Mengenali Permasalahan Yang Umum Pada Burung Cucak Rawa

- 3:21 PM

Mengenali Permasalahan Yang Umum Pada Burung Cucak Rawa

 
Burung cucakrawa dianggap menjadi burung berkelas lantaran harganya yang cukup tinggi, akan tetapi makin maraknya even-even lomba yang menampilkan kelas cucakrawa diluar dugaan sanggup membuat tidak sedikit penggemar mulai tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeliharanya. Namun disaat burung miliknya itu bermasalah tidak sedikit di antara penggemar pemula yang berterus terang kewalahan mengatasinya.


Dalam perawatan hariannya, ada beberapa permasalahan umum yang kerap dialami oleh burung cucakrawa, di antaranya merupakan:
  • Burung yang mengalami over birahi
  • Burung yang ngedrop ataupun jatuh mental
  • Burung cucak rawa yang tengah memasuki masa mabung
Ketiga hal yang telah di sebutkan barangkali dianggap menjadi sesuatu yang biasa bagi kalangan penggemar burung kicauan jenis lain-lainnya, akan tetapi disaat berlangsung pada burung cucak rawa hal-hal yang telah di sebutkan menjadi sesuatu yang luar biasa. Sang pemilik dalam hal ini akan segera mencari cara-cara yang menurutnya Amat tepat serta mampu langsung mengatasi masalah yang telah di sebutkan tanpa membuat masalah baru, alasannya cukup simpel yakni lantaran harganya yang tidak murah.
Menjadi tatacara bagi pemilik burung cucakrawa dalam mengatasi permasalahan yang berlangsung pada burungnya itu, berikut beberapa perawatan yang mampu diterapkan disaat mendapati burung cucakrawa mengalami satu dari sekian banyaknya kondisi di atas.
Mengatasi burung cucak rawa yang over birahi.
Semisal halnya burung peliharaan jenis lain-lainnya, burung cucak rawa pun mampu mengalami kondisi over birahi lebih-lebih disaat burung terlalu berlebihan mengkonsumsi pakan tinggi protein yang berasal dari makanan tambahan semisal jangkrik ataupun buah-buahan. Selain itu kondisi over birahi pada burung cucak rawa pula mampu muncul disaat burung terlalu lama di kenai panas matahari.
Beberapa hal berikut mampu di lakukan menjadi upaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi birahi dari burung yang telah di sebutkan:
  • Disaat burung tengah over birahi pemberian jangkrik mampu dikurangi menjadi 2 ekor saja pada pagi serta sore hari, andai birahi terlalu parah yang ditandai yang dengannya Suka mencabuti bulu-bulunya sendiri maka pemberian jangkrik mampu dihentikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara waktu.
  • Selama dua - tiga kali seminggu burung yang telah di sebutkan diberikan pakan ulat bambu sebanyk 2 ekor.
  • Mulailah merutinkan mandi pada burung cucak rawa yang telah di sebutkan yang dengannya waktu yang bervariasi mulai dari pagi hari, siang, serta sore harinya.
  • Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penjemurannya mampu di lakukan selama 15 - 30 menit saja sehari yang di lakukan pada pagi hari serta sore hari sebelum matahari terbenam.
Mengatasi burung cucak rawa yang jatuh mental (ngedrop)
Berbeda yang dengannya kondisi burung yang over birahi, ngedrop umumnya berlangsung lantaran mental burung yang jatuh disaat terasa tersaingi. Kalau kamu pernah merasakan kalah bersaing disaat memperebutkan wanita pujaan kamu, ya semisal itulah barangkali rasanya burung yang kalah mental.
Mengatasi burung cucakrawa yang ngedrop Perlu di lakukan yang dengannya perhatian yang ekstra, lantaran ada kasus burung yang tadinya jinak akan tetapi lantaran ngedrop serta dirawat tak yang dengannya semestinya diluar dugaan mampu merubah karakter burung yang jinak menjadi giras/liar.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi burung cucakrawa yang ngedrop itu jalan pertama yang Perlu di lakukan merupakan mengasingkan burung baik yang dengannya menyendirikan di tempat yang sepi tanpa gangguan ataupun mengasingkan burung ditempat tinggi, misalnya mempergunakan tiang kerekan.
Berikut bagaimana menangani disaat burung cucakrawa tengah ngedrop:
  • Selama dalam perawatan burung sebaiknya diasingkan dari keberadaan burung lain.
    Menaikan pemberian pakan tambahan ataupun extra fooding (EF) serangga semisal jangkrik menjadi 8 ekor yang diberikan pada pagi hari serta 4 ekor diberikan pada sore harinya, sedangkan kroto diberikan seminggu tiga kali yang dengannya porsi satu sebanyk satu sendok teh yang diberikan pada pagi hari.
  • Mulai mengurangi jatah mandinya dari yang tadinya 2 - 3 kali sehari menjadi 2 - 3 kali seminggu.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk penjemurannya kini mulai lebih ditingkatkan, dari yang cuma 30 menit menjadi 2 - 3 jam sehari yang dimulai sejak pagi hari.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu memulihkan kondisi serta staminanya burung cucakrawa yang telah di sebutkan mampu diberikan vitamin setiap harinya.
Mengatasi burung cucakrawa yang mabung
Mabung pada burung cucakrawa umumnya dipicu oleh pergantian musim salah satunya pula pada saat-saat musi pancaroba, selain itu perubahan suhu yang tiba-tiba pun mampu menimbulkan burung bagi atau bisa juga dikatakan untuk mabung misalnya disaat burung yang selama ini dipelihara dalam ruangan lantas selalu ditempatkan di luar ruangan.
Pada tatkala burung mabung secara otomatis seluruh aktivitasnya akan berkurang misalnya burung menjadi tidak lebih aktif, jarang berbunyi, serta cenderung malas-malasan. Hal yang telah di sebutkan cukup wajar mengingat disaat mabung itu burung butuh energinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipergunakan menurunkan serta menumbuhkan bulu barunya. Lantaran itu lah penting kiranya disaat burung yang telah di sebutkan tengah mabung supaya tak selalu berada dalam kondisi birahi ataupun emosi, misalnya menjauhkan dari burung sejenis.
Berikut beberapa perawatan mabung pada burung cucakrawa:
  • Burung diasingkan serta ditempatkan ditempat yang tenang, sejuk, serta jauh dari aktivitas hewan peliharaan lain-lainnya ataupun aktivitas kita-kita. Akan tetapi andai kamu tak mempunyai ruangan ataupun tempat yang tenang, maka burung mampu diberikan pengkerodongan.
  • Selama mabung ataupun disaat burung menurunkan bulu-bulunya, pemberian mandi serta jemur sebaiknya dihentikan ataupun dikurangi, serta baru dibuat menjadi rutin seusai bulu-bulu baru mulai tumbuh.
  • Pakan tambahannya mulai ditingkatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan burung akan gizi serta energi yang diharapkan. Semisal perawatan standar disaat burung cucakrawa mabung merupakan pemberian jangkrik yang diperbanyak misalnya 10 ekor pada pagi hari serta 6 ekor pada sore harinya, begitu pula yang dengannya kroto yang diberikan rutin setiap hari sebanyk satu sendok teh, dan buah-buahannya semisal pepaya yang tidak sedikit memiliki kandungan air.
Tidak sedikit yang bilang masa mabung merupakan masa yang tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memaster burung peliharaannya, hal ini pula berlaku pada burung cucakrawa, kamu mampu melakukan pemasteran yang dengannya bunyi yang tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bunyi burung yang dimau-kan.
Itulah beberapa hal terkait bagaimana mengenali serta mengatasi permasalahan yang umum disaat memelihara burung cucakrawa.
Subscribe bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh aneka video serta bunyi masteran dari Youtube bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung peliharaan kamu: Klik Di Sini
Mudah-mudahan berguna Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2014/10/mengenali-permasalahan-yang-umum-pada.html.

Seputar Mengenali Permasalahan Yang Umum Pada Burung Cucak Rawa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenali Permasalahan Yang Umum Pada Burung Cucak Rawa