Mengenal Jenis-jenis Burung Murai Di Indonesia

- 11:47 AM

Mengenal Jenis-jenis Burung Murai Di Indonesia

 
MENGENAL JENIS-JENIS BURUNG MURAI DI INDONESIA
Burung murai salah satunya satu dari sekian banyaknya burung yng cocok jadi hewan peliharaan. Telah tidak sedikit yng tahu bahwasanya spesies yng bernama latin Copychus malabaricus merupakan anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal mempunyai kemampuan berkicau yng baik yang dengannya bunyi merdu, bermelodi, serta Amat bervariasi. Maka tidak heran bila burung yng satu ini merupakan satu dari sekian banyaknya burung kebanggaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk di pelihara di rumah. Well, kita kenalan dulu siapa sebetulnya burung ini lebih dalam .
  • Scientific classification
  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Chordata
  • Class : Aves
  • Order : Passeriformes
  • Family : Muscicapidae
  • Genus : Copsychus
  • Species : C. malabaricus
  • Binomial name : Copsychus malabaricus
  • Synonyms : Kittacincla macrura serta Cittocincla macrura

Murai Batu Didasari habitatnya bisa digolongkan menjadi beberapa:
Murai Batu Medan
Tanda-ciri ekor tipis-lentur melengkung ke bawah, panjang 27- 30 cm. Variasi lagu kicauan indah & tidak sedikit, daya tempur dahsyat, mental baja yang dengannya volume serta variasi bunyi di atas rata-rata. Harga bakalannya paling tidak murah. Burung asal dari Peg. Leuser, Bahorok masih tetap diburu oleh pecinta murai dari segala kalangan. Diluar dugaan bukan cuma penduduk Sumatra Utara saja yng bersuara merdu , burung murai asal Medan pula lho.
Murai Batu Nias.
Tanda yng utama merupakan pada bagian ekornya hitam seluruh, tak ada bulu ekor warna putih serta memiliki volume yng keras. Suka terlihat di Kepulauan Nias, Sabang. Lucunya burung yng satu ini suka minder kalau melawan burung murai berekor hitam-putih. Padahal mental bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertarungnya Amat kuat loh. Hitam saja pula telah keren kok, keep singing Murai Nias
Murai Batu Lahat
Memiliki panjang ekor 19 - 23 cm. ekornya ada tipis serta tebal. variasi bunyi yng tidak sedikit. Mental Tidak jelek alias bagus. Disinyalir Murai Batu yng beredar saat ini di pasar burung kebanykan merupakan murai batu lahat.
Murai Batu Lampung
Memiliki ekor pendek 12 - 18 cm serta biasanya kaku. Memiliki daya tempur yng tidak jelek alias bagus. Andai perawatannya benar mentalnya mampu Amat tidak jelek alias bagus. Variasi bunyi dasar cenderung ngeban (mengulang-ulang bunyi yng percis), butuh pemasteran yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menutupi kelemahannya. Kelebihan yng menonjol tatkala bertanding, memiliki stamina yng baik ( tak gampang lelah) dalam melantunkan lagu-lagu ngerol, tonjolan (besetan) dalam waktu lama. Gaya bertarungnya tak seindah murai batu ekor panjang yng mampu men "cambuk" ekornya. Namun harganya kalau telah Suka menang kontes tak kalah yang dengannya Murai Batu lain-lainnya. Habitatnya di sekeliling hutan lampung, Baturaja sampai-sampai ke arah Palembang
Murai Batu Aceh
Memiliki ekor panjang 19 - 29 cm. Bentuk fisik tak terlalu besar. Memiliki daya tempur yng dahsyat. Variasi bunyi tidak sedikit , panjang- panjang serta ngeroll diselingi yang dengannya bunyi tembakan/besetan yng menyayat hati. angse (Piedie), peg. Seulawahsabang ,Lhoong (kab. Aceh Besar) serta Keude Bieng yng adalah tempat Murai Batu diperoleh.
Murai Batu Borneo (Kalimantan)
Panjang ekor 8 - 13 cm. Tanda khasnya tatkala bertarung yang dengannya murai lain dadanya membusung/menggelembung. Memiliki sifat yng lebih proaktif serta terkesan ngotot. Kicauannya cenderung "ngeban" ( mengulang) serta suaranya agak "mendem" (tidak lebih kristal). Di lapangan kontes, kelas tersendiri tak menyatu yang dengannya Murai batu Sumatra.
Makin tidak jelek alias bagus bunyi burung murai ini maka harga jualnya pun makin tinggi. Akan tetapi butuh disayangkan populasi burung murai di alam bebas ataupun tempat asli aslinya menjadi berkurang dikarenakan lebih diutamakan menjadi barang jual beli. Kasihan sih jadi tak mampu sebebas seharusnya, Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pecinta burung pasti orang-orang mampu merawatnya yang dengannya baik
Oleh : Alfiani Ratnaningtyas

Sumber rujukan dan gambar : http://infomurai.blogspot.com/2013/07/mengenal-jenis-jenis-burung-murai-di.html.

Seputar Mengenal Jenis-jenis Burung Murai Di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Jenis-jenis Burung Murai Di Indonesia