandi pula Perlu disediakan lantaran jalak putih salah satunya burung yng suka mandi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat sarang berupa kotak terbuat dari kayu yang dengannya ukuran 40cm x 30cm tinggi 30cm serta diberi lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluar masuk burung. Di dasar sangkar butuh disediakan bahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarang umumnya yng Suka dipakai merupakan daun pinus kering. ataupun pula mampu mempergunakan sangkar ternak berukuran 100 x 175 x 200 cm. Bila mempunyai ruangan lebih besar mampu 3 x 3 x 4 m. Sediakan tanaman yng tinggi, bercabang tidak sedikit, serta berdaun lebat di dalam sangkar.
Gabung dengan ipanel
Misalnya, kemuning, kersen, ataupun tanaman lain yng mirip yang dengannya tanaman yang telah di sebutkan. Lantai sangkar butuh ditanami tanaman perdu ataupun semak serta rumput-rumputan.
Tambahkan tempat bertengger yng besar ataupun melebar bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah perkawinan. Tak ketinggalan tempat pakan serta minum. Jangan tidak ingat memperhatikan ventilasi serta sinar matahari supaya produktivitas telur meningkat. Pakannya berupa pepaya, pisang, serta serangga, misalnya kroto, ulat bambu, ulat hongkong, ataupun jangkrik. Selain itu, berikan voor mempunyai kualitas baik. Yang dengannya pakan ini, sepasang jalak suren yng telah jodoh akan berkembang biak yang dengannya baik.
Jalak suren siap dikawinkan pada umur 10-12 bulan. Idealnya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk betina yng baik disyaratkan berumur setahun; jantan’ 1,5-2 tahun. Biasanya betina lebih cepat dewasa kelamin dibanding jantan.
Setiap perkawinan, sepasang jalak suren bertelur sebanyk 3-4 butir. Telur menetas selama 14 hari seusai dierami induknya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat proses perkawinan, telur bisa ditetas di induk asuhan ataupun mesin penetas. Anakan jalak suren berumur 1,5 bulan siap dijual. Dari perhitungan analisis bisnis, penangkaran jalak suren menguntungkan.
Modal
Modalnya, sepasang induk bernilai Rp1.500.00. Sangkar serta perlengkapan butuh biaya sekitar Rp300.000. Biaya pakan Rp100.000/bulan. Sepasang anak berumur 1,5 bulan dijual Rp350.000.
Bila proses budidaya berjalan lancar maka peternak mampu mengantungi Rp700.000/perkawinan. Sesudah dipangkas biaya pakan serta lain-lain, dalam waktu setahun, malah tidak lebih mampu break even point (BEP).
Selanjutnya tinggal keuntungan yng diperoleh peternak. Keuntungan akan makin meningkat bila peternak melakukan system penetasan induk asuh ataupun mesin tetas. Tertarik? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk berita lain-lainnya mengenai jalak suren serta seluk beluknya perawatan burung ini mampu dibuka disini Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/12/menangkarkan-burung-jjalak-suren.html.

Seputar Menangkarkan Burung Jalak Suren

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Menangkarkan Burung Jalak Suren