Perlunya Melestarikan Burung Murai Batu

- 10:51 AM

Perlunya Melestarikan Burung Murai Batu

 
Burung Murai Batu merupakan burung hias yng berbeda dari burung-burung umumnya. Keunikan burung ini tak diragukan lagi mulai dari bentuk tubuhnya, alunan suaranya, serta tatacaranya mengikuti keadaan kepada kita-kita yng cukup gampang. Jenisnya pun beragam, bagi atau bisa juga dikatakan untuk murai batu saja memiliki jenis yng mencapai enam jenis, yaitu Murai Batu Borneo (Kalimantan), Murai Batu Aceh, Murai Batu Lampung, Murai Batu Lahat, Murai Batu Nias, Murai Batu Medan. Begitu pula yang dengannya jenis burung yng lain mencapai ribuan jenisnya. Dari banyaknya jenis murai batu yng mencapai enam jenis, taklah semuanya mendapatkan cerita yng manis-manis saja. Timbulnya kelangkaan terhadap jumlah orang-orang yng menipis di lingkungan liar baik di hutan ataupun di pegunungan di antaranya adalah rusaknya ekosistemnya. Maraknya illegal logging penyebab pasti burung murai dari jenis-jenis ini bisa saja menghilang wujudnya yng cuma menyisakan sejarah di samping ada penyebab lain semisal perburuan liar lantaran menggiurkannya harga yng terbilang tidak murah bagi atau bisa juga dikatakan untuk satuan ekornya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung murai batu yng Suka beredar di pasaran sangatlah tidak sedikit dari pada di tempat asli aslinya yaitu di hutan, ketidakseimbangan ini andai dibiarkan akan merusak lajur ekosistem yng telah berlangsung di hutan. Mulai langkanya keberadaan di hutan menjadikan beberapa jenis murai batu memilih bermigrasi dari satu tempat ke tempat yng lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk tetap mampu bertahan hidup dari gangguan tangan jahil. Dari sini diperlukannya uluran tangan dari pecinta burung ataupun pecinta lingkungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa menstabilkan kelangsungan hidup spesies ini.
Bersama yang dengannya membuat sebuah penangkaran bagi burung murai batu bisa sebetulnya menyelamatkan kepunahan orang-orang dari rusaknya tempat asli orang-orang. Dari hadirnya penangkaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung serta menghidupkan pelestarian orang-orang akan segera menambah populasi orang-orang sesuai yng diharapkan di samping cuma menjadi hewan yng diperlombakan tanpa mampu mengembangbiakkan orang-orang. Memanglah ini Amat susah, mengingat harga tiap ekornya rata-rata di atas satu jutaan menggiurkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperdagangkannya di pasar-pasar.
Peran Peternak
Di samping tips di atas yang dengannya melalui swadaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka penangkaran bagi pengembang biakan burung murai batu, selain itu peran peternak pun menjadi penting dalam tetap pelestarian burung murai batu. Hadirnya peternak sebetulnya bisa mengembangbiakkan burung murai daripada memburu orang-orang di hutan, yang dengannya system ternak akan menambah tingkat populasi burung murai dari kepiawaian sang peternak. Kesuksesan dari menernak burung murai, Amat menguntungkan sejatinya lantaran mulai dari yng masih kecil sampai-sampai dewasa bisa bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperjualbelikan. Kelangsungan yng seimbang ini di samping cuma diperjualbelikan oleh peternak bisa pula membebaskan beberapa dari orang-orang ke tempat asli aslinya agar bisa menghadirkan keaslian hutan akan mahluk huniannya.
Lantaran bersama peran dari kita-kita merupakan melindungi keseimbangan lingkungan mahluk hidup bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa saling menikmati dari tetap adanya burung murai batu yng merdu suaranya mengalun di sedang hutan serta bisa menjadi burung kebanggaan nasional dari keeksotisannya.
Oleh : Satria Dwi Saputro
Ayo jual goresan pena ke Puncak Bukit, Rp. 25.000,- per goresan pena @ 400 kata. puncakbukit.blogspot.com


Sumber rujukan dan gambar : http://www.muraibatu.link/2013/05/perlunya-melestarikan-burung-murai-batu.html.

Seputar Perlunya Melestarikan Burung Murai Batu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Perlunya Melestarikan Burung Murai Batu