Perawatan Murai Serak Karena Keseringan Di Trek

- 3:27 PM

Perawatan Murai Serak Karena Keseringan Di Trek

 
PERAWATAN MURAI SERAK KARENA KESERINGAN DI TREK
Ada pengalaman dari Happy Birthday (HB) disaat setiap pekan selalu mengikuti lomba. Setiap lomba, HB Suka menjadi jawara, malah pernah mencetak quattrick. Akan tetapi lantaran terus dipaksa, HB pernah sempet down serta terlambat panas tatkala turun di Bupati Bandung Barat Cup, sebagaimana diakui sendiri oleh Akia Jambi (sang pemilik).
Itu sebabnya, belakangan ini Akia mulai Suka menurunkan pelapisnya, Tanaka, menjadikan kualitas bunyi HB tetap terjaga. Pengertiannya, mulai ada pemikiran bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyeleksi lomba-lomba tertentu. Hal ini pula di lakukan Om Gunawan Solo terhadap jagoannya: Natalia.
Konteks lomba sebetulnya pula mampu dianalogikan yang dengannya ditrek. Walau jumlah musuhnya jauh lebih tidak banyak, energi yng dikeluarkan murai batu toh percis saja. MB tidak pernah tahu apakah ini lomba, latber, ataupun ditrek. Yng ada dalam instingnya cuma begini: “Siapapun yang saya lihat, dan siapapun yang saya dengar, saya tidak akan pernah takut!!!” Ini dia tipe burung fighter, yng pula dimiliki kacer, cendet, hwamei, serta tledekan.
Terkadang kita pula pernah ngetrek MB secara tak sengaja. Misalnya, di rumah tidak sedikit burung sejenis, yang dengannya penempatan sangkar yng berdekatan. Ataupun burung lain yng bertipe petarung semisal dijelaskan di atas. Tledekan malah Suka dianggap menjadi “musuh berbahaya” bagi MB serta pantang didekatkan.
Disaat kita tak ada di rumah, serta tidak ingat menjauhkan burung-burung pesaing, maka MB akan terus berkicau tanpa henti, tanpa jeda. Ini yng akan membuat suaranya menjadi serak serta parau. Penyanyi berjuluk bintang pun, ataupun vokalis band papan atas pun, pernah mengalami kehilangan suaranya akibat terlalu diforsir (kasus Heidy Yunus, Cakra Khan, Nini Carlina, dll).
Khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk lomba / latber, saya tak tahu persis berapa frekuensi lomba yng ideal yng mampu diikutinya secara beruntun, lantaran kualitasnya memanglah berbeda-beda. HB pernah delapan kali berturut-turut turun di arena lomba tanpa mengalami penurunan kualitas.
Barangkali mampu dipertimbangkan, 4 kali tampil di lomba secara beruntun merupakan frekuensi ideal. Sesudah itu rehat sepekan, serta mampu turun lagi di empat even secara berturut-turut. Hal ini pula mampu dijadikan patokan andai ingin ngetrek yang dengannya MB tetangga ataupun sahabat.
Solusi :
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sementara, sangkar burung dipindah ke tempat yng sepi / tenang.
  • Sebisa barangkali burung tak melihat serta mendengar kicauan burung sejenis ataupun burung lain yng bertipe petarung.
  • Full kerodong selama masa penyembuhan lebih dianjurkan, akan tetapi kotoran Perlu tetap dibersihkan pagi serta sore hari.
  • Berikan BirdTwitter selama 3-4 hari, ataupun hingga seraknya hilang.
  • Andai seraknya mulai hilang, siang hari (pukul 10.00 – 15.00) serta malam hari (pukul 18.00 hingga pagi), burung mulai diperdengarkan bunyi masteran (bukan burung master lho) yang dengannya volume lirih / pelan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembalikan memori suaranya saja.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperluas wawasan kita wacana murai batu maka info murai senantiasa memberikan informasi-informasi lain-lainnya. mudah-mudahan berguna bagi kicaumania seluruh. thanks
OBAT DAN VITAMIN UNTUK MURAI BATU
MURAI BATU PARUH CELAH DAN MITOSNYA
BAHAN-BAHAN UNTUK MENANGKAR MURAI
MURAI YANG PANDAI DAN UNIK
Serta artikel-artikel yng baru saja dibaca pengunjung di blog murai ini
MACAM-MACAM JENIS MURAI YANG DICARI PENGHOBBY
MENANGKAR MURAI BATU DISANGKAR GANTUNG
MURAI BATU SERAK DAN TIPS SOLUSINYA
MURAI BATU LIAR DAN TIPS MENJINAKKANNYA


Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/perawatan-murai-serak-karena-keseringan.html.

Seputar Perawatan Murai Serak Karena Keseringan Di Trek

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perawatan Murai Serak Karena Keseringan Di Trek