Karakteristik Murai Batu Menurut Habitatnya

- 9:16 AM

Karakteristik Murai Batu Menurut Habitatnya

 
Dalam ilmu genetika barangkali Kamu pernah mendengar bahwasanya fenotipe (sifat yng tampak) pada mahluk hidup dipengaruhi oleh dua faktor, yakni:
  • Genotipe (sifat tak tampak) yng diturunkan oleh induk (tetuanya)
  • Lingkungan ataupun tempat asli di mana mahluk yang telah di sebutkan hidup.

Nah, hal ini pula berlaku pada Murai Batu (MB). Tempat asli ataupun lingkungan ikut berpengaruh terhadap fenotipe Murai Batu. Menjadikan, kita mampu menjumpai karakteristik yng berbeda antara murai batu yng hidup di tempat asli satu yang dengannya tempat asli lain-lainnya.
Satu dari sekian banyaknya tulisan atau artikel di indonesiamuraibatu.blogspot.com memuat wacana karakteristik Murai Batu didasari habitatnya. Diluar dugaan terdapat perbedaan yng Amat terperinci antara Murai Batu yng hidup di wilayah pesisir yang dengannya Murai Batu yng hidup di daerah ngarai maupun pegunungan. Berikut merupakan ulasannya:
Murai Batu Pesisir
Murai Batu yng hidup di daerah pesisir mempunyai karakteristik fisik menjadi berikut:
  • Postur tubuh agak ramping yang dengannya ekor berukuran tengah
  • Bulu dada tidak lebih tebal.
  • Bunyi isian alamnya tidak lebih
  • Fisik cenderung lebih lincah serta kuat

Murai Batu pesisir ini disenangi oleh para penggemar burung berkicau (kicaumania) lantaran terkenal tak rewel serta cenderung gampang perawatannya. Hal ini barangkali dipengaruhi oleh faktor alam yng membentuk fisik serta mental Murai Batu ini menjadi lebih tangguh. Murai Batu yng hidup di daerah pesisir telah terbiasa berhadapan yang dengannya lingkungan yng susah (daerah tebing-tebing di daerah pesisir), sumber pakan yng dibatasi, tingkat kompetisi yng keras serta berhadapan yang dengannya predator yng siap memangsanya. Menjadikan, secara alami Murai Batu Pesisir ini mempunyai mental yng tidak jelek alias bagus, tak rewel yang dengannya makanan serta cepat mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan kita-kita.
Dari segi fisik, Murai Batu Pesisir pula dikenal cukup tangguh. Pengalaman hidup di daerah pesisir yng keras, Suka terbang menantang angin serta melewati tebing-tebing terjal membuat otot-otot serta daya tahan tubuh Murai Batu ini lebih kuat serta cekatan. Menjadikan perawatannya menjadi lebih gampang.
Murai Batu Pegunungan Lebat
Murai Batu yng hidup di tempat asli pegunungan lebat mempunyai karakteristik fisik menjadi berikut:
  • Postur tubuh biasanya besar yang dengannya ekor yng bervariasi
  • Terkenal galak serta ganas
  • Bunyi isian alamnya Amat beragam serta luar biasa.

Murai Batu dari daerah pegunungan lebat ini adalah jenis Murai Batu favorit kicaumania bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimaster. Lingkungan hutan yng ramai yang dengannya bunyi isian alam (bunyi burung-burung hutan, jangkrik, monyet, siamang serta suara-suara alam lain-lainnya) ikut berperan dalam membentuk kemampuan berkicau Murai Batu ini.
Akan tetapi, di sayangkan memperoleh Murai Batu jenis ini saat ini tak lagi gampang. Mengingat, tatkala ini Amat susah menjumpai hutan lebat yang dengannya maraknya perambahan hutan di aneka macam daerah. Populasi Murai Batu makin hari makin menipis. Perburuan serta penebangan hutan secara bebas adalah dua faktor utama menipisnya populasi Murai Batu ini di alam.
Dari segi kemampuan berkicau Murai Batu dari tempat asli pegunungan ataupun hutan lebat memanglah lebih unggul. Menjadikan selalu menjadi favorit di kalangan kicaumania. Namun Murai Batu jenis ini pula mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya yakni:
  • Tidak banyak liar serta susah mengikuti keadaan yang dengannya lingkungan kita-kita
  • Rewel serta susah makan
  • Butuh perawatan ekstra lantaran Murai Batu jenis ini terbiasa hidup di lingkungan alam yng tenang jauh dari kebisingan serta persediaan makanan alami yng melimpah.

Murai Batu Ngarai
Murai Batu yng hidup di tempat asli daerah air terjun ataupun ngarai mempunyai karakteristik yng Amat khas, diantaranya yakni:
  • Karakternya tenang serta mempunyai pandang-an yng teduh
  • Mempunyai bunyi alam yng khas (menderu serta mendesir)
  • Postur tubuh ramping serta warna bulu agak pudar.

Oleh: Neti Suriana
Sumber:
http://indonesiamuraibatu.blogspot.com/2012/04/ciri-kelebihan-mb-menurut-daerah.html
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2014/01/karakteristik-murai-batu-menurut.html.

Seputar Karakteristik Murai Batu Menurut Habitatnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Karakteristik Murai Batu Menurut Habitatnya