Ternak Burung Kenari Untuk Pemula

- 7:27 AM

Ternak Burung Kenari Untuk Pemula

 
Dalam beternak kenari ada beberapa factor yng Perlu diperhatikan yakni usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak serta ilmu perihal ternak.
Usia Kenari Usia menjadi factor penentu sukses ataupun tidaknya dalam beternak kenari, usia yng paling baik dalam beternak merupakan jangan terlalu muda ataupun jangan terlalu tua. Kenari siap ternak minimal 6 bulan untuk kenari betina serta 8 bulan untuk kenari jantan, namun untuk kenari besar semisal Yorkshire serta turunannya tidak banyak lambat birahi minimal usia 1 tahun.
Jenis kelamin Kamu menjadi peternak Perlu menguasai ciri-ciri kenari jantan ataupun betina, dalam menentukan jenis kelamin kenari cukup susah bagi pemula namun bagi hobis senior Amat gampang menentukannya orang-orang cukup melihat dari postur tubuh kenari meskipun dalam kasus tertentu Kadang-kadang ada kenari yng Amat susah ditentukan jenis kelaminnya. Adapun cirinya yakni :
  • Kenari jantan diusia muda ± umur 1.5 keatas telah mulai belajar bunyi / ngriwik.
  • Ukuan tubuh / bodi jantan cenderung ramping (memanjang), leher agak panjang, andai betina bodi kelihatan agak bulat.
  • Anus jantan bila dilihat ( yang dengannya tatacara ditiup supaya bulu disekitar tak memperhalang) menonjol tegak lurus /vertikal, andai betina sebaliknya / horisontal.
  • Jantan dewasa berbunyi nyaring serta nge roll.

Sarana Penunjang dalam beternak. Kadang-kadang kita dalam beternak tak terlalu memperhatikan hal-hal kecil semisal posisi sangkar ternak, lingkungan sangkar ternak serta saran penunjangnya. Andai hal-hal yang telah di sebutkan tidak lebih diperhatikan akan menghasilkan kekesalan di lantas hari. Misalnya pada tatkala penempatan sangkar ternak kita tak memperhatikan feng shui (he..he.. maaf becanda) lingkungan di sekeliling sangkar ternak. Penempatan yng paling baik yakni sangkar ataupun sangkar ternak menempel ke dinding disamping kiri serta kanan sangkar ditutup. Sangkar ternak di tempatkan di daerah yng bebas dari gangguan serangga ataupun binatang lain-lainnya semisal tikus, cicak dll.
Untuk menghindari dari serangan serangga semisal semut daerah sekeliling sangkar yng menempek ke tembok di kelilingi yang dengannya kapur tidak jelek alias bagus (kapur ajaib). Andai sangkar ternak besar mempergunakan kaki maka kaki-kakinya diolesi oli. Sedangkan pengganggu utama selain semut yakni tikus, tikus sebetulnya cuma mengambil makanan kenari cuma kalau melihat kenari lengah ya di hajar pula serta fenomena ini Suka sekali dialami oleh hobis. Yang dengannya penempatan sangkar di dinding diharapkan mampu meminimalkan serangan tikus cuma kadang-kadang tikus pula pintar mencari celah untuk itu kamu Perlu hati-hati dalam penempatan sangkar yng paling baik mempergunakan sangkar aluminium.
Proses penjodohan Andai kamu telah memiliki sepasang kenari yang dengannya usia siap ternak proses selanjutkan yakni proses penjodohan. Proses penjodohan yakni kenari jantan serta betina di tempatkan pada sangkar yng berbeda, serta kedua sangkar yang telah di sebutkan ditempatkan saling berdekatan. Dalam hal ini tidak sedikit new comer (peternak pemula) yng tak sabar melakoni proses penjodohan orang-orang langsung masukan jantan serta betina kedalam satu sangkar.
Yang dengannya adanya proses penjodohan kamu akan mengetahui kesiapan kenari yang telah di sebutkan, andai belum jodoh langsung dimasukan ke dalam satu sangkar akibatnya kedua kenari yang telah di sebutkan mampu berantem. Andaikan berlangsung perkelahian diantara keduanya serta satu dari sekian banyaknya kenari ada yng kalah maka waktu penjodohan akan lama lagi, lebih-lebih andai yng kalah kenari jantan proses penjodohan makin lama lantaran kamu Perlu mengkondisikan si jantan supaya berani mendekati betinanya. Ada beberapa tip untuk menaikan birahi yakni : Kenari di kasih makanan yng bergizi tinggi semisal telor puyuh, multivitamin dll, Dijemur setiap pagi. Pada tatkala menjemur serta proses penjodohan sangkar jantan serta betina digandengkan terus menerus, kalau ada jantan lain sekali-kali dipanas-panasin yang dengannya mempergunakan jantan lain. Disangkar tempat betina disediakan sangkar berikut isinya. Jangan tidak ingat berdo’a supaya kenari yng diternak mampu cepat jodoh serta menghasilkan anak yng mempunyai kualitas.
Proses Ternak. Proses selanjutnya yakni menyatukan kedua kenari yang telah di sebutkan. Adapun cirri-ciri kenari siap ternak (telah jodoh) yakni : pada tatkala jantan didekatkan yang dengannya betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar yang dengannya bunyi yng kenceng serta betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya ciri meminta kawin. Pada tatkala sore hari ataupun menjelang tidur kenari betina serta jantan tidur berdekatan. Sewaktu-waktu antara kenari betina serta jantan saling meloloh makanan. Andai didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kenari betina akan menyusun ataupun merapihkan isi sarang, andai isi sarang telah disusun umumnya betina siap ternak.
Dalam menyatukan kedua kenari tak ada peraturan waktu yng baku kamu boleh kapanpun menyatukannya, cuma pengalaman saya waktu yng paling baik yakni sore hari. Yang dengannya menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya telah rukun menjadikan pagi harinya telah jodoh. Lantaran telah mengalami masa penjodohan maka pada tatkala penyatuan tak terlalu riskan berantem namun kita Perlu terus memantau lantaran takutnya berlangsung berantem.
Seusai keduanya rukun coba perhatikan isi sarang kalau isi sarang kotor maka rubah isi sarang yang telah di sebutkan serta sebagian isi sarang simpen di dasar sangkar umumnya isi sarang didasar sangkar akan dipindah ke dalam sarang. Untuk memperhalus sarang kenari betina umumnya suka mencabuti bulu halus jantannya ataupun bulu halus dari kenari betina, umumnya andai di dalam sarang telah ada bulu-bulu halus tandanya tak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor serta mengurangi mencabuti bulu halus kedalam sangkar mampu dimasukkan kapas secukupnya. Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2010/10/ternak-burung-kenari-untuk-pemula.html.

Seputar Ternak Burung Kenari Untuk Pemula

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ternak Burung Kenari Untuk Pemula