Walik Kembang, Burung Unik Berkepala Mohawk

- 4:39 AM

Walik Kembang, Burung Unik Berkepala Mohawk

 
Penampilan burung ini tidak banyak unik, kepalanya yng putih yang dengannya garis hitam membuatnya tampak semisal potongan rambut bergaya Mohawk, kalau kamu pernah menonton The A Team, penampilan burung ini mirip potongan rambutnya Mr. T.
Walik kembang, burung unik berkepala mohawk
Nama burung ini merupakan walik kembang, tubuhnya didominasi warna hijau yng membuat spesies burung ini susah terlihat dari balik rimbunan dedaunan. Burung jantan gampang diidentifikasi dari warna yng ada di tubuhnya salah satunya bagian kepalanya yng unik.

Walik kembang memiliki nama latin Ptilinopus melanospilus, merupakan jenis burung yng adalah anggota sku merpati-merpatian. Tanpa melihat burungnya pun kita telah mampu mengetahui keberadaannya yang dengannya mendengarkan suaranya. Bunyi walik kembang cukup keras yang dengannya lagu berupa 'wuwu. wu..wu" yng monoton serta kerap dibawakan berulang-ulang.
Spesies burung ini tersebar di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, Filipina bagian selatan, serta pulau-pulau kecil di sekeliling Kalimantan. Di Jawa, Walik kembang umum didapati di dataran rendah serta hutan-hutan di perbukitan sampai-sampai ketinggian 800 mdpl, sedangkan di Sulawesi walik kembang tidak sedikit didapati di ketinggian 1.600 mdpl, sedangkan di Nusa Tenggara burung ini tersebar sampai-sampai ketinggian 700 mdpl.

Di Jawa, walik kembang masih tidak sedikit didapati di perkebunan, lahan kosong, serta taman-taman yng ada di Jakarta serta Bogor, di antaranya di Taman Margasatwa Ragunan serta di Kebun Raya Bogor. Disaat musim beringin berbuah, spesies burung ini seringkali didapati bersama-sama burung jenis lain semisal punai penganten (Treron griseicauda), punai gading (Treron vernans), kutilang (Pycnonotus aurigaster) serta kacamata biasa (Zosterops palpebrosus).
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/02/walik-kembang-burung-unik-berkepala.html.

Seputar Walik Kembang, Burung Unik Berkepala Mohawk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Walik Kembang, Burung Unik Berkepala Mohawk