Cara-cara Merawat Murai Batu Liar

- 9:29 AM

Cara-cara Merawat Murai Batu Liar

 
Cara-Cara Merawat Murai Batu Liar
Tidak sedikit para pecinta burung khususnya yng seneng yang dengannya burung murai batu membeli burung tangkapan hutan, ataupun muda hutan yng masih liar, mungkin lantaran menyesuaikan isi kantong orang-orang masing-masing.
Kenapa diantara orang-orang membeli burung hasil tangkapan hutan, padahal burung liar sangatlah riskan akan kematian di karenakan burung yang telah di sebutkan belum terbiasa dipelihara oleh kita-kita, hasil nya pada burung yang telah di sebutkan merupakan, burung menjadi rusak bulunya ataupun ekornya, diatas paruh ataupun moncongnya pastinya pada berdarah, burung tak mau makan apalagi mengoceh, burung tak mau anteng ataupun diam serta selalu nabrak-nabrak andai kita dekati serta masih tidak sedikit lagi karakter burung liar di dalam sangkar.
Lantaran itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara burung liar khususnya Burung Murai Batu ini ada beberapa Langkah perawatannya serta sebetulnya Amat simpel, kita cuma cukup menghindari tindakan-tindakan yang akan menambah tingkat stressnya.
Cara ini tak pula di peruntukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung murai saja, kamu mampu menerapkannya kepada burung-burung liar lain-lainnya serta mampu ada sesuaikan yang dengannya karakter serta jenis burung masing-masing, serta di bawah ini merupakan tatacara menjinakkan Burung Murai Batu yng masih liar ataupun giras, di ataranya merupakan :
Gantangkan MB di tempat yang tenang, tdk Suka dilewati orang, jauh dari suara2 bising ataupun yang mampu mengejutkannya, memiliki sirkulasi udara yang baik & tak terlalu panas (di atas 26derajat C) sperti di bawah atap seng.
Pada awal tiba di rumah mampu genakan krodong dulu selama lebih tidak lebih 1 minggu. Berikan multivitamin pada air minum & bila dirasa butuh berikan pula antibiotic bagi atau bisa juga dikatakan untuk langkah antisipasi, lantaran kita tdk tau kondisi kebugaran atau kesehatan MB yng sebetulnya pada tatkala kita beli. Ubah air minum serta bersihkan tempatnya dari endapan vitamin sehari-hari.
Jangan terlalu tergesa-gesa bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenalkan MB ( Murai Batu ) / MH ( MudaHutan ) yang dengannya lingkungan yng ramai. Hasil nya bukan MB menjadi jinak namun kemampuan adaptasinya menjadi lambat serta yang lebih parah tingkat stressnya mampu menjadi makin tinggi.
Pula tak butuh tergesa-gesa mengajari MB MH ngevoer Berikan saja pakan kesukaan dia, semisal jangkrik, kroto, belalang, UH, UB ataupun yang lain-lainnya. Berikanlah makanan yang dengannya kuantitas yng cukup serta kualitas yng baik ( jangkrik yng sehat, kroto segar / tak basi, dll ).
Andai ingin menjemur MB, jemurlah sebentar pada pagi hari.
Kalau ada indikasi MB kutuan, tak butuh tergesa2 bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati yang dengannya obat kutu, berlebi yng disemprotkan yang dengannya air.
Intinya tunggulah yang dengannya sabar hingga gejala stress hilang. Indikasinya, MB MH terlihat tenang, sehat, aktif, sorot matanya bersih & syukur-syukur mulai ngriwik ataupun ngeplong.Mengajari MB MH makan voer ( Ngevoer )
Pilih voer yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk MB & usahakan yangg gampang memperolehnya di tempat kita.Haluskan voer & taruh didasar cawan lantas masukan kroto pada bagian atas. Pd tahap awal tak butuh diaduk.
Sesudah kira2 7 hari coba aduk kroto yang dengannya voer halus, yang dengannya komposisi lebih tidak sedikit kroto daripada voernya.
Coba tingkatkan porsi voer secara bertahap sehari-hari.
Sesudah yakin MB mau makan voer ditandai dg warna kotorannya, baru tempatkan voer & kroto pd cawan terpisah.
Pemilihan Sangkar
Mampu di coba yang dengannya mempergunakan sangkar yng tak terlalu besar dahulu pada perawatan awal MB MH. Tujuannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah mengajari MB keluar masuk sangkar ke keramba bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi.
Mandi
Pada tahap awal masukan cepuk mandi ke dalam sangkar pada pagi hari. Letakan pada posisi cepuk tak di kenai kotoran, Semprot halus MB yang dengannya sprayer, tak butuh basah & tinggalkan saja. Lakukan sehari-hari hingga dia mau mandi sendiri dalam cepuk. Sebetulnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mandi kita tak butuh mengajari, lantaran MB kalau telah didis secara naluriah akan mandi sendiri.
Kalau sdh terbiasa mandi daalm cepuk, coba ajarkan masuk ke dalam keramba mandi. yang dengannya mengabaikan atau meninggalkan cukup 1 tangkringan saja & memindahkannya ke depan pintu sangkar. Umumnya denga tidak banyak menggusah MB akan melompat masuk keramba mandi.
Kapan MB MH mulai boleh dimandikan? mampu memulainya sesudah gejala stress telah tak terlihat lagi & yakin MB MH telah sehat. Ada anggapan bahwasanya baru boleh dimandikan sesudah MB ngevoer, pendapat dari saya tak sepenuhnya benar. Karena saya pernah ngerawat MB MH hingga bertahun2 belum mau ngevoer.
Penjinakkan
Taruh sangkar di lantai setiap kita memberikan pakan/EF. Andai MB mulai tenang mulailah kenalkan yang dengannya keramaian secara bertahap. Gantang dari jauh dulu sembari setiap beberapa hari didekatkan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk jinak total sebetulnya kecil sekali kemungkinannya, namun setidaknya MB MH bisa menyesuaikan diri & mentoleransi keramaian.
Jemur
Saya biasa mengeluarkan MB pagi-pagi sekali sebelum matahari bersinar serta menggantangnya di tempat di mana andaikan sinar matahari pertama memancar langsung mengenai MB. Pada tahap awal cukup jemur sebentar saja (sekitar 30 menit). Setiap beberapa hari terus ditingkatkan lama penjemurannya. Butuh diingat jagan menjemur MB hingga mangap serta tampak terengah-engah, itu menandakan MB di kenai Heat Stress ( Strees Banget )
Umur berapa MB MH mulai ngeplong
Tdk ada batasan pasti. Semuanya bergantung bakat MB serta pola perawatan yng tepat terhadap MB kita. Asal MB sehat secara fisik serta mental “Pasti Bunyi”.
Thanks dari penghobby burung
  • MERPATI
  • ANIS
  • CENDET
  • BEO
  • KACER
  • CUCAK IJO
  • LOVEBIRD



Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/08/cara-cara-merawat-murai-batu-liar.html.

Seputar Cara-cara Merawat Murai Batu Liar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara-cara Merawat Murai Batu Liar