9 Jenis Burung Poksay Yang Terkenal Di Indonesia

- 10:26 AM

9 Jenis Burung Poksay Yang Terkenal Di Indonesia

 
Laughingthrush merupakan kelompok burung kicauan yang berasal dari genus Garrulax serta Trochalopteron dari keluarga Leiothrichidae. Dari kedua genus yang telah di sebutkan, garullax lah yang cukup dikenal dikalangan penggemar burung, lantaran di dalamnya terdapat beberapa jenis burung kicauan yang cukup dikenal yakni poksay serta hwamei. Berikut 9 jenis burung poksay yang terkenal di Indonesia
1. Poksay jambul (Garrulax leucolopus)

Poksay jambul disebut pula yang dengannya nama white-crested laughingthrush adalah jenis burung kicau yang pernah sempet popular di Indonesia beberapa tahun silam. Jenis burung ini adalah jenis burung impor yang mempunyai penyebaran mulai dari Himalaya sampai-sampai Indochina.
Bunyi poksay jambul cukup keras, malah mampu Amat berisik, walau begitu bunyi kicauannya diluar dugaan bisa atau mampu memberikan kenangan tersendiri lebih-lebih bagi para penggemar burung yang pernah memeliharanya di tahun 1990-an.
2. Poksay hongkong (Garrulax chinensis)

Selain poksay jambul, poksay hongkong pernah mengalami masa jayanya di era 1990-an. Burung ini malah mendominasi hampir seluruh pasar-pasar burung di Indonesia. Suaranya yang mengalun merdu yang dengannya gaya tarungnya yang khas membuat tidak sedikit penggemar burung tergila-gila memelihara burung poksay ini.
Kini, poksay hongkong cukup susah didapati, serta umumnya cuma pada musim-musim tertentu saja burung ini tidak sedikit didapati di pasar-pasar burung berukuran besar. Oleh lantaran itu, menangkarkan poksay hongkong merupakan satu dari sekian banyaknya tips yang cukup bijak guna lebih menyemarakkan dunia kicaumania.
3. Poksay sumatra (Garrulax bicolor)

Poksay sumatra ataupun Sumatran laughingthrush yang oleh sebagian kicaumania Suka disebut pula menjadi poksay jambul merpakan burung poksay endemik Sumatra. Keberadaan serta populasi spesies ini cukup mengkhawatirkan akibat hilangnya tempat asal serta pula maraknya perburuan liar bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan perdagangan. Lantaran itu sejak tahun 2010 lantas, poksay sumatra masuk dalam daftar merah ICUN serta dikategorikan menjadi Rentan (VU).
Bunyi kicauannya cukup ramai serta Amat berisik, sekilas memiliki kemiripan yang dengannya bunyi poksay jambul.
4. Poksay kuda (Garrulax rufifrons)

Satu dari sekian banyaknya spesies burung poksay yang salah satunya Amat langka merupakan poksay kuda ataupun rufous-fronted laughingthrush. Jenis poksay ini merupakan endemik Pulau Jawa yang sejak tahun 2013 lantas masuk dalam daftar merah IUCN yang dengannya status Terancam Punah. Walau sudah di lakukan aneka macam upaya penangkaran, salah satunya di antaranya yang pernah di lakukan oleh Cikananga Wildlife Center di Sukabumi, akan tetapi tanpa dukungan dari tidak sedikit pihak, maka upaya yang telah di sebutkan tak akan mampu menurunkan statusnya.
5. Poksay mantel (Garrulax palliatus)

Poksay mantel ataupun Sunda laughingtrush adalah jenis burung poksay yang endemik Sumatera serta Kalimantan. Di Sumatera poksay mantel tidak sedikit ditemkan di sepanjang Bukit Barisan, sedangkan di Kalimantan keberadaan orang-orang dibatasi di pegunungan di wilayah Kalimantan bagian utara, mulai dari Gunung Kinabalu sampai-sampai Usun Apau, Gunung Uang, serta dekat Gunung Mulu pada ketinggian 300-2000 mdpl.
Di beberapa daerah, poksay mantel Suka disebut pula yang dengannya sebutan poksay medan. Bunyi kicauannya cukup kencang serta Amat berisik.
6. Poksay samho

Poksay samho merupakan satu dari beberapa jenis burung poksay yang pernah popular di Indonesia. Ada dua jenis dari burung samho yang mampu dibedakan dari asal penyebarannya yakni Rusty laughingthrush (Garrulax poecilorhynchus)ang tersebar di seluruh Taiwan, serta Buffy laughingthrush (Garrulax berthemyi) yang tersebar di daratan China.
7. Poksay genting ataupun mandarin

Poksay genting ataupun lebih dikenal yang dengannya sebutan poksay mandarin menjadi satu dari sekian banyaknya jenis burung peliharaan pengganti bagi ingin memelihara burung jenis poksay. Spesies ini cukup popular serta tidak sedikit dipelihara oleh penggemar burung di Indonesia.
Ada dua jenis burung poksay genting yang dikenal yakni Chestnut-capped laughingthrush (Garrulax mitratus) yang tidak sedikit didapati di Sumatera, serta Chestnut-hooded laughingthrush (Garrulax tracheri) yang tidak sedikit didapati di Kalimantan. Perbedaan paling mencolok dari keduanya merupakan warna yang terdapat pada bagian lingkar matanya. Poksay genting yang berasal dari Sumatera memiliki warna keputihan, sedangkan yang berasal dari Kalimantan memiliki warna kekuning-kuningan.

Meskipun begitu, bunyi kicauan keduanya tak jauh berbeda.
8. Poksay hitam (Garrulax lugubris)

Poksay hitam ataupun Black laughingthrush merupakan jenis burung penetap yang umum didapati di hutan-hutan yang ada di wilayah pegunungan di Sumatera.
Poksay hitam dikenal di kalangan kicaumania menjadi jenis burung yang bersuara Amat berisik, bunyi kicauannya malah mempunyai kemiripan yang dengannya bunyi poksay jambul.
9. Hwamei ataupun wambi

Selain dari jenis poksay yang kita kenal, burung hwamei ataupun wambi salah satunya satu dari sekian banyaknya anggota dari keluarga burung poksay. Semisal pula poksay samho, hwamei memiliki dua jenis yang mempunyai penyebaran yang berbeda yakni hwamei china (Garrulax canorus) yang tersebar di seluruh daratan China, serta hwamei taiwan (Garrulaz taewanus) yang tersebar di seluruh Taiwan. Perbedaan keduanya yang paling mencolok mampu dilihat dari tebal-tipisnya alis putih di atas matanya.
Itulah 9 jenis burung poksay yang dikenal memiliki bunyi kicauan yang cukup mengalun serta merdu, walau begitu tak seluruh jenis poksay ini layak menjadi burung peliharaan. Lantaran sebagian di antaranya salah satunya jenis burung yang dilindungi serta berada dalam kondisi kritis.
Mudah-mudahan berguna
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2015/06/9-jenis-burung-poksay-yang-terkenal-di.html.

Seputar 9 Jenis Burung Poksay Yang Terkenal Di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain 9 Jenis Burung Poksay Yang Terkenal Di Indonesia