Cara Membedakan Burung Jantan Dan Betina Dengan Raba Supit Udang

- 4:17 PM

Cara Membedakan Burung Jantan Dan Betina Dengan Raba Supit Udang

 
Penentuan jenis kelamin burung umumnya di lakukan dengan melakukan pengamatan baik terhadap perilaku, bunyi ataupun penampilannya. Selain metode yang telah di sebutkan, membedakan burung jantan dengan betina mampu pula di lakukan dengan meraba supit urang ataupun supit udang yng terdapat pada burung yang telah di sebutkan. Bagaimana tatacaranya? Berikut tips membedakan burung jantan dan betina dengan raba supit udang.
gambar supit udang burung lovebird
Menentukan jenis kelamin burung melalui supit udang ini cuma mampu di lakukan pada burung yng sudah berumur dewasa ataupun telah matang kelamin /siap kawin. Selain itu, kondisi burung yng sudah dewasa pula bisa membuat mudah kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk meraba dan memprediksi jenis kelaminnya dengan tepat.
Perabaan pada supit udang bisa memberikan petunjuk dalam menentukan burung jantan ataupun betina. Burung mempunyai dua tulang supit udang yng disebut tulang pubis pada bagian pinggulnya. Disaat telah berumur dewasa / mapan, capit udang burung betina menjadi lebih elastis dengan jarak yng melebar lantaran pengaruh hormon.
Dengan melakukan perabaan tangan, maka mampu didapatkan apakah supit udang yang telah di sebutkan berada dalam kondisi renggang ataupun sempit. Pada burung jantan, jarak antara dua tulang pubis / supit udang akan terasa Amat rapat ataupun sempit.
Dari kondisi yang telah di sebutkan mampu disimpulkan bahwasanya perabaan supit udang Perlu menemui beberapa kondisi menjadi berikut:
  • Jarak supit udang pada burung jantan akan terasa lebih sempit / rapat
  • Jarak supit udang pada burung betina akan terasa lebih longgar / melebar

Selain itu, disaat meraba dua tulang supit udang burung dewsa, maka supit udang burung betina akan terasa lebih lunak dan andai ditekan kedua supit yang telah di sebutkan akan sepert terbuka. Adapun pada burung jantan disaat menekan kedua tulang supit udangnya maka akan terasa lancip, rapat dan keras disaat ditekan.
Posisi supit udang para lovebird jantan (kiri) dan betina

Akan tetapi butuh diperhatikan, pada waktu menekan supit udang sebaiknya di lakukan dengan Amat perlahan dan hati-hati supaya tak memicu luka bagi burung yang telah di sebutkan.
Mudah-mudahan memberikan manfaat
Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2017/06/cara-membedakan-burung-jantan-dan.html.

Seputar Cara Membedakan Burung Jantan Dan Betina Dengan Raba Supit Udang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membedakan Burung Jantan Dan Betina Dengan Raba Supit Udang