Kacamata Sangihe Si Kecil Yang Hampir Punah

- 6:33 PM

Kacamata Sangihe Si Kecil Yang Hampir Punah

 
cuma tersisa 50 ekor
Burung kacamata sangihe ataupun Sangihe White-eye (Zosterops nehrkorni) adalah satu dari sekian banyaknya dari sekitar 22an jenis burung kacamata (pleci) yang terdapat di Indonesia. Di sayangkan, burung kacamata sangihe yang endemik pulau Sangihe ini tergolong jenis burung langka di Indonesia.
Keberadaan burung kacamata sangihe malah terancam punah yang oleh IUCN Redlist serta birdlife dimasukkan dalam status konservasi ‘ktitis’ (Critically Endangered). Status keterancaman tertinggi lantaran diperkirakan burung endemik Sangihe ini jumlahnya tidak lebih dari 50 ekor burung dewasa. Burung kacamata sangihe dalam bahasa Inggris disebut menjadi Sangihe White-eye yang dengannya nama ilmiah (latin) Zosterops nehrkorni. Dulunya burung ini dianggap menjadi bagian dari spesies Zosterops atrifrons (Kacamata dahi-hitam). Akan tetapi lantas spesies kacamata dahi-hitam ini dibedakan menjadi tiga spesies yaitu Zosterops atrifrons, Zosterops stalkeri (Kacamata angker), serta Zosterops nehrkorni (Kacamata sangihe).
Diskripsi Tanda serta Perilaku. Burung kacamata sangihe ataupun Sangihe White-eye (Zosterops nehrkorni) berukuran kecil sekitar 12 cm. Tubuh bagian atas berwarna hijau zaitun yang dengannya tunggir warna kuning-hijau mencolok. Ekor berwarna hijau-hitam gelap. Dahi berwarna hitam. Lingkaran mata berwarna putih dam agak lebarlebar. Pipi, tenggorokan serta penutup ekor bawah berwarna kuning cerah. bagian bawah lain-lainnya dari burung kacamata sangihe berwarna putih-mutiara yang dengannya sisi tubuh abu-abu. Paruh serta kaki jingga pucat.
Bunyi burung kacamata (pleci) dari Sangihe ini hampir mirip bunyi burung kacamata dahi-hitam akan tetapi lebih tipis serta halus. Rentetan siulannya memiliki nada yang lebih cepat.
Burung endemik sangihe yang langka serta terancam punah ini Suka beraktifitas dibagian sedang serta atas kanopi hutan pada hutan primer di daerah perbukitan. Makanan utama burung kacamata sangihe merupakan serangka walaupun ada dugaan pula mengkonsumsi aneka buah.
Tempat asal, Penyebaran, Populasi serta Konservasi. Tempat asal burung kacamata sangihe merupakan hutan primer pada daerah perbukitan yang dengannya ketinggian antara 700-1000 meter dpl. Persebaran burung pleci ini dibatasi serta adalah burung endemik yang cuma mampu dijumpai di pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Malah di pulau Sangihe ini, burung kacamata sangihe (Zosterops nehrkorni) cuma bisa dijumpai di daerah Gunung Sahendaruman serta Sahengbalira yang dengannya luas daerah asal cuma sekitar 8 km2. Populasi burung kacamata sangihe ataupun Sangihe White-eye pun tak diketahui pasti. Akan tetapi birdlife.org memperkirakan jumlah populasi burung endemik ini tak lebih dari 50 ekor burung dewasa saja. Jumlah yang Amat tidak banyak bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran burung kecil pemakan serangga. Ancaman utama Zosterops nehrkorni merupakan hilangnya daerah asal. Didasari perkirakan jumlah populasi, persebarannya yang endemik yang dengannya daerah asal yang Amat sempit, birdlife serta IUCN Redlist mufakat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan status keterancaman tertinggi pada burung kacamata sangihe. Burung ini diberikan status konservasi Critically Endangered (Kritis).
Ironisnya, walaupun populasinya diyakini tidak lebih dari 50 ekor yang dengannya daerah asal cuma seluas 8 km2 dan dikategorikan menjadi spesies Critically Endangered, anehnya burung kacamata sangihe malah tak salah satunya dalam daftar satwa yang dilindungi di Indonesia.
Mudah-mudahan saja burung langka, kacamata sangihe bisa atau mampu terus bertahan walau yang dengannya daerah asal serta perhatian yang minim dari kita.
Rujukan serta gambar: www.iucnredlist.org/apps/redlist/details/150533/0 www.burung.org/detail_burung.php?id=108&op=burung id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Sahendaruman orientalbirdimages.org Produk khusus penangkaran omkicau

Tulisan atau artikel Terkait



Sumber rujukan dan gambar : http://www.agrobur.com/2011/12/kacamata-sangihe-si-kecil-yang-hampir.html.

Seputar Kacamata Sangihe Si Kecil Yang Hampir Punah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kacamata Sangihe Si Kecil Yang Hampir Punah